Kualitas Sperma Pria Dipengaruhi Polusi Udara

oleh -399 kali dilihat
Kualitas Sperma Pria Dipengaruhi Polusi Udara
Ilustrasri sperma/foto-Sriwijaya Post
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Ancaman polusi udara bagi kesehatan memang mencemaskan. Mulai dari penyakit saluran pernafasan hingga depresi.

Bukan hanya itu, sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh para peneliti dari Chinese University of Hongkong pada tahun 2017 silam menunjukkan bahwa polusi udara mampu menurunkan tingkat kesuburan pada pria.

Penelitian tersebut mengungkapkan, pria yang tinggal di daerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi memiliki kualitas sperma lebih rendah. Berbeda dengan pria yang tinggal di daerah dengan tingkat pencemaran udara rendah.

KLIK INI:  4 Manfaat Daun Jeruk Purut, Poin Terakhir Paling Didambakan Pria Dewasa

“Saat seseorang bernafas di daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi. Partikel halus yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti logam berat akan masuk ke dalam tubuh. Bahan kimia berbahaya tersebut nantinya akan masuk ke dalam aliran darah dan dengan demikian dapat merusak kualitas sperma” tutur Dr. Xiang Qian Lao, peneliti utama dari Chinese University of Hongkong, seperti dilansir dari Boldsky.

Tingkat kesuburan pria

Dalam penelitian ini, para peneliti telah mengambil sampel sperma dari 6.500 pria berusia 15 hingga 49 tahun di Taiwan. Sebagai informasi, Taiwan merupakan negara dengan tingkat polusi udara yang tinggi.

Dari seluruh sampel sperma yang telah diperoleh, para peneliti menemukan hubungan yang kuat antara tingkat polusi yang tinggi dengan penurunan tingkat kesuburan pada pria.

Sperma yang diambil dari pria yang tinggal di daerah berpolusi udara tinggi memiliki struktur dan bentuk yang abnormal. Tidak normalnya bentuk sperma pada pria dikhawatirkan dapat memicu infertilitas atau ketidaksuburan, dan ini tentu saja merupakan hal yang cukup meresahkan.

KLIK INI:  Kopi Mangrove, Kopi Pesisir untuk Vitalitas Pria Dewasa

Untuk menjauhi dampak negatif polusi udara terhadap tingkat kesuburan pria. Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan.Dilansir dari Medical News Today, infertilitas dapat dicegah dengan cara rajin berolahraga, tidur dalam jumlah waktu yang cukup, mengurangi konsumsi alkohol , dan tidak merokok.

Selain itu, ketidaksuburan pada pria juga dapat dicegah dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D dan kalsium, seperti susu, cokelat hitam, kacang kenari, ikan salmon, pisang, dan sayur-sayuran hijau.

Jadi bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan perlu waspada dan mengonsumsi makanan yang dianjurkan.

KLIK INI:  Pengendara Buang Sampah Sembarangan, Ini Sebabnya!