Lakukan Ini agar Alokasia  Polly di Rumah Anda Tumbuh Subur Memukau

Publish by -1.620 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Lakukan Ini agar Alokasia  Polly di Rumah Anda Tumbuh Subur Memukau
Alokasia Polly - Foto/plantcareforbeginners

Klikhijau.com – Alokasia Polly juga populer dengan naman lain: Alocasia x Amazonica dan African Mask Plant. Ciri khas tanaman hias satu ini adalah dedaunnya yang lebar mirip dengan bunga lidah gajah.

Penampilannya memang sederhana, tetapi tidak membosankan dipandang mata. Tak heran bila banyak orang yang tertarik merawatnya sebagai tanaman hias di teras atau halaman rumah.

Artikel ini akan memandu Anda merawat Alokasia Polly agar tumbuh subur memukau.

Ada beberapa hal mendasar yang harus Anda lakukan, kami merangkumnya sebagai berikut:

KLIK INI:  Alokasia, Tanaman Hias Idaman, Media Tanam dan Perawatannya
  • Teknik penyiraman

Alokasia adalah tumbuhan tropis yang artinya membutuhkan cukup banyak air. Namun, kebanyakan Alokasia, termasuk Alocasia Polly, memiliki batang tebal yang digunakan untuk menyimpan kelembapan.

Tanaman ini menggunakan kelembapan yang tersimpan di batangnya untuk menopang dirinya sendiri, sehingga tidak harus bergantung pada kelembapan di tanah.

Karenanya Anda hanya boleh menyiraminya saat tanah di pot kering.

Namun ada trik menarik terkait penyiraman tanaman ini yakni dengan memperhatikan berat potnya saat diangkat. Caranya mudah, setelah Anda menyiramnya untuk pertama kali, angkat tanaman Anda dan rasakan beratnya. Ingat dan rasakan berat tanaman Anda saat itu sebagai preferensi pada momen penyiraman berikutnya. Setelah 2 minggu, angkat kembali tanaman Anda dan rasakan perbedaan beratnya.

Saat Anda merasakan berat tanaman yang diangkat mulai ringan, itulah saat yang tepat untuk menyiramnya kembali. Anda dapat menggunakan trik ini sepanjang tahun.

Ini akan mencegah Anda menyiram tanaman secara berlebihan di musim dingin dan akan membantu Anda mengetahui kapan tanaman Anda masih memiliki cukup kelembapan untuk bertahan beberapa hari lagi.

KLIK INI:  Tanaman Lee Kwan Yew, Dekorasi Alami dengan Aksentuasi Hijau Daun  
  • Akses cahaya matahari

Tidak seperti kakaknya, Alokasia Zebrina, Alokasia Polly tidak terlalu menyukai matahari. Karenanya ia harus disimpan di tempat yang terang, tetapi tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Daun dewasa dapat mentolerir ini sebentar, tetapi sinar matahari yang cerah akan membakar daun baru dan mengeringkannya.

Sebaiknya hindari situasi ini dan letakkan tanaman Anda di tempat yang tidak akan terkena sinar matahari langsung.

Karena Alokasia Polly masih ingin berada di lingkungan yang cerah, ia akan seperti banyak tanaman lainnya, tumbuh menuju cahaya. Untuk memastikan ia tumbuh lurus, Anda harus memutar tanaman rumah Anda 90 derajat setiap minggu.

Dengan melakukan ini, Anda mengekspos semua sisi tanaman ke jumlah paparan sinar matahari yang sama dan itu akan membuatnya tumbuh lurus.

KLIK INI:  Berkenalan dengan Aglonema Sang Ratu Daun, Primadona Ibu-Ibu Muda
  • Tanah untuk Alokasia Polly

Sejatinya tanaman ini tidak terlalu bergantung pada tanah untuk memberikan kelembapan, karena ia menyimpan banyak di dalam batangnya. Karena itu, Anda perlu menemukan tanah yang dapat mengalirkan air dengan baik.

Air seharusnya tidak bertahan di tanah selama lebih dari beberapa hari. Jika Alokasia tetap berada di tanah yang lembab selama lebih dari beberapa hari, ia bisa menderita busuk akar karena tidak lagi mampu menyerap kelembapan.

Anda harus menemukan tanah yang memiliki banyak perlit yang dicampur ke dalamnya untuk memberikan drainase yang sangat baik bagi tanah Anda.

Solusi lainnya adalah dengan menanamnya di Leca (media tanam dari kerikil tanah liat). Ini membantu tanaman Anda mendapat asupan oksigen dan mencapai akar Polly.

KLIK INI:  Wajib Diketahui, 7 Tanaman Hias Ini Ternyata Beracun
  • Pemupukan yang benar

Alocasias adalah tumbuhan besar yang tumbuh cukup cepat. Alokasia Polly bahkan mekar sepanjang tahun. Tanaman ini menggunakan banyak energi untuk tumbuh dengan cepat seperti ini.

Jika Anda ingin tanaman Anda bertumbuh dengan baik, Anda harus memastikan untuk memupuknya sebulan sekali. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan pupuk cair

  • Tanaman ini beracun

Alokasia Polly adalah tanaman tropis yang indah, yang sayangnya dapat beracun bagi hewan peliharaan (baik kucing maupun anjing) dan manusia. Ini beracun saat dikonsumsi, jadi pastikan untuk menjauhkan tanaman ini dari jangkauan hewan peliharaan dan anak kecil.

Jika hewan peliharaan Anda kebetulan mengonsumsi tanaman ini, pastikan untuk menghubungi dokter hewan Anda untuk meminta nasihat.

KLIK INI:  Makna yang Kelilingi Bunga Lili Berdasarkan Warnanya
  • Bila daunnya menguning

Tanaman ini hanya bisa menopang sejumlah daun sebelum menyingkirkan daun tua. Saat tanaman Anda menghilangkan daun tua, mereka akan mulai menguning sebelum mati.

Ketika melihat daunnya menguning, itu berarti tanaman Anda mematikan untuk menghemat energi agar tetap hidup atau menumbuhkan daun baru. Jadi, tidak perlu cemas dengan situasi ini.

  • Kesimpulan

Perawatan jenis ini sangat mirip dengan Alocasia lainnya, tetapi ia memiliki beberapa trik berbeda untuk membantunya berkembang. Tanaman ini menyerap banyak kelembapan dan menyimpannya di batangnya, jadi kuncinya adalah jangan terlalu banyak menyiram.

Tanaman ini tidak terlalu bergantung pada tanah untuk memberikan kelembapan. Karena ini adalah tanaman yang tumbuh cepat. Berikan pupuk sebulan sekali selama periode pertumbuhan. Sekadar catatan, tanaman ini menyukai tempat yang terang, tetapi tidak menyukai sinar matahari langsung.

Itulah trik menjaga dan merawat Alokasia Polly, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Tanaman Hias Hoya, Keunikan, Manfaat dan Cara Benar Menanamnya!
Editor: Anis Kurniawan
Sumber: plantcareforbeginners dan Klikhijau.com

KLIK Pilihan!