Kencana Ungu, Bunga Teman Bermain di Masa Kecil yang Kaya Manfaat

Publish by -77 kali dilihat
Kencana Ungu, Bunga teman Bermain di Masa Kecil yang Kaya Manfaat
Kencana Ungu - Foto/Viva

Klikhijau.com – Kencana ungu (Ruellia simplex), tanaman berbunga ungu, merah jambu, atau biru (juga ada yang berwarna putih) dari keluarga Acanthaceae.

Nama tanamannya mungkin terdengar asing di telinga, namun nyaris semua orang pasti pernah melihatnya. Yah, tanaman ini termasuk tanaman liar yang mudah tumbuh di sembarang tempat utamanya daerah tropis.

Tanaman ini memiliki banyak sebutan, di antaranya pletikan, pletekan, ceplesan dan sebagainya.

Di masa kecil saya sering bermain biji pletekan ini dengan dicelupkan air, dan tak jarang diemut sehingga pecah di mulut, atau bisa juga dikenai air liur. Sungguh permainan masa kecil yang sederhana namun menyenangkan.

KLIK INI:  Di Balik Warna Terangnya, Ini 7 Filosofi Bunga Matahari
Manfaat kencana ungu

Di balik keindahan bunga dan sensasi ledakan bijinya ini, ternyata kencana ungu mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat tanaman istimewa tanaman ini!

  1. Pendeteksi Formalin dan Boraks

Dilansir dari antaranews, menurut Ketua Program Aksi UI untuk Negeri dari Departemen Kimia Kedokteran FKUI dr Ade Arsianti M.Si dalam siaran persnya, ekstrak bunga bunga kencana ungu ternyata bisa digunakan untuk mendeteksi boraks atau formalin pada makanan.

Caranya adalah dengan pmenyiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan seperti ulekan, pipet tetes, wadah berongga kecil seperti palet cat air, sampel makanan, air putih dan beberapa kuntum bunga kencana ungu. Bunga diekstrak dan diteteskan pada masing-masing sampel makanan dan amati perubahan warna yang terjadi.

Apabila makanan positif mengandung boraks maka warnanya akan berubah menjadi hijau karena pH boraks sekitar 9-11. Sedangkan jika makanan positif mengandung formalin, maka warnanya akan berubah menjadi coklat-kemerahan karena pH formalin sekitar 5-6.

Sementara makanan yang bebas formalin dan boraks akan tetap berwarna ungu seperti warna asli ekstrak bunga atau tidak mengalami perubahan warna. Perubahan warna yang terjadi sangat singkat hanya beberapa menit saja sudah bisa terlihat hasilnya.

KLIK INI:  Lahiran di Usia 12 Tahun, Doppsee Jauhkan Badak Hitam dari Kepunahan
  1. Menormalkan kadar gula darah

Daun tanaman kencana ungu sangat bagus untuk menjaga kadar gula darah agar tetap dalam kondisi normal dan bisa juga menurunkan kadar gula darah yang tinggi bagi penderita diabetes.

Caranya adalah dengan mengambil satu genggam daun kencana ungu, rebus bersama air secukupnya. Saring dan minum secara teratur setiap pagi setelah sarapan dan sore hari. Perawatan secara rutin akan membuat penderita diabetes bisa hidup normal.

  1. Melawan kanker

Daun dari tanaman kencana ungu mengandung senyawa polifenol dan akarnya mengandung flavonoida yang merupakan antioksidan terampuh yang membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit degeneratif, salah satunya kanker.

Selain itu, tanaman Kencana ungu juga sangat bagus untuk mengatasi beberapa amsalah kesehatan, diantaranya : pereda nyeri (analgesic), antihipertensi, mengobati penyakit gonore, antipiretik, diuretic, dan lain sebagainya.

Meski tanaman ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, namun harus diperhatikan kembali bagi penderita yang mengalami komplikasi ginjal. Karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping terhadap fungsi ginjal. Jadi, alangkah lebih baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan terlebih dulu pada fungsi ginjal.

Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Lebih Dekat dengan Philodendron, Tanaman Hias Berjuta Pesona

KLIK Pilihan!