Kreasi Makanan Indonesia dari Kenari Maluku, Tertarik Mencoba?

oleh -772 kali dilihat

Klikhijau.com – Buah kenari yang berukuran kecil rupanya memiliki peran sangat besar dalam kehidupan masyarakat Maluku.

Tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan untuk konsumsi sendiri, masyarakat juga menjual kacang kenari untuk tambahan pendapatan.

Bustar Maitar, CEO Yayasan EcoNusa memgatakan pohon-pohon kenari yang mudah ditemukan di wilayah Maluku dan Maluku Utara sudah ada sejak zaman kolonialisme dan usianya bisa mencapai ratusan tahun.

“Mereka tumbuh berdampingan dengan pohon pala dan tanaman rempah lain, menjadi salah satu sumber ekonomi yang penting bagi masyarakat Maluku dan Maluku Utara,” kata Bustar Maitar, CEO Yayasan EcoNusa.

KLIK INI:  Kampanye Less Plastic Jadi Warna Baru Makassar Culinary Night

Selain itu, lanjut dia, pohon kenari juga punya peran ekologi sebagai penjaga lingkungan hutan. Seperti yang kita ketahui, hutan yang terjaga baik dapat memitigasi perubahan iklim.

Sementara itu, Hanatin Mudjid, Kepala Pemerintahan Negeri Lonthoir, bercerita bahwa pohon kenari menjadi salah satu sumber pendapatan, terutama bagi warga Kecamatan Banda.

Kenari yang dipanen oleh masyarakat rata-rata dipasarkan ke Surabaya, Jakarta, dan Makassar.

MCI ditantang mengolah kenari Maluku menjadi masakan yang lezat

Sepuluh alumni Masterchef Indonesia (MCI) ditantang untuk menunjukkan kreativitas mereka dalam mengolah kenari Maluku.

KLIK INI:  Lebih Dekat dengan 6 Jenis Rempah yang Berharga Selangit

Mariska Tracy (alumni MCI musim ketujuh) memasak ayam gepuk dengan sambal kacang kenari, sementara Desi Trisnawati (pemenang MCI musim kedua) melihat ‘sisi manis’ kenari dan membuat pie kenari.

Anda juga tertantang untuk membuat sesuatu dari kenari? Kenalan dulu, yuk, dengan kenari Maluku.

Kenari Maluku vs kenari impor

Bagi Mariska, ini bukan kali pertamanya mengolah kenari. Hanya saja, kenari yang biasa ia temukan dan gunakan adalah kenari impor.

Ia mengamati, bentuk kenari Maluku sangat berbeda dari kenari impor. Jika kenari impor cenderung besar dan bergelombang, kenari Maluku lebih kecil dan kulitnya mudah dikupas.

KLIK INI:  Ternyata Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi Meski Telah Kadaluwarsa

“Saya baru tahu, lho, bahwa di Maluku juga ada kacang kenari yang harganya jauh lebih terjangkau daripada kenari impor. Kenari Maluku ini juga bisa langsung dimakan, tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Disantap begitu saja, rasa kenari Maluku sangat enak! Sedangkan kenari impor, seperti juga jenis kacang lain, harus diolah terlebih dahulu, baru bisa disantap, karena ada sedikit rasa pahit,” kata Mariska.

Ia menilai, citarasa kenari Maluku juga lebih gurih dibandingkan kenari impor. Rasanya serupa kacang mete yang sangat gurih dan terkesan ‘mahal’.

Sementara itu, di lidah Desi, kenari Maluku terasa seperti perpaduan antara pecan dan kacang pinus. Crunchy tapi creamy.

Dari tradisional hingga modern

Masyarakat Maluku kerap memanfaatkan kenari sebagai campuran acar sayuran dan sambal kacang untuk ulang-ulang (semacam gado-gado).

KLIK INI:  Cucuru Bayao, Simbolisasi Harapan akan Manisnya Kehidupan

Sebagian masyarakat juga memanfaatkan kenari sebagai campuran kue atau topping, atau sebagai taburan untuk minuman khas Maluku air guraka (semacam wedang jahe).

Menurut Hanatin, dahulu mereka membuat minyak untuk memasak dan menggoreng dari biji kenari.

Tapi, sekarang tidak lagi, karena sudah banyak alternatif minyak dari kelapa dan proses pembuatannya hanya menghasilkan minyak dalam jumlah sedikit.

Selain dijual dalam bentuk kacang siap santap, masyarakat Banda mengolahnya menjadi halua kenari, yaitu kudapan manis dengan citarasa gula karamel bercampur gurihnya kacang kenari Maluku.

Karena tahan lama dan rasanya yang bikin ketagihan, halua kenari jadi oleh-oleh favorit buruan wisatawan. Hanya saja, menurut Bustar, saat ini potensi kenari belum dimaksimalkan. Variasi jenis makanan dari kenari Maluku masih terbatas.

“Inovasi produk dari kenari memang masih perlu didorong, karena sebenarnya kenari Maluku merupakan potensi komoditi yang unik. EcoNusa sedang mengembangkan kakao, dan kami pikir kenari bisa menjadi campuran permen cokelat. Biasanya kan cokelat menggunakan campuran kacang mete. Nah, kita bisa variasikan campurannya dengan kacang kenari,” kata Bustar.

KLIK INI:  9 Panduan Mengatur Menu Sehat Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Desi dan Mariska tertantang untuk menghasilkan makanan yang unik. Desi mendapatkan ide membuat pie kenari karena sering membuat pecan pie.

Mengganti pecan dengan kenari membuat pie jadi terasa lebih enak, dengan citarasa manis dan gurih yang seimbang. Sementara itu, Mariska terinspirasi dari ayam gepuk yang sedang hits, yang sambalnya terbuat dari kacang tanah atau kacang mete.

“Rasanya jadi enak pol! Tidak kalah mewah dari kacang mete,” kata Mariska.

Cocok untuk hidangan internasional

Sepuluh alumni MCI juga menjajal kenari Maluku dan mengolahnya jadi beragam kudapan dan masakan, seperti ayam kungpao, brownie kenari cookies, udang bakar bumbu kenari, dan spiku kenari.

KLIK INI:  Bau Peapi, Ikan Masak Warisan Leluhur Mandar yang Menggiurkan

Sebelum menemukan ide sambal kenari untuk ayam gepuk, Mariska juga sempat mencoba-coba resep lain, misalnya kue kenari dicampur labu kuning dan sate ayam sambal kacang kenari.

“Rasanya enak banget. Kenari ini ternyata sangat versatile, bisa diolah untuk makanan gurih maupun manis. Ketika dibuat kue, ada tekstur renyah dan rasa gurih. Kalau membuat kue dengan labu kuning, biasanya saya tambahkan rempah, seperti pala atau kayu manis. Tapi, ketika dicampurkan dengan kenari, tanpa rempah lain pun rasa kuenya sudah enak. Sementara di hidangan gurih, sambal kacang kenari terasa lebih nikmat dan gurih. Seperti ada penyedap rasa alami di dalamnya,” kata Mariska.

Ia juga menyebut kenari Maluku ini juga sangat cocok dipakai untuk hidangan internasional, seperti sup, salad, pizza, quiche, olahan pasta, atau jadi saus steak. Sepakat dengan Mariska, Desi menyebutkan, kenari ini bisa dibuat jadi pesto sebagai pengganti kacang pinus. Atau, karena rasanya yang creamy, kenari Maluku juga bisa dibuat jadi isian kue.

KLIK INI:  Penasaran dengan Kuliner di Festival Teluk Tomini 2019? Klik di Sini!

Pelindung pohon pala

Hanatin menyebutkan, pohon kenari Maluku merupakan pohon yang produktif, yang bisa memberi banyak manfaat bagi masyarakat.

Daun-daun yang berguguran akan menjadi pupuk alami bagi tanah, bijinya bisa dikonsumsi atau dijual, cangkang kenarinya bisa digunakan sebagai bahan pembuatan arang, sementara kayunya bisa dijadikan papan, balok, atau kayu bakar.

“Tapi, batang kayunya hanya boleh digunakan, kalau pohonnya sudah tumbang secara alami. Entah karena usia sangat tua, atau roboh karena angin besar,” katanya.

Sejauh ini belum pernah ada upaya penanaman kembali pohon kenari. Pembibitan kenari terjadi secara alami. Sebab, tak semua buah kenari yang jatuh ke tanah diambil oleh masyarakat. Sebagian dibiarkan hingga menjadi bibit pohon baru.

Yang tak kalah penting, pohon kenari yang sangat tinggi dengan batang yang besar berperan melindungi pohon-pohon pala di sekitarnya.

Karena Kepulauan Maluku dikelilingi lautan, buah pala rentan berguguran sebelum panen, saat terkena uap air laut. Padahal, pohon pala menjadi sumber pendapatan yang juga penting bagi masyarakat Maluku. Pohon kenari yang kokoh mampu menangkal uap air laut sehingga uap tersebut tidak mengenai pohon pala.

KLIK INI:  Onde-onde, Kue Ritual Masyarakat Sulsel yang Sarat Nilai Filosofis

Salah satu sumber penghidupan

Bustar Maitar, CEO Yayasan EcoNusa menjelaskan, Kenari telah lama memegang peran penting sebagai salah satu sumber pendapatan masyarakat Maluku.

Pohonnya menghasilkan buah kenari yang bisa dipanen dalam jangka waktu lama. Hanya saja, kenari memang mengenal musim.

Masyarakat Maluku rata-rata melakukan panen besar dua hingga tiga kali dalam setahun.

“Karena panen besar tidak setiap saat, masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan kenari sebagai satu-satunya sumber penghasilan. Dalam satu lahan yang dimiliki oleh masyarakat terdapat banyak tanaman rempah, termasuk cengkih, kayu manis, dan pala. Dengan begitu, mereka juga bisa menjual rempah. Di sela-sela pohon tersebut ditanami sayuran sebagai sumber pangan lain,” jelas Bustar.

KLIK INI:  Teh Genmaicha, Produk Anak Negeri yang Dapat Mengatasi Masalah Persendian

Namun, produksi kacang kenari Maluku belum terlalu besar dan masih terbatas, karena untuk mendapatkan bijinya perlu kerja keras.

Warga tidak memetik kenari secara langsung, melainkan menunggu buahnya jatuh, yang menandakan buah berwarna hitam itu sudah tua.

“Mereka kemudian mengupas kulit luar dan membuang daging buahnya, hingga tersisa biji yang terbungkus tempurung. Biji tersebut dijemur atau diasap selama tiga sampai empat hari hingga kering, baru kemudian dipecah dengan parang dan biji bagian dalamnya itulah yang dijual. Warga menjual biji kenari Maluku ke pedagang lokal seharga Rp50.000 per kilogram,” kata Hanatin.

Area pemasarannya belum terlalu luas. Karena itu, Hanatin sangat berharap, pemasaran bisa diperluas lagi, hingga seluruh Indonesia mengenal dan menggunakan bahan pangan lokal tersebut. Dengan begitu, masyarakat yang mendapatkan penghidupan dari kenari bisa hidup lebih sejahtera.

KLIK INI:  Menakjubkan, Ini 6 Rahasia Tersembunyi Gambang Bagi Kesehatan

Tentang Mariska Tracy

Mantan wartawan majalah gaya hidup untuk remaja ini punya hobi memasak sejak lama.

Inilah yang kemudian mendorongnya mengikuti Masterchef Indonesia musim ketujuh dan membawanya masuk dalam 10 besar. Passion Mariksa akan dunia kuliner terlihat dari akun Instagram-nya, @mariskatracy, yang berisi berbagai tip memasak dan resep yang mudah diikuti. Lulusan Kwik Kian Gie Business School ini sekarang juga berprofesi sebagai content editor.

Tentang Desi Trisnawati

Wanita pertama pemenang Masterchef Indonesia musim kedua ini aktif sebagai mentor Komunitas Maju Kuliner (KOMAKU), food consultant, pembudidaya madu dari jenis lebah tanpa sengat Meliponini, serta pengusaha katering dan direktur Novilla Boutique Resort, Bangka. Lulusan Curtin University ini membuat e-learning yang berbasis non- akademik Semua Anak Bisa Masak.

KLIK INI:  Sari Bambu, Minuman Alami Petani di Salassae yang Berkhasiat Jaga Stamina