Kenalkan, Ini Pengganti Sedotan Plastik yang Sehat dan Ramah Lingkungan

Publish by -69 kali dilihat
Penulis: N Yahya Yabo
Kenalkan, Ini Pengganti Sedotan Plastik yang Sehat dan Ramah Lingkungan
Sedotan bambu/foto-Zerowaste.id

[hijau]Sedotan plastik berhasil berhasil beri gelar baru bagi Indonesia[/hijau]

Klikhijau.com – Tak bisa kita nafikan, sedotan plastik telah jadi bagian dari kehidupan masyarakat. Di Indonesia sendiri pengguna sedotan plastik cukup tinggi.

Sedotan plastik berperan pula mengantar Indonesia jadi peringkat ke dua di dunia sebagai penyumbang sampah plastik. Peringkat itu tentu saja tak membanggakan, tapi mencemaskan dan memalukan.

Tak hanya mengantar Indonesia menempati urutan tak membanggakan itu. sedotan plastik juga berbahaya bagi kesehatan. Sebab mengandung senyawa polietilen yang dapat menyebabkan kesehatan gigi terganggu jika digunakan dalam jangka waktu panjang. Hingga dapat menyebabkan penyakit kronis obesitas dan kanker.

KLIK INI:  Bukan Main, Sampah Sedotan Terbuang Hingga 93 juta Ton per Tahun!

Namun, bagi yang tak bisa lepas dari sedotan. Ada baiknya gunakan sedotan alternatif yang baik untuk kesehatan dan ramah lingkunga. Seperti yang dirangkum dari kumparan.com berikut:

  • Sedotan bambu

Sedotan ini sangat bagus dan ramah lingkungan. Selain bisa meningkatkan aroma minuman, juga sedotan ini bisa terurai hingga membuat tanah menjadi gembur/ subur.

  • Sedotan kertas

Meski terbuat dari kertas, sedotan ini tetap bisa digunakan. Sedotan ini sudah jelas bahwa sangat ramah lingkungan. Sedotan ini juga kuat karena digulung hingga padat dan tahan terhadap kebocoran dan tahan saat terkena air.

  • Sedotan silikon

Sedotan silikon juga termasuk sedotan yang ramah lingkungan. Bagi para traveler yang sering bepergian disarankan untuk menggunakan sedotan silikon ini karena teksturnya yang lentur dan dapat dilipat-lipat saat bepergian. Tetapi tetap perhatikan bahan pewarna yang digunakan dalam sedotan silikon ini.

KLIK INI:  Deh, Puntung Rokok Ternyata Lebih Merusak Lingkungan Daripada Sedotan Plastik
  • Sedotan akrilik

Sedotan yang satu ini juga menjadi salah satu sedotan yang ramah lingkungan karena dapat digunakan berkali-kali. Selain tampilannya yang bagus untuk hiasan dalam minuman saat pesta juga sedotan ini tahan terhadap suhu panas maupun dingin.
Namun tetap perlu diperhatikan bahwa sedotan ini yang bahannya mudah retak dan pecah, jadi bagi yang menggunakan sedotan ini perhatikan saat penggunaannya dan juga saat membersihkan.

  • Sedotan stainless steel

Sedotan ini pastinya terbuat dari bahan stainless steel, sesuai juga dengan namanya. Sedotan ini sangat baik digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sedotan ini juga mudah dibersihkan.

Dengan berbahan stainless steel, sedotan ini sangat awet dan tahan lama. Sedotan ini juga sangat tahan terhadap suhu dingin dan panas. Dengan bentuk yang kokoh, sangat mudah dibawa kemana-mana dan cocok buat para traveler.

Itu tadi beberapa alternatif sedotan pengganti sedotan plastik. Kamu pilih sedotan yang mana?

KLIK INI:  Di Tangan Tien, Rumput Liar Menjelma Sedotan Ramah Lingkungan
Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: Kumparan.com

KLIK Pilihan!