Kenalkan, Warung Danau Lolang di Selayar dan Kuliner Urban Khas Desa

oleh -203 kali dilihat
Kenalkan, Warung Danau Lolang di Selayar dan Kuliner Urban Khas Desa
Anak-anak ini sedang berada di warung Danau Lolang/foto-Fadly
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Bila ke Kabupaten Kepulauan Selayar, Anda akan berjumpa banyak desa-desa yang otentik dengan nuansa alaminya nan memukau.

Satu diantaranya adalah Desa Lalang Bata, Kecamatan Buki. Selain keindahan wilayahnya, di desa ini terdapat sebuah rumah makan bernama warung Danau Lolang.

Warung ini berlokasi di jalan poros Dusun Pa’batteang, di sinilah banyak pelancong kerap mampir sejenak sembari menikmati kuliner khasnya.

Suguhan menu berupa mie pangsit, sate, dan kopi panas dapat dinikmati di warung Danau Lolang. Oleh pengasuhnya, Wasimun, menu sederhana andalannya ini disajikan dengan racikan khas Selayar.

KLIK INI:  PT Mitra Hijau Asia Berbagi Masker ke Tenaga Medis di RS Siloam Makassar

Menariknya, bangunan warung makan ini terkesan sederhana dan minimalis. Namun, kesan kearifan lokalnya terpancar jelas dari kolaborasi properti dan ornamen berbahan baku bambu. Terlebih posisi warung ini berada tepat di gerbang utama Dusun Pa’batteang.

Harga murah meriah

Letaknya yang strategis ini memudahkan akses bagi pengunjung untuk mampir. Selain menunya yang sederhana, namun enak-enak, harga makanan dan minumannya pun tergolong terjangkau.

Jadi, Anda dapat menikmati sate ayam, tahu bakar, bakso kuah, bakso bakar, mie pangsit, dan kopi panas sekaligus tanpa harus kelimpungan merogoh kocek yang banyak.

KLIK INI:  Sri Mulyani Ungkap Indonesia akan Alami Dampak Perubahan Iklim yang Luar Biasa

Bahkan, bermodal uang recehan senilai dua ribu rupiah, pengunjung sudah dapat menikmati dan membawa pulang satu tusuk sate ayam yang dipanggang di atas api, berbahan bakar arang tempurung.

Tak hanya menyiapkan menu siap saji, warung Danau Lolang, Pa’batteang juga ikut menyediakan sarana tempat peristrahatan, berbahan baku bambu lokal, berukuran tiga kali dua meter yang dikemas dalam bentuk dego-dego.

Pengunjung juga dapat memanfaatkan eksotika latar belakang taman segi tiga yang tak jauh dari warung.

Taman itu terletak persis di pertigaan ibukota Dusun Pa’batteang. Cukup menarik untuk sekadar berswafoto dan melengkapi bukti dokumentasi kunjungan Anda.

Ayo mampir bila ke Selayar!

KLIK INI:  6 Kekayaan Sumber Daya Alam Teratas yang Dibutuhkan Demi Kelangsungan Makhluk Hidup