KLHK Gelar Festival Peduli Sampah Nasional Secara Virtual Hingga Desember 2021

oleh -14 kali dilihat
KLHK Gelar Festival Peduli Sampah Nasional Secara Virtual Hingga Desember 2021
Rosa Vivien Ratnawati saat Press Conference FPSN 2021 - Foto/Ist

Klikhijau.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3) menggelar Festival Peduli Sampah Nasional (FPSN) secara virtual dan kolosal hingga Desember 2021.

Pameran virtual ini dapat diakses secara terbuka melalui Channel resmi Youtube KLHK dan link sosial media lainnya. Ajang ini diharapkan dapat membuka kesempatan seluas-luasnya pada masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai pengelolaan sampah.

Ide ini sejalan dengan situasi pandemi Covid-19, dimana timbulan sampah mengalami kenaikan. Data KLHK menunjukkan jumlah timbulan sampah mencapai 67,8 juta ton pada tahun 2020 dan diprediksi terus bertambah seiring populasi dan kesejahteraan masyarakat.

Festival virtual ini akan jadi ajang kampanye untuk memperkuat kesadaran warga agar mengurangi sampah dan mendorong kesadaran mengelola sampah atau daur ulang. Ruang virtual yang tanpa batas diharapkan dapat menjangkau sebanyak mungkin orang, sehingga misi dari even ini benar-benar dapat diwujudkan.

KLIK INI:  Ini 4 Pesan Menteri Siti pada Hari Hutan Internasional 2021

Edukasi dan inspirasi penanganan sampah

Direktur Jenderal PSLB3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati, mengatakan, pihaknya akan terus menjalin komunikasi dan memperkuat edukasi pengelolaan sampah di masyarakat. Penyelenggaraan even FPSN 2021 ini diharapkan dapat menginspirasi banyak orang.

Selama festival, akan ditekankan informasi teknis mengenai pengelolaan sampah, mulai dari awal sampai ke hilir. Jadi, masyarakat dapat lebih menyadari bahwa sampah tidak selalu berujung di TPA, namun bisa diolah menjadi sumber daya ekonomi.

“Saya berharap pameran ini dapat menginspirasi semua orang untuk terus mengurangi sampah dan mengelolanya dengan baik,” kata Vivien saat Press Conferense di Jakarta, Senin (3/5).

Vivien mengatakan, pada festival virtual ini sendiri akan menampikan tiga segmen edukasi yakni pengelolaan sampah, yaitu dari sisi upstream, midstream dan downstream.

Segmen upstream akan menampilkan para produsen yang berkutat dengan aktivitas konsumsi sehari-hari , namun sukses menangani sampah rumah tangga.

KLIK INI:  Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup Dibentuk Oleh Kementerian Keuangan

Lalu, segmen midstream akan menampilkan upaya pemerintah daerah, komunitas, dan para pelaku serta penggiat persampahan yang sejauh ini telah bekerja mengelola sampah mulai dari sumber sampai tempat yang bijaksana akhir.

Sedangkan segmen hilir akan menampilkan teknologi dan proses pengolahan pengolahan sampah yang sejauh ini dikembangkan.

“Selama acara Pameran FPSN berlangsung, kami terbuka untuk menerima masukan dari masyarakat. Kami mengharapkan adanya Media Festival Virtual FPSN dapat memberikan edukasi sehingga perilaku dan gaya hidup masyarakat berubah,” terang Vivien.

Pameran FPSN ini akan diikuti oleh lebih dari 30 peserta dari berbagai lembaga, komunitas, serta pihak-pihak yang ikut serta dalam aksi penanganan sampah.

FPSN menampilkan materi yang berkaitan dengan pilihan solusi dan penanganan sampah yang dapat dilakukan secara praktis, sekaligus salah satu media untuk mengkomunikasikan pengelolaan sampah yang baik dan mudah dikerjakan oleh setiap orang.

Kini, masyarakat dapat mengakses seluruh rangkaian acara FPSN 2021secara virtual melalui website www.fpsn2021.com. Pertama-tama dengan melakukan registrasi terlebih dahulu, tentunya.

Sekadar informasi, selama festival digelar akan ada sejumlah webinar tentang pengelolaan sampah, permainan, kuis berhadiah, dan juga interaksi langsung dengan para penyaji pameran melalui fasilitas chat online. Jadi, sudah pasti menarik bukan?

KLIK INI:  ASN Muda KLHK dan Kemlu Dilatih Jadi Negosiator Bidang Perubahan Iklim