Laris Manis, 7 Jenis Bunga Ini Paling Diburu di Makassar!

Publish by -809 kali dilihat
Penulis: Andi Ayatullah
Laris Manis, 7 Jenis Bunga Ini Paling Diburu di Makassar!
Kaktus - Foto/AYL

Klikhijau.com – Bisnis tanaman hias bunga sedang gandrung di berbagai tempat, terutama selama pandemi. Hal ini, karena ada banyak orang yang lebih betah di rumah dan mencoba mengusir kebosanannya dengan mengurus bunga-bunga.

Tak heran pula bila ada orang yang rela merogoh kocek untuk membeli tanaman hias meski harganya cukup mahal. Pada satu sisi, ini demi hobi dan kegemaran. Di sisi lain, tanaman hias, kini telah menjadi bagian dari gaya hidup dan prestise.

Lihat saja, bagaimana jenis Monstera yang bisa mencapai puluhan juta tetap saja laris di pasaran.

Klikhijau mencoba mencari tahu, bunga apa saja yang laris manis di Kota Makassar dengan mendatangi sejumlah penjual tanaman. Kami mengidentifikasi setidaknya ada 7 jenis tanaman hias terlaris di Makassar beberapa bulan terakhir, simak berikut ini:

KLIK INI:  Tapak Dara, Tanaman Hias Indah dan 7 Manfaat Ajaibnya

Aglaonema

Berkenalan dengan Aglonema Sang Ratu Daun, Primadona Ibu-Ibu Muda
Koleksi tanaman aglonema – Foto/Ella

Jenis satu ini sudah pasti Anda kenal karena memang sangat familiar di mana-mana. Aglonema merupakan tanaman pot primadona yang banyak diburu karena model daunnya yang memikat.

Dikutip dari Klikhijau, tanaman dari suku Araceae (talas-talasan) ini telah dikenal sejak lama dan memiliki setidaknya 30 spesies.

Jenis ini memiliki banyak varian, namun yang paling populer saat ini adalah Pride of Sumatera. Jenis ini pernah meraih juara II kategori tanaman hias indoor pada ajang Floriade di Belanda.

Lalu ada jenis Ruby sunset yang menyabet gelar favorit tanaman baru di arena Tropikal Plant Industry Exhibition 2007 di Miami, Florida, Amerika Serikat. Menariknya, Pride of Sumatera dan Ruby sunset merupakan khas Indonesia yang diperoleh dari hasil persilangan Greg Hambali (pegiat tanaman asal Bogor) pada tahun 1985.

KLIK INI:  Nur yang Datang Mohon Doa Atas Gempa yang Landa Selayar

Jenis lainnya yang juga populer ialah Aglaonema Fit Langsit. Jenis ini merupakan Aglaonemahibrida yang berasal dari Thailand, memiliki warna daun hijau tua dengan tulang daun berwarna merah muda serta terdapat bercak putih dan merah muda yang menyebar di permukaan daun.

Bentuk daunnya lonjong (oblongus) berujung meruncing (acuminatus). Menariknya, budidaya tanaman hias ini tergolong mudah. Lihat dengan seksama cara merawat aglonema agar tumbuh sehat di SINI!

Kaktus dan sekulen

5 Tips Merawat Tanaman Kaktus dan Sukulen untuk Pemula, Klik Ini!
Merawat tanaman Kaktus/Foto-Kaskus.id

Kaktus dan sekulen juga termasuk yang favorit saat ini. Kaktus banyak ditanam sebagai tanaman menghiasi dekorasi indoor rumah.

Selain indah, kaktus dan sekulen juga banyak jenisnya. Tanaman ini bisa dikreasi dengan memanfaatkan aneka pot unik. Sifatnya yang tahan atau tidak rewel juga satu alasan merawatnya.

KLIK INI:  Sah, Indonesia Kini Miliki Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup

Kaktus dan sukulen menyukai tempat yang memiliki kelembapan rendah dan bersuhu tinggi. Hal itu dikarenakan kedua tanaman ini telah berevolusi sehingga mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang kering.

Akar kaktus dan sukulen mampu menyerap air secara optimal lalu menyimpannya dalam waktu lama. Kaktus dan sukulen mudah menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan dan toleransi tinggi terhadap perubahan kelembapan udara, curah hujan, atau sinar matahari.

Bunga Srigading

Bunga Srigading, Tanaman Legendaris, Manfaat dan Cara Merawatnya!
Bunga Srigading – Foto/AYL

Bunga Srigading (Nyctanthes arbor-tristis L.), tanaman legendaris ini kini laris manis karena aroma kembangnya yang istimewa di malam hari.

Bunga ini identik dengan senja. Yah, itu karena bunganya mekar saat matahari senja atau nyaris tenggelam dan layu saat matahari terbit. Mahkota bunganya berwarna jingga cerah berjumlah 5-8, membuatnya disukai banyak orang.

Dikutip Klikhijau, Srigading termasuk tanaman yang tidak rewel sehingga lebih mudah merawatnya. Di beberapa daerah jenis ini juga dinamai ‘Sirih gading’ atau ‘melati malam’.

KLIK INI:  Sudah Seharusnya Perubahan Iklim Membuat Kita Khawatir

Bunga Walisongo

bunga walisongo
Bunga Walisongo – Foto/AYL

Namanya unik yakni bunga Walisongo. Bunga Walisongo merupakan tanaman hias yang memiliki tampilan cukup menawan yang kaya manfaat diantaranya dapat menetralkan polusi udara.

Bentuk daunnya menjari mirip daun singkong, dengan kombinasi warna hijau dan putih kekuningan membuat tanaman ini seringkali dijadikan pajangan dalam ruangan.

Di Indonesia sendiri, bunga yang termasuk ke dalam golongan tanaman perdu ini terbilang langka. Pantauan Klikhijau, bunga Walisongo termasuk yang paling diburu dan diminati pencinta tanaman hias di Makassar beberapa bulan terakhir.

Daun Bahagia
daun bahagia
Daun bahagia – Foto/AYL

Sepintas tanaman ini biasa saja, bahkan ada yang menyebutnya beracun. Entah kenapa jenis ini cukup diminati pencinta tanaman hias, bisajadi karena penampilannya yang sederhana.

KLIK INI:  Mencermati Problematika Tambang Terhadap Lingkungan dan Kemanusiaan

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah menyebut tanaman ini memang berbahaya bagian getahnya yakni bisa menyebabkan gatal. Namun rasa gatal itu akan hilang dalam beberapa waktu.

Kembang Doa

kembang doa
Bunga kembang doa – Foto/AYL

Bunga kembang doa termasuk yang populer di mana-mana. Bentuk daunnya yang lebar dan menengadah ke langit seperti sedang berdoa membuatnya diminati.

Selain itu, tanaman hias ini punya postur yang besar. Ukurannya yang membesar justru menambah eksotikanya. Tanaman ini disukai para pencinta bunga karena perawatannya juga cukup minimalis.

Calathea Ornata

Calathea ornata
Calathea ornata – Foto/Amazon

Dikutip dari Bibitbunga, Calathea ornata memiliki nama populer prayer plant atau peacock plant. Tanaman ini memiliki daun-daun yang sangat cantik.

Tanaman yang berasal dari wilayah tropis america ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias dalam ruang maupun luar ruangan. Calathea ini tumbuh dalam rumpun, merupakan tanaman herbaceous menahun dengan batang yang lunak. Tunas tanaman berasal dari akar rimpang atau umbi yang terletak di bawah permukaan tanah.

Itulah 7 diantaranya tanaman hias yang paling laris manis di Kota Makassar. Harganya cukup variatif tergantung jenisnya, mulai yang puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Apakah satu diantaranya telah Anda miliki? Tetap bahagia di masa pandemi dengan merawat tanaman hias. Cek manfaat merawat tanaman hias di SINI! Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Berkenalan dengan Bunga Kalatea, Si Cantik yang Sederhana, Jenis dan Perawatannya

Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!