Kolaborasi Jagak Himbak dan Campaign, Peringati Hari Ozon dengan Kampanye #AksiJagaHutan

oleh -25 kali dilihat
Kolaborasi Jagak Himbak dan Campaign, Peringati Hari Ozon dengan Kampanye #AksiJagaHutan
Kolaborasi Jagak Himbak dan Campaign, Peringati Hari Ozon dengan Kampanye #AksiJagaHutan - Foto: Ist

Klikhijau.com – Krisis iklim yang semakin memburuk salah satunya disebabkan oleh pemanasan global akibat menipisnya lapisan ozon.

Lapisan ozon sendiri memiliki fungsi untuk menyerap radiasi sinar ultraviolet matahari (UV-B) yang bentuknya membungkus bola bumi.

Menurut data dari Copernicus Atmosphere Monitoring Services pada tahun 2021, lubang dari lapisan ozon membesar dengan cepat dan besar sebanyak 75% sejak 1979.

Fenomena ini membawa banyak dampak negatif terhadap kehidupan di bumi yang bahkan dapat mengakibatkan penurunan kesehatan pada makhluk hidup termasuk manusia, serta dapat merusak biota laut dan rantai makanan di darat yang berpengaruh besar terhadap kelangsungan ekosistem.

KLIK INI:  Circular Economy dan Peran Bank Sampah Kita?

Mengingat pentingnya lapisan ozon, Hari Perlindungan Lapisan Ozon yang diperingati setiap 16 September menjadi momen tepat untuk mengedukasi masyarakat akan kegentingan isu ini.

Berbagai organisasi, salah satunya Jagak Himbak Indonesia – sebuah organisasi lingkungan dari Kalimantan – berpartisipasi dalam usaha mengedukasi publik.

Jagak Himbak menyuarakan pentingnya melindungi hutan yang punya peran krusial dalam menstabilkan iklim, mengontrol suhu atmosfer, melindungi daerah aliran sungai, hingga mengatur siklus air.

Kali ini Jagak Himbak berkolaborasi dengan Campaign.com, sebuah startup pengembang aplikasi aksi sosial Campaign #ForChange lewat kampanye sosial #AksiJagaHutan.

Meisya Regina mewakili tim Administrasi dan Publikasi Jagak Himbak menuturkan, kampanye #AksiJagaHutan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga hutan untuk mencegah pemanasan global, serta berkontribusi pada kemakmuran dan kesejahteraan generasi sekarang dan mendatang.

KLIK INI:  Pembalut Kain Ubah Stigma Perempuan sebagai Kontributor Kerusakan Lingkungan

”Mari kita bersama-sama berkontribusi untuk menjaga hutan. Dengan berkolaborasi, kita bisa mendorong adanya perlindungan hutan yang lebih baik untuk kita dan masa depan Indonesia,” tutur Meisya.

Kampanye sosial ini berlangsung di aplikasi Campaign #ForChange dan masih berjalan hingga 22 September 2022 mendatang. Seluruh anggota masyarakat dapat turut berkontribusi dalam kampanye ini. Caranya mudah, cukup unduh aplikasi Campaign

#ForChange di App Store atau Playstore, cari kampanye sosial #AksiJagaHutan, kemudian selesaikan tantangan yang berupa mengunggahan empat foto.

Setiap tantangan yang berhasil diselesaikan, akan dikonversi menjadi donasi oleh Yayasan Dunia Lebih Baik sebesar Rp10.000. Nantinya donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat oleh Jagak Himbak.

KLIK INI:  Menelusuri 19 Cagar Biosfer Indonesia yang Ditetapkan UNESCO