Kisah Pulau Nusa Barung, SM yang Eksis Sejak Zaman Belanda Tahun 1920

oleh -1,709 kali dilihat
Kisah Pulau Nusa Barung, SM yang Eksis Sejak Zaman Belanda Tahun 1920
Seorang pengunjung mengunjungi Pulau usa Barung/foto-IDN Times
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Di bagian selatan Jawa terdapat sebuah pulau kecil. Pulau itu masuk dalam wilayah Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Namanya Pulau Nusa Barung atau Nusa Barong.

Nusa Barung merupakan salah satu pulau terluar yang terletak di Samudra Hindia, dengan berjarak 2,6 km saja dari Puger, namun perlu waktu 2,5 jam untuk mencapainya dengan perahu nelayan.

Sejak tahun 1920, Pulau Nusa Barung telah ditetapkan sebagai cagar alam dengan nama Cagar Alam Pulau Nusa Barung berdasarkan SK. Gubernur Jenderal Hindia Belanda Nomor GB. 46 Stbl 1920, yang dimuat dalam Staatsblad No. 736 tanggal 9 Oktober 1920.

Surat keputusan ini kemudian diperbaharui dengan SK. Menteri Pertanian No. 110/VIII/1957 dengan luas 6.100 hektar.

KLIK INI:  Ingin Liburan ke Pantai, Jangan Lupa Bawa Barang-Barang Ini!

Cagar Alam Pulau Nusa Barung masuk dalam Kawasan Hutan di Wilayah Provinsi Jawa Timur dengan memiliki total luas ± 1.361.146 hektar.

Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor 417/Kpts-II/1999 tanggal 15 Juni 1999, sebagaimana diubah dengan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor SK.395/Menhut-II/2011.

Status Pulau Nusa Barung kemudian berubah menjadi Suaka Margasatwa (SM) melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : SK.314/MENHUT-II/2013 tanggal 1 Mei 2013.

Ada beberapa tipe ekosistem yang dimilikinya, yakni ekosistem hutan mangrove, ekosistem hutan pantai, dan ekosistem hutan tropis dataran rendah.

Pengelolaan kawasannya disesuaikan dengan tujuan penunjukan kawasan, berupa pembagian wilayah (zoning/blocking) ke dalam blok atau areal yang sesuai dengan kondisi, potensi, serta pertimbangan ekologis dan ekonomis lainnya.

Pulau perlindungan ekosistem dan pengawetan flora

Berdasarkan pertimbangan ekologis, maka pengelolaan SM. Pulau Nusa Barung seluruhnya ke dalam Blok Perlindungan. Di mana fungsinya untuk perlindungan ekosistemnya, pengawetan flora khas beserta habitatnya yang peka terhadap gangguan dan perubahan.

KLIK INI:  Ingin Rasakan Mandi Bersama Gajah, Ayo ke Aek Nauli!

Sumber plasma nutfah untuk kepentingan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, serta penunjang budidaya.

Dengan berubahnya status Pulau Nusa Barung, maka kawasan konservasi ini dapat menjadi lokasi pelepasliaran, tidak seperti saat masih berstatus cagar alam. Dengan demikian kendala mencari lokasi pelepasliaran sedikit demi sedikit bisa teratasi.

Ke depan SM. Pulau Nusa Barung direncanakan sebagai site release dengan luas 7.635,9 hektar, itu artinya kawasan ini memiliki potensi sebagai kawasan pelepasliaran bagi beberapa jenis satwa yang ada di kandang transit dan Pusat Penyelamatan Satwa.

Sebagai contoh pelepasliaran satwa yang telah dilaksanakan pada 25 Maret 2019 yang lalu terhadap 31 ekor Monyet ekor-panjang hasil konflik satwa, penyerahan masyarakat dan penyelamatan topeng monyet di Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Balai Besar KSDA Jawa Timur dengan JAAN (Jakarta Animal Aid Network).

Dengan statusnya sebagai suaka margasatwa, maka kegiatan pelepasliaran dapat dilakukan, namun dengan pengelolaan tetap 100% Blok Perlindungan, seperti di cagar alam.

Itu lah kenapa kami menyebut SM. Pulau Nusa Barung sebagai suaka margasatwa bercitarasa cagar alam.

KLIK INI:  Taka Bonerate, Surga keanekaragaman Hayati di Selatan Sulsel