Kenapa Penting Menanam Pohon di Sekitar Rumah?

oleh -67 kali dilihat
Pohon Beringin, Antara Mitos dan Manfaatnya yang Jarang Diketahui
Pohon beringin tua di Kampus FBS UNM Makassar - Foto/Ist

Klikhijau.com – Menanam pohon mungkin terlihat sederhana saja. Cukup menggali tanah lalu menancapkan bibit pohon yang telah dipilih.

Dan memang sesederhana itu jika ingin menanam pohon. Namun, demikian tak semua orang bisa melakukannya. Hal-hal sederhana memang lebih rumit dilakukan, bukan?

Ada berbagai alasan kenapa tak bisa dilakukan oleh semua orang, pertama, karena menganggap pohon tak terlalu penting, kedua, tak punya lahan untuk ditanami, ketiga, karena pohon bisa membahayakan.

Sudah sering kita lihat pohon tumbang dan menimpa rumah, kendaraan bahkan menewaskan orang. Apalagi jika ditanam di sekitar rumah. Bisa membuat tidur tak nyenyak.

KLIK INI:  7 Fakta Menarik Tentang Pohon, Temukan Alasan Menanam Setelahnya!

Namun, di antara dampak negatif itu, sesungguhnya keberadaan pohon di sekitar rumah lebih banyak manfaat positifnya, di antaranya;

  • Penyerap air

Melalui akarnya, pohon akan menyerap air  kemudian dialirkan ke daun. Dari daun air menguap melepaskan diri  ke lapisan atmosfer. Tak hanya menyerap air, tapi juga sebagai penanggal polusi air.

Keberadaan pohon juga bisa mencegah genangan di sekitar rumah lebih cepat surut.

  • Penangkal CO2

Menanam pohon tak akan merugikan, justru sebaliknya membawa manfaat pada kesehatan, sebab pohon merupakan  tanaman penyerap karbondioksida atau CO2.

Karenanya jika kamu menanamnya, maka secara otomatis kamu memiliki penyerap CO2 di sekitar rumah. dan itu tak hanya dinikmati manfaatnya oleh satu rumah, tapi juga akan dinikmati secara langsung para tetangga.

  • Pemberi oksigen

Oksigen memiliki peran yang penting bagi manusia dan hewan untuk bernapas. Karena itu pohon sangat diperlukan,  pohon memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis. Ia menghasilkan gas oksigen dan gula.

Pada saat bersamaan pula pohon akan menghisap gas karbondioksida. Gas karbondioksida merupakan adalah gas yang sangat beracun sehingga berbahaya bagi manusia.

KLIK INI:  Peringatan Hari Pohon Sedunia, Sebuah Upaya Mencintai Kehidupan
  • Menangkal energi matahari

Dengan adanya pohon yang berdiri di sekitar rumah, secara otomatis akan menangkal sinar matahari agar tak menerobos lebih cepat ke dalam rumah dan membuatnya terasa panas.

Pepohonan akan sangat membantu mengurangi efek panas dalam rumah, ini akan membuat kamu lebih hemat listrik karena memungkinankan penggunaan air conditioner (AC) dan kipas angin lebih berkurang.

  • Mendinginkan udara

Fungsi lain dari pepohonan adalah dapat mendinginkan hawa di sekitar rumah. Kamu mungkin sering  melihat tempat duduk atau balai-balai di bawah pohon. Kenapa demikian, karena pohon membawa rasa dingin, ia bisa mendinginkan udara.

Karenanya banyak orang  akan memilih duduk atau berbaring di bawah naungan pohon untuk merasakan sensasi dingin yang dilahirkan oleh si pohon.

  • Menjadi kanopi

Pada iklim yang lebih dingin pun, pohon bisa menjadi kanopi untuk menahan dingin sebab bisa mengurangi tiupan angin.

Selain menjadi kanopi untuk menahan dingin, pohon juga bisa menjadi kanopi untuk menahan panas. Jadi, pohon bisa berfungsi pada dua situasi berbeda dengan cara berbeda pula

  • Ramah lingkungan

Keberadaan pohon akan membuat suasana di lingkungan sekitar lebih adem dan segar. Bukan hanya itu, pohon pun bisa menjadi sumber pelestarian keanekaragakan hayati.

Pohon bisa jadi rumah bagi banyak satwa, khususnya bagi satwa burung.

KLIK INI:  Perangi Pemanasan Global dengan Cara Menanam Pohon, Murah dan Efektif
  • Mengurangi efek panas perkotaan

Suhu yang ada pada perkotaan jauh lebih panas daripada desa. Untuk mengurangi efek panas itu, pohon yang ada di sekitar rumah bisa menjadi penangkalnya.

Pohon bisa melawan hawa panas. Karenanya, tak ada ruginya menanamnya di sekitaran rumah untuk memberi nuansa yang lebih nyaman.

  • Menjaga kesuburan tanah

Kesuburan tanah menjadi penting untuk membantu tanaman tumbuh ubur. Jika tak ada yang menangkis air hujan yang langsung jatuh ke tanah, maka itu dapat menyebabkan lapisan tanah tanah bagian atas tergerus.

Padahal bisa jadi bagian tersebut berhumus dan subur sehingga  kesuburan tanah akan menurun. Dengan adanya pohon maka, saat hujan turun, butir-butir airnya tidak langsung  menerpa tanah.

Air hujan akan ditangkis oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah dan akarnya akan menyerap air ke dalam tanah.

Nah, itulah alasan mengapa perlu menanam pohon di sekitar rumah. Lalu pohon apa yang cocok, itu kembali kepada selera kamu, tapi sebaiknya pilihlah pohon buah, karena selain mendapat manfaatnya seperti yang disebutkan di atas, kamu juga dapat menikmati buahnya.

Pilihan lain yang cocok adalah, pilihlah pohon yang memiliki karakteristik pertumbuhan yang tak terlalu menjulang tinggi, sehingga kemungkinan tumbang lebih kecil.

KLIK INI:  Tapak Dara, Tanaman Hias Indah dan 7 Manfaat Ajaibnya