Keren, 160 Anak Jadi Polisi Cilik LHK

oleh -389 kali dilihat
Budayakan Cinta Lingkungan Sejak Dini, 160 Anak Jadi Polisi Cilik LHK
Polisi cilik LHK/Foto-Ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Membudayakan cinta lingkungan sejak dini. KLHK menyelenggarakan Pelatihan Polisi Cilik LHK. Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak 160 murid dari berbagai sekolah dasar untuk berlatih menjadi polisi cilik bidang lingkungan hidup dan kehutanan (LHK).

Para polisi cilik LHK ini akan diberikan materi terkait apa saja wujud perilaku yang mencerminkan kecintaan pada lingkungan dan kehutanan. Misalnya mengurangi penggunaan sampah plastik, tidak buang sampah di sungai.

Bukan hanya itu, juga bagaimana melakukan penanaman pohon pada lahan kritis/ tidak bervegetasi, tidak membakar sampah sembarangan. Juga ada materi dasar tentang tugas-tugas polisi kehutanan dan penegakan hukum yang dibawakan oleh Instruktur dari Direktorat Jenderal Penegakkan Hukum LHK dan Kepolisian Republik Indonesia.

“Dengan pelatihan 160 Polisi Cilik LHK ini, diharapkan dapat menanamkan kepada mereka nilai disiplin diri. Taat hukum, berperilaku mencintai LHK. Siap menjadi polisi, menegur, mengingatkan, dan menjelaskan terhadap teman, keluarga dan warga masyarakat lainnya yang melanggar peraturan di bidang LHK,” tutur Siti.

Motivator dan penggerak
KLIK INI:  Ketika Menteri Siti Terbang ke Lampung Selatan karena Siti

Siti menambahkan, teguran/peringatan dan penjelasan serta contoh berperilaku mencintai LHK dengan gaya khas dari anak-anak. Diharapkan bisa menyentuh kesadaran para orang tua dan dapat diikuti oleh teman-teman sebayanya untuk berbuat hal-hal yang sama.

“Kegiatan patroli Polisi Cilik LHK ini selanjutnya diharapkan dapat mewarnai kegiatan-kegiatan Kementerian LHK dalam pengembangan generasi muda lingkungan. Menjadikan champion-champion di masa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BP2SDM) KLHK, Helmi Basalamah mengatakan, mereka yang ikut pelatihan adalah motivator dan penggerak.

“Adik-adik adalah motivator untuk penggerak teman-teman yang lain untuk menjadi orang -orang yang peduli lingkungan,” katanya

Pelatihan ini merupakan cara penanaman kedisiplinan, nilai peduli lingkungan dan hutan sejak dini. Sebagai Polisi Cilik LHK mereka akan menjadi kader lingkungan hidup muda yang mampu menjaga, memelihara dan berperilaku ramah lingkungan. Mampu menjadi contoh dan inspirasi bagi teman, keluarga dan masyarakat disekitarnya melalui perilaku ramah lingkungan.

Selain itu, pelatihan Polisi Cilik LHK ini diharapkan mampu menghentikan perilaku yang tidak ramah lingkungan. Paling tidak di lingkungan keluarganya, teman-teman di sekolahnya, dan masyarakat di sekitarnya.

KLIK INI:  Rahasia Hidup Bahagia dengan “Enjoy Life with Ecolife” Ala Darhamsyah