Lagi-Lagi, Gajah Mati Tertabrak Kereta di India

oleh -548 kali dilihat
Lagi-Lagi, Gajah Mati Tertabrak Kereta di India
Gajah mati tertabrak kereta api di India/Foto-Twitter Aditya

Klikhijau.com – Jika Anda terkejut dengan video ini, Anda perlu tahu bahwa ini terjadi hampir setiap hari di suatu tempat di India. Seperti inilah pembangunan berbasis pertumbuhan tanpa akhir. Kita tidak bisa terus membangun infrastruktur di mana-mana. Manusia adalah patogen bumi terbesar, spesies invasif terburuk.

Kalimat di atas ditulis Aditya Panda di laman Twitternya. Di bawah caption itu, terdapat sebuah video. Dalam video tersebut terlihat seekor gajah yang baru saja tertabrak kereta api saat sedang melintasi rel.

Sang gajah dengan luka memenuhi tubuhnya berusaha berdiri namun tak bisa. Gajah itu terseok-seok. Sementara bagian depan kereta terlihat hancur.

Bagi kita, mungkin kejadian itu tampak langka. Dan sepertinya, jarang ada pemberitaan soal gajah atau hewan besar lain yang ditabrak kereta hingga luka parah. Tapi di India, peristiwa seperti ini terjadi hampir tiap hari seperti yang dituliskan Aditya.

KLIK INI:  Miliki DNA Mirip Manusia, Orangutan Juga Bisa Terserang ISPA

Berbagai pertanyaan pun muncul dari peristiwa ini. Apakah memang ada yang salah dengan jalur kereta di sana hingga gajah selalu jadi korban?

Tanggapan nitizen

Beberapa komentar dari Tweet Aditya itu mempertanyakan tentang antisipasi agar tidak ada gajah yang tertabrak kereta. Juga tentang hal lainnya seperti komentar-komentar berikut.

Najeeb @imnazeeb98: Sangat menyakitkan. Bagaimana kita bisa menghentikan ini?

Chigga @Chiggachiggs: Bisakah kamu membangun tembok atau sesuatu di sebelah rel itu? Ini membuat saya menangis melihat bayi (gajah) yang tidak bersalah harus berada dalam situasi itu. Saya tahu itu sangat menyakitkan. Beristirahatlah dengan tenang.

Nishu kaul @kaulnishu87: Betapa sedihnya orang memilih mengklik foto/video daripada menawarkan bantuan medis mendesak kepada gajah yang kesakitan! Semoga pikiran kita terdorong untuk peduli dan menghargai semua bentuk kehidupan di bumi!

Sharone Rex @sharonerex: Setidaknya pemerintah harus menerapkan pembatasan kecepatan tertentu ketika melakukan perjalanan melalui kawasan hutan untuk menghindari kecelakaan semacam ini.

Pankaj Bhatia @ThePankajBhatia: Jika kita melihat gambaran yang lebih besar, di India, bahkan kehidupan manusia itu murah. Mengharapkan pihak berwenang untuk peduli terhadap satwa terlalu banyak. Jika sebagai masyarakat yang peduli, kita pasti sudah menemukan solusinya sekarang.

KLIK INI:  Melepasliarkan Satwa Tak Bisa Sembarangan, Ini Syaratnya!
Bagaimana mencegah kejadian ini berulang

Masih banyak lagi komentar-komentar tentang postingan Aditya. Namun, kesimpulan dari diskusi di kolom komentar itu tak menemukan solusi. Sehari setelah tertabrak, gajah itu pun mati, meski telah berusaha ditangani tim medis.

Aditya mengatakan, suara lebah, pagar listrik, dan bom cabai, semuanya gagal setelah keberhasilan awal. Gajah itu pintar, mereka memahaminya. Satu-satunya solusi adalah menyediakan jalan yang aman.

Agar kejadian seperti itu tak terulang, perlu kesadaran dari diri kita. Menjadikan konservasi margasatwa menjadi perhatian utama publik.

Ia juga mengatakan bahwa kita harus memilih pemerintah yang peduli tentang konservasi. Meminta pertanggungjawaban pemerintah dan birokrasi sebagai warga negara yang tercerahkan dan proaktif.

Hingga tulisan ini dibuat, postingan Aditya sudah di bagikan sebanyak 64,3 ribu kali. Sedang video berdurasi 1 menit 16 detik itu sudah ditonton 2,7 juta kali.

Di India, ini bukan kejadian yang pertama kalinya

Dikutip dari Hipwee.com, total puluhan gajah dilaporkan pernah tertabrak kereta saat mencoba menyeberang rel. Terhitung sejak tahun 2013-2019 total 67 gajah mati karena tertabrak kereta api. Itu belum termasuk yang mengalami luka-luka.

Saking seringnya ada gajah tertabrak kereta, ahli satwa sampai menyebut jika India termasuk negara dengan jumlah kecelakaan kereta tertinggi di dunia yang melibatkan satwa gajah.

Jika kejadian ini tidak segera di temukan solusinya, bisa jadi gajah di India punah hanya karena tertabrak kereta.

KLIK INI:  Kukang, Si Mungil Manja dan 5 Fakta Unik Tentangnya