Kisah Bunga Tulip dan Ayu Ting Ting yang Terpesona Terhadapnya

Publish by -575 kali dilihat
Penulis: Irhyl R Makkatutu
Ayu Ting Ting dengan latar bunga tulip
Ayu Ting Ting dengan latar bunga tulip/foto-lnstagram

Klikhijau.com – Tulipomenia atau demam tulip pernah melanda dunia pada abad ke 17. Pada saat itu bunga bernama latin tulipa tersebut menjadi sangat popular. Kepopulerannya  menyebabkan kegoncangan ekonomi.

Barangkali karena  memiliki beragam keindahan sehingga banyak orang terpesona dan ingin memilikinya. Namun, tidak bisa dipungkuri setelah Carolus Clusius menulis buku besar bertemakan bunga tulip pada 1592, bunga tulip menjadi sangat popular.

Menurut Wikipedia, bunga tulip merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan.

KLIK INI:  Bukan Sekadar Valentine, Ini Fakta Tentang Bunga Mawar Lainnya!

Dari banyak kisah, konon bunga tulip awalnya dibudidayakan pada masa kekaisaran Ottoman di Turki. Maka tidak heran jika bunga tulip menjadi bunga nasional Turki. Bukan hanya Turki yang menjadikannya bunga nasional, tetapi juga Iran.

Untuk negara yang dikenal sebagai negeri bunga tulip adalah Belanda, bukan Turki ataupun Iran. Bunga tulip sendiri masuk ke Belanda pada abad ke-16.

Tulip merupakan tumbuhan tahunan berumbi yang tingginya antara 10–70 cm, daunnya berlilin, berbentuk sempit memanjang berwarna hijau nuansa kebiru-biruan, dan bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun mahkota.

Tulip hasil persilangan menghasilkan bunga berwarna tunggal, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, atau berbagai macam kombinasi dan gradasi warna. Tulip menghasilkan biji-biji berbentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering.

KLIK INI:  Bunga Sakura, Eksotika, dan Manfaat yang Perlu Anda Tahu Tentangnya

Bunga tulip selalu menarik perhatian dan sedap dipandang mata karena keindahan warna-warnanya. Barangkali itu pula yang menyebabkan Ayu Ting Ting sulit move on dari pesonanya

Baru-baru ini, Ayu mengunggah keindahan bunga tulip dalam akun Instagram pribadinya. Aneka warnanya, dari ungu, putih, kuning, merah, pink, dan lainnya.

“Pagi dengan tulip,” tulis Ayu sebagai keterangan foto, Kamis, 18 April 2019.

Dalam unggahan sebelumnya, perempuan kelahiran Depok, Jawa Barat, sempat berharap jika suatu saat bisa punya rumah dengan halamannya yang ditanami tulip. Foto tersebut diunggahnya saat singgah di Turki usai umrah.

“Masya Allah semoga bisa punya halaman rumah yg isinya semua bunga tulip dll seperti ini amin 🌷😍,” tulis Ayu Ting Ting.

Rasanya wajar jika Ayu terpesona dan ingin memiliki bunga tulip d halaman rumahnya, bukan hanya keindahannya, konon dulu banyak masyarakat yang memborong tulip sehingga menyebabkan harga tulip menjadi sangat mahal. Bahkan tulip berfungsi sebagai uang. Wow

KLIK INI:  Rudianto dan 14 Fakta Lain Perihal Bunga Edelweis yang Harus Pendaki Tahu
Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: Liputan6.com dan Wikipedia

KLIK Pilihan!