Lakukan 5 Cara Ini Agar Si Kecil Tak Mudah Sakit

Publish by -20 kali dilihat
Lakukan 5 Cara Ini Agar Si Kecil Tak Mudah Sakit!
Ilustrasi anak sakit/foto-Menembus Batas

[hijau]Sakitnya anak adalah sakitnya orang tua[/hijau]

Klikhijau.com – Jika si kecil sakit. tentu akan membuat puyeng orang tuanya. Karenanya, orang tua akan mengupayakan berbagai cara agar hal itu tak terjadi.

Lalu langkah apa yang harus dilakukan agar si kecil tak mudah jatuh sakit? Ada baiknya Anda mencoba tips berikut ini:

  • Nutrisi seimbang

Biasakan si kecil untuk mengonsumsi buah dan sayuran aneka warna. Ini akan membantu menguatkan sistem imun tubuhnya. Carilah makanan yang kaya vitamin C, seperti brokoli, stroberi, dan jeruk.

Penganan bervitamin D macam tuna, susu yang telah difortifikasi, serta sereal boleh digilir. Yogurt dengan kandungan probiotiknya juga dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuhnya.

  • Hindari menyentuh wajah

Virus pilek masuk ke tubuh melalui hidung, mata, dan mulut. Biasakan anak untuk tak menyentuh area tersebut. Langkah ini tentu sukar untuk dicapai, namun dengan tangan yang bersih, anak akan lebih terlindungi. Selain itu, ajarkan si keci untuk tak berbagi sedotan atau botol minum dengan siapa pun.

  • Cukup tidur

Upayakan agar anak memiliki waktu tidur yang tetap. Jangan biasakan anak tidur terlambat. Bayi biasanya membutuhkan tidur selama 14 jam dan anak pra sekolah sekitar 11 hingga 13 jam.

“Tidur yang tidak pulas membuat anak dua kali lebih berisiko terkena pilek,” jelas dr Harley A Rotbart MD, penulis buku Germ Proof Your Kids seperti dikutip laman shine.yahoo.com.

  • Cuci tangan

Cara termudah untuk menghambat penularan penyakit pernapasan dan saluran cerna ialah dengan sering mencuci tangan. Ajak si kecil untuk membiasakan diri membersihkan tangan. Baik dengan air mengalir plus sabun ataupun dengan menggunakan cairan pembersih yang praktis. Terutama setelah mereka pulang sekolah, selesai bermain, dan sebelum makan. Untuk mematikan kuman, tangan perlu digosok dengan sabun selama setidaknya 15 sampai 20 detik.

  • Gerak aktif

Riset menunjukkan anak yang giat menggerakkan tubuh lebih tahan terhadap serangan virus penyebab pilek. Ketimbang berlama-lama terpaku di depan TV, ajaklah si kecil berolah raga. Kemas gerak fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan.

Selamat mencoba, wahai para orang tua. Oya, tips di atas bersumber dari tulisan Reiny Dwinanda di republika.com tahun 2013 silam.

Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: republika.com

KLIK Pilihan!