Keren, Pembangkit Listrik Tenaga Sampah di Bekasi Siap Beroperasi

oleh -398 kali dilihat
Laporan Studi Nexus: Aspek Ekonomi Masih Dominan dalam Transisi Ketenagalistrikan
Ilustrasi pembangkit listrik
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Pembangkit Listrik Tenaga sampah (PLTSa) Merah Putih Bantargebang, Kota Bekasi, yang merupakan hasil kerja sama antara Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap beroperasi.

“Saat ini pembangkit masih dalam kondisi commissioning, yang tentunya masih ada beberapa komponen atau proses yang perlu disempurnakan oleh BPPT juga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar PLTSa ini dapat berjalan dengan lancar,”kata BPPT Hammam Riza dalam acara peresmian proyek percontohan PLTSa Bantargebang di Bekasi Jawa Barat,Senin, 24 Maret 2019.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dan Hammam Riza menekan tombol sirine untuk peresmian PLTSa Bantargebang.

KLIK INI:  Dua Siswa di Bali Sulap Sampah Canang Jadi Sumber Listrik
KLIK INI:  Keren, 12 Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Siap Operasi Tahun Ini

Pembangunan proyek percontohan itu berlangsung dalam waktu cepat yakni satu tahun, sejak groundbreaking pada 21 Maret 2018 sampai peresmian pada 25 Maret 2019.

Hamam menuturkan PLTSa yang dibangun dengan biaya Rp98 miliar itu akan dapat beroperasi total pada beberapa minggu ke depan.

“Dalam beberapa minggu ke depan ini akan sudah fully operational (beroperasi penuh) sehingga dapat dijadikan tempat untuk melaksanakan penelitian pengembangan dan juga seluruh aspek riset,inovasi dan teknologi dengan mengedepankan tingkat komponen dalam negeri,” ujarnya.

KLIK INI:  Kupang Bakal Menyulap Sampah Jadi “Cahaya”

Proyek percontohan PLTSa Merah putih dibangun dengan kapasitas pengolahan sampah mencapai 100 ton per hari, dan akan menghasilkan listrik sebagai bonus sebanyak 700 kilowatt per jam.

“Listrik yang dihasilkan dari PLTSa ini akan digunakan untuk keperluan internal PLTSa sendiri,” tuturnya.

KLIK INI:  Di Bekasi, Adipura akan Memakan Korban