Kenalkan Mobil Pusling, Mobil Cerdas Konservasi Milik BBKSDA Sulsel

Publish by -26 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Mobil Perpustakaan keliling Konservasi milik BBKSDA Sulsel. Foto: Ist

Klikhijau.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulsel memperkenalkan mobil Perspustakaan Konsersevasi keliling (Pusling) pada Kamis 16 Januari 2020. Rencananya, mobil ini akan mulai beroperasi  di awal tahun.

Kepala Bagian Tata Usaha BBKSDA Sulsel, Ellyyana Said, S.Pi, MM, mengatakan, inovasi ini dilakukan dalam rangka memperkuat literasi konservasi yang sejauh ini memang masih minim.

“Mobil ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dan siswa-siswa di sekolah tentang konservasi, perlindungan satwa dan tumbuhan dilindungi,” kata Ellyyana kepada Klikhijau, Minggu 19 Januari 2020.

Apa saja yang bisa Anda temukan di dalam mobil ini? Saat diperkenalkan beberapa hari lalu, kesan pertama yang  terlihat adalah ajakan pelestarian satwa yang tertulis di mobil dalam bahasa lokal: “Maeki Siagang Lestarikan Satwata”. Narasi ini sengaja digunakan untuk agar familiar bagi masyarakat Makassar.

KLIK INI:  Saatnya Wanita Merawat Bumi dengan Menstrual Cup

Di dalam mobil terdapat sejumlah materi mengenai keanekaragaman hayati di Indonesia. “Ada buku-buku, leaflet, brosur, majalah terkait konservasi, dan informasi mengenai taman wisata alam dan taman nasional. Ada pula video, game, dan sejumlah alat peraga yang dapat membangkitkan kecintaan kita terhadap satwa dan tumbuhan,” jelas Ellyana.

Mobil ini akan mengunjungi sejumlah titik setiap saat. Prioritas utamanya adalah sekolah-sekolah di kota Makassar, khususnya sekolah adiwiyata.

“Sekarang sudah banyak yang antri mengundang kami sebagai titik kampanye edukasi konservasi. InsyaAllah Januari ini kita sudah fungsikan,” tutur penulis buku “Merawat Bumi” ini.

Nantikan mobil cerdas ini tiba di sekolahmu dan selamat berjumpa dengan banyak pengetahuan berharga tentang betapa kayanya  keanekaragaman hayati kita. Tugas kita semua, terutama generasi muda, tentu menjaga dan melestarikannya.

KLIK INI:  Kampanye Kurangi Sampah Plastik, KLHK Libatkan Generasi Milenial

 

Editor: Anis Kurniawan
Sumber: Klikhijau.com

KLIK Pilihan!