Komodo dan 10 Hewan Langka Indonesia yang Terancam Tiada

oleh -2.581 kali dilihat
Komodo dan 10 Hewan Langka Indonesia yang Terancam Tiada
Komodo
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Segelas teh dan kue donat terasa pas pagi ini. Cuaca agak mendung, saya mengutak-atik hanphone, mencari artikel yang menarik. Membuka beberapa situs. Tangan saya perlahan berhenti ketika menemukan situs informazone.com yang memuat artikel tentang hewan langka di Inonesia yang terancam punah.

Kata punah selalu menggelitik dan mengenaskan, apalagi jika itu terkait fauna sebab di masa mendatang, fauna tersebut hanya akan menjadi dongeng, generasi pelanjut hanya bisa melihat foto dan lukisannya saja, mengerikan, bukan?

Menurut peraturan pemerintah nomor 27 tahun 1999 mengenai jenis-jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi. Bahwa sebenarnya terdapat ribuan spesies flora dan fauna yang hidup di Indonesia dan terdapat 294 spesies flora dan fauna Indonesia yang tergolong spesies terancam punah dan harus dilindungi.

Situs informazone.com, memuat sebelas hewan langka Indonsia yang terancam punah karena   tangan-tangan jahil tak berhenti mengusiknya dengan cara memburu dan merusak tempat tinggalnya, yakni hutan.

KLIK INI:  Mysticellus, Katak Misterius yang Ditemukan di Kubangan Jalan
  • Orangutan Sumatera dan Kalimantan

Kedua jenis orangutan yaitu orangutan Sumatera dan Kalimantan di mana keduanya termasuk spesies yang terancam punah. Orangutan Sumatera adalah jenis yang paling terancam dibandingkan orangutan Kalimantan. Berdasarkan laporan dari International Union The Conservation Nature and Natural (IUCN) pada 75 tahun belakangan ini populasi orangutan Sumatera Mengalami penurunan yang signifikan yaitu sebesar 80%.

  • Harimau Sumatera

Total populasi harimau sumatera tidak lebih dari 300 ekor. Karena itu menurut World Wildlife Fund (WWF) jenis harimau ini merupakan salah satu dari 6 sub spesies harimau yang masih bertahan hidup sampai sekarang ini. Selain itu juga tergolong dalam kategori fauna kritis atau hewan langka yang terancam punah critically endangered.

  • Komodo

Tempat tinggal Komodo Varanus komodoensis di alam liar mengalami penyusutan disebabkan kegiatan manusia. Sehingga organisasi International Union The Conservation Nature and Natural Resources mengelompokkan Komodo sebagai hewan yang terancam punah.

  • Burung Jalak Bali

Jalak Bali ditemukan pertama kali di tahun 1910. Burung ini memiliki nama ilmiah Leucopsar rothschildi yang  diambil dari nama Walter rostchild, seorang ahli hewan berkebangsaan Inggris yang menemukan hewan Ini pertama kali. Dia juga menjadi orang yang mengumumkan temuannya ke dunia pengetahuan di tahun 1912. Jalak bali cuma bisa ditemukan di pulau Bali terutama pada area hutan bagian barat  Bali.

KLIK INI:  Trevor, Bebek Selebriti yang Meninggal dalam Kesendirian yang Sepi
  • Badak Sumatera dan Badak Jawa

Badak jawa (rhinoceros sondaicus) dan badak Sumatera (Dicherorhinus sumatrensis) termasuk satwa yang menjadi perhatian bagi pemerintah dan pecinta satwa liar. Badak Sumatera dan badak Jawa merupakan dua spesies dari 5 spesies badak yang masih dapat bertahan hidup dari kepunahan.

  • Gajah Sumatera

Gajah Sumatera yang memiliki nama ilmiah Elephas maximus dan seluruh spesies gajah Asia dan sub spesiesnya sekarang ini tergolong ke dalam satwa yang terancam punah. Hal ini berdasarkan daftar merah spesies terancam punah yang dikeluarkan oleh lembaga internasional IUCN.

  • Kanguru Wondiwoi

Di Indonesia juga terdapat salah satu jenis kanguru yaitu Kanguru pohon wondiwoi merupakan salah satu jenis hewan langka yang hidup di Pulau Papua.  Berdasarkan daftar merah yang dikeluarkan IUCN, diprediksi total populasi kangguru jenis ini kurang lebih berjumlah 50 ekor saja.  Hal tersebut yang menjadikan pihak International conservation Nature and Natural Resources mengelompokkan kanguru wondiwoi atau wondiwoi kangaro sebagai critically endangered species.

  • Anoa

Anoa ialah hewan khas Pulau Sulawesi yang bisa dijumpai, khususnya di provinsi Sulawesi Tenggara. Binatang tersebut termasuk binatang peralihan Asiatis dan Australis. Binatang yang dikelompokkan sebagai hewan langka ini telah berada diambang kepunahan semenjak tahun 1960.

KLIK INI:  Klik Ini untuk Tahu Tarcius Spectrum, Si Mungil yang Menggemaskan
  • Monyet Hitam Sulawesi

Monyet Hitam Sulawesi memiliki nama ilmiah Macaca nigra atau juga dikenal dengan nama monyet berjambul. Hewan ini termasuk salah satu dari beberapa jenis primata yang termasuk hewan langka yang terancam punah. Monyet Hitam Sulawesi ialah satwa khas pulau Sulawesi khususnya di daerah Sulawesi Utara.

  • Pesut Mahakam

Ikan Pesut Mahakam atau yang dalam bahasa Latin dikenal dengan nama Orsela brevirostris ialah salah satu jenis hewan mamalia yang dikenal sebagai lumba-lumba air tawar. Hewan ini dinyatakan hampir punah berdasarkan data yang didapatkan di tahun 2007, karena populasi hewan ini hanya tersisa 50 ekor saja.

  •   Macan Tutul Jawa

Macan Tutul Jawa ini sudah lama diklasifikasikan ke dalam  satwa yang terancam punah atau hewan langka. Terdapat dua varian Macan Tutul Jawa, yaitu Macan Tutul berwarna terang dan Macaan Tutul berwarna hitam yang lebih dikenal sebagai Macan Kumbang. Walaupun memiliki warna yang berbeda kedua Macan ini masih termasuk ke dalam satu sub spesies yang sama.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh International The Conservation Nature and Natural Resources, populasi Macan Tutul Jawa yang masih hidup tidak lebih dari 300 ekor di area tinggalnya.

KLIK INI:  Penyidik Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi Amankan Kayu Ilegal di Pelabuhan Bira