Kenapa Ibu Suka Minum Kunyit Hitam, Apa Manfaatnya?

Publish by -7 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Kenapa Ibu Suka Minum Kunyit Hitam, Apa Manfaatnya?
Kunyit hitam/foto-Ist

Kunyit hitam, mengandung berbagai manfaat tak terduga bagi kesehatan

Klikhijau.com – Ketika masuk ke dapur pagi ini, Ibu sedang memarut sesuatu. Saya bertanya apa yang sedang Ibu parut. Beliau menjawabnya dengan singkat, kunyit hitam.

Setahuku, Ibu memang biasa minum kunyit hitam. Cara penyajiannya sangat sederhana. Cukup kupas, parut, siram air panas lalu tapis untuk memisahkan serat dan airnya. Setelah itu campurkan dengan madu lalu minum.

Madu akan sedikit mengatasi rasa pahit yang sangat pada kunyit hitam. Lalu apa sebenarnya manfaat tanaman yang memiliki nama ilmiah Cucurma Caesia bagi kesehatan?

Menurut beberapa penelitian, tanaman yang memiliki nama ilmiah Cucurma Caesia ini juga tinggi akan kandungan zat antioksidan, mampu mencegah kanker, hingga bersifat anti peradangan.

KLIK INI:  2 Jam Berada di Alam Tingkatkan Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

“Kandungan kurkumin dalam kunyit hitam dapat digunakan untuk meningkatkan atau mengobati penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, hingga pneumonia. Jika dipasangkan dengan bumbu dapur seperti lada hitam, maka khasiat dari kunyit yang didapatkan akan lebih maksimal,” ungkap penelitian dari Positivemed.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya manfaat kunyit hitam bagi kesehatan dihimpun dari berbagai sumber

  • Mencegah kanker

Kunyit hitam mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu mencegah kanker dan bersifat anti peradangan.

  • Kulit Gatal

Kandungan antiinflamasi pada kunyit hitam dapat membantu mengatasi kulit gatal. Selain itu, juga berkhasiat sebagai anti radang pada kulit yang gatal

  • Atasi penyakit jantung koroner

Bagi penderita penyakit jantung koroner, konsumsi kapsul ekstrak kunyit hitam secara teratur dapat meningkatkan daya tahan dan menjaga kebugaran 2 atau 3 kali sehari setelah makan.

KLIK INI:  Diserang Sakit Kepala? Begini Cara Alami Mengatasinya!
  • Osteoarthritis

Kandungan ibuprofen pada kunyit hitam dapat membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh osteoarthritis.

Osteoarthritis adalah suatu kondisi dimana sendi terasa nyeri sehingga membuat tulang menjadi kaku dan tidak fleksibel.

  • Atasi asam lambung dan maag

Kunyit hitam bisa menjadi solusi tepat bagi mereka yang menderita asam lambung. Begitupula dengan maag, mengonsumsi kunyit hitam akan menekan asam lambung sehingga mencegah terjadinya maag.

  • Atasi kanker usus besar

Menurut penelitian kandungan kurkumin dalam kunyit mampu mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor), metastasis (penyebaran kanker), serta mampu mematikan sel kanker.

KLIK INI:  Libido Seks Menurun, Ramuan Ajaib Ini Perlu Anda Coba!

Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa konsumsi 4 gram kunyit selama 30 hari bisa mengurangi jumlah lesi di usus besar hingga sebesar 40%.

Rutin mengomsumsi kunyit hitam juga dapat mencegah resiko timbulnya penyakit kanker usus besar.

  • Mencegah alzheimer

Kandungan kukurmin yang terdapat pada tanaman ini juga berkhasiat untuk mencegah penyakit pikun alias alzheimer. mengonsumsi kunyit hitam secara teratur dan tidak berlebihan setiap harinya, dapat membantu Anda mendapatkan manfaat ini.

  • Obat alami untuk migrain

Campur rimpang / buah dengan kunyit hitam lalu oleskan di dahi yang mengalami vertigo atau migrain. Efek kunyit hitam yang sedikit hangat bisa meredakan migrain.

KLIK INI:  Minum Teh Membuat Struktur Otak Lebih Baik, Benarkah?
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Berbagai sumber

KLIK Pilihan!