KLHK Merilis Agenda Kegiatan Online di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020

Publish by -1.249 kali dilihat
Penulis: Redaksi
KLHK Merilis Agenda Kegiatan Online di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020
Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020

Klikhijau.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) merilis sejumlah agenda kegiatan secara online di hari lingkungan hidup sedunia (World Environment Day) pada 5 Juni 2020.

Ini tentu berbeda dengan perayaan di tahun-tahun sebelumnya karena bertepatan dengan adanya pandemi covid-19. Adapun tema World Environment Day 2020 adalah keanekaragaman hayati – seruan untuk bertindak guna memerangi percepatan hilangnya dan degradasi spesies di dunia alami.

Topik ini tentu relevan mengingat telah ada sekitar satu juta spesies tumbuhan dan hewan berisiko punah, sebagian besar karena aktivitas manusia.

Oleh sebab itu, kampanye Hari Lingkungan Hidup Sedunia dari UNEP adalah “Time for Nature”. Narasi besar ini dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat tentang nilai-nilai luar biasa yang diberikan dunia alam pada kita dan akan menekankan pada urgensi bertindak untuk melindunginya.

UNEP meminta kepada semua negara di dunia baik pemerintah, organisasi dan masyarakat untuk mengangkat suara dan mempopulerkan tagar #ForNature di media sosial. Ini adalah peluang penting untuk aksi kuat bagi alam di tingkat lokal dan global.

Untuk mendukung hal ini, KLHK juga merilis sejumlah agenda yang akan dilakukan pada Environment Day 2020. Diantaranya Webinar kontribusi milenial dalam pemulihan lingkungan untuk menjaga keanekaragaman hayati pada 5 Juni (Pukul 10.00 – 11.30 Wib) Via zoom Meeting.

Ada pula Webinar Indonesia Climate Change and Environmet bersama Menteri LHK, Wakil Menteri, Ketua Komisi IV, Dirjen PPI, Dirjen PPKL, dan Ketua DPPPI. Diskusi ini akan mengangkat tema “Pelestarian Alam dengan Kearifan Lokal” dan dijadwalkan pada pukul 13.00 WIB, via zoom meeting.

Jangan lewatkan Ngobrol Inspiratif berseri live via Instagram @kementerianlhk bersama Host Oppie Andaresta yang akan membahas Kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia setiap pukul 15.00 WIB (Mulai tanggal 1, 8,15, 22, hingga 29 Juni 2020).

Pelatihan dan lomba

Tak hanya diskusi online, KLHK juga menggelar pelatihan dan sejumlah lomba menarik. Diantaranya ada Lomba pesan lingkungan melalui gambar dan karya tulis tentang penguatan komunitas lingkungan untuk Indonesia Bersih. Untuk lomba ini pendaftarannya mulai dibuka pada 5 Juni 2020. Bila tertarik bisa menghubungi Contak person: 08121057292 (Susi).

Ada pula lomba Video kreatif yang memuat video tentang cinta lingkungan melalui (Tiktok, Video Vlog dan cover lagu hari lingkungan hidup). Lomba ini akan memperebutkan hadiah sebesar Rp 15 Juta. Bila tertarik mengikuti lomba ini, dapat menghubungi kontak Person: 081220109636 (Miranti).

Lomba desain inovatif juga ada, temanya adalah gambar Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) 3R Perkotaan, Domestik, dan USK untuk mahasiswa yang memperebutkan hadiah hingga Rp 100 juta. Lomba ini akan digelar pada bulan Juni-Juli 2020. Bila tertarik dapat menghubungi 081220109636 (Miranti).

Acara menarik lainnya adalah pelatihan online khusus untuk masyarakat Pontianak dengan tema “Cerdik mengelola sampah” yang akan digelar pada 8 Juni 2020.

Itulah sejumlah kegiatan online selama Juni dan Juli ini sebagai bagian dari perayaan World Environment Day 2020. Jangan lupa terus mempopulerkan #TimeForNature #WorldEnvironmentDay #ForNature di media sosial.

 

 

Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!