Lebih Dekat dengan Ragam Warna Hijau dalam Bahasa Indonesia

oleh -135 kali dilihat
Makna Warna Hijau dan Fakta Terlengkap Perihal Warna Alami Ini!
I love green - Foto/facebook

Klikhijau.com – Apa warna favoritmu? Jika jawabanmu adalah  hijau, lantas warna hijau apa? Warna hijau bukan hanya satu jenis saja, tapi cukup beragam.

Warna hijau yang kerap disebut sebagai warna alam atau alami. Itu karena di alam, warna yang dominan adalah hijau.

Warna ini dianggap pula sebagai warna yang paling menyegarkan. Itu merujuk pada alam, khususnya tumbuhan yang mampu menyegarkan mata.

Tidak sedikit yang menyarankan agar menatap warna hijau, khususnya di waktu pagi untuk meningkatkan mood.

KLIK INI:  Makna Filosofis Warna Hijau Pada Rumah

Namun demikian, warna ini tidak hanya satu, namun banyak ragamnya. Berikut ragam warna tersebut dalam bahasa Indonesia:

  • Hijau laut

Dinamakan warna hijau laut karena  menyerupai laut atau samudera. Warna ini dikenal juga dengan nama deep sea green dan bluish green.

Nama lain yang kerap disandangkan kepada warna ini adalah aqua dan juga tosca. Warna ini tercipta dari  perpaduan warna hijau dan biru.

Warna hijau laut kerap ditemukan  pada ikan, semisal damselfish biru-hijau, hingga danau.

  • Hijau khaki

Hijau khaki dikenal dengan sebutan olive brown. Ini adalah macam-macam warna hijau yang memiliki akses cokelat khaki. Khaki Green adalah warna abu-abu, midtone, kuning camo dengan nada zaitun.

KLIK INI:  Potensi Baru Tempat Pembuangan Sampah, Bisa Jadi Sumber Energi Surya
  • Hijau nuri

Corak warna ini adalah hijau kecokelatan. Ia  melambangkan warna bulu hijau gelap dari burung nuri. Warna ini dikenal juga sebagai parrot green.

  • Hijau pupus

Pernah melihat warna warna kulit dari jeruk nipis atau pucuk tumbuhan yang masih muda. Nah, warnanya itu menyerupai hijau pupus.

Warna ini dikenal juga dengan nama yellowish green, hijau limau, dan lime. Ciri lain dari warna ini adalah warna kuningnya akan terlihat lebih kuat dari hijau.

Simplenya hijau pupus merupakan warna kuning yang dicampur dengan sedikit warna hijau sehingga menciptakan warna yang indah itu.

  • Hijau tembaga

Corak dari warna ini dihasilkan dari nyala api berbahan tembaga sulfat. Ia mirip dengan warna mineral malasit yang sudah dipoles. Warna ini  dikenal dengan sebutan malachite green dan copper green.

KLIK INI:  Mengandung Melatonin, 7 Makanan Ini Bikin Tidurmu Lelap di Malam Hari
  • Hijau pelangi

Pada spektrum pelangi terdapat warna hijau, itulah yang disebut hijau pelangi. Warna digambarkan sebagai warna hijau tua yang solid.  Ia juga dikenal dengan nama spectrum green.

  • Hijau tentara

Hijau army atau hijau tentara. Dinamakan demikian karena warna ini banyak dipakai pada seragam tentara. Warna hijau ini  kecokelat-cokelatan dan dikenal dengan nama army green.

  • Hijau zamrud

Emerald green adalah nama warna ini dalam bahasa Inggris. Ia menyerupai zamrud. Dan sebagai pewarna, senyawa ini juga disebut hijau schweinfurt atau hijau wina dan juga hijau paris.

  • Wilis

Wilis adalah bahasa Jawa. Kata ini digunakan untuk  mendefinisikan warna hijau dan biru yang jika dilihat lebih kuat warna hijau dibandingkan dengan biru.Warna ini merupakan  hijau tua klasik yang memiliki semburat cyan yang kuat. Warna wilis ini adalah nama lain dari myrtle green.

KLIK INI:  Mengorek Makna Warna Hijau pada Rambu Jalan
  • Hijau botol

Hijau botol ini paling umum dan banyak diketahui. Warna hijau ini menyerupai warna botol minuman. Ia memiliki warna hijau gelap menyerupai warna botol kaca hijau. Dalam bahasa Inggris, disebut bottle green.

  • Hijau rumput

Hijau rumput  dikenal pula dengan grass green. Warna ini memiliki ciri khas, yakni  warna hijau kekuningan yang kuat.

  • Hijau daun

Hijau daun merupakan warna hijau muda. Dinamai demikian karena ia menyerupai warna daun muda. Hijau daun rerata dominan hijau kuning sedang, terlihat lebih  terang, lebih kuat dan lebih hijau.

Penamaan warna ini dalam bahasa  Inggris cukup banyak, yakni foliage green, leaf green, dan herbage green.

  • Hijau lumut

Greenish olivaeous, olive green, olivaceous, dan serpentine green adalah penamaan warna ini dalam bahasa Inggris.

Hijau lumut acap disebut pula  dengan hijau zaitun.  Hijau ini  merupakan warna hijau kekuning-kuningan gelap.

Dinamai demikian karena warnanya mirip dengan lumut yang menempel pada batu atau tumbuhan.

KLIK INI:  5 Ciri Khusus Ini Membuat Kaktus Tahan Hidup dalam Lingkungan Kering
  • Hijau jelak

Hijau jelak atau jelah merupakan corak warna hijau terang. Warna ini melambangkan kejernihan pikiran dan semangat yang bara.

Primary green, vivid green, atau caribbean green adalah sebutan dalam bahasa Inggris untuk warna ini

  • Pucuk pisang

Warna ini mirip dengan hijau pupus. Hanya saja warna hijaunya lebih kuat daripada warna kuning. Warna ini disebut juga dengan greenish yellow.

Sahabat hijau, itulah ragam warna hijau dalam bahasa Indonesia. warna ini menyimbolkan harmoni dan kesehatan, semoga memberi manfaat.

Jadi, warna hijau yang mana favoritmu?

KLIK INI:  Jadi Fenomena Meteorologi, Ini Sehimpun Kata-kata Inspirasi tentang Pelangi