Kenalkan, Ini 6 Tanaman yang Bisa Mengatasi Luka Berdarah

oleh -60 kali dilihat
Begini Pemanfaatan Bandotan di Beberapa Negara di Dunia
Bunga rumput bandotan/foto-Satu Harapan

Klikhijau.com – Luka berdarah tak bisa dianggap sepele, meski tidak parah. Sebab jika dibiarkan memungkinkan terjadi infeksi.

Jika terjadi infeksi, urusannya bisa lebih rumit. Karena itu, jika kulit  teriris sesuatu atau tertusuk dan mengeluarkan darah, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah melakukan pertolongan pertama.

Umumnya luka semacam ini diobati dengan obat medis. Namun, sebenarnya ada beberapa tanaman yang bisa mengatasi luka berdarah, menghentikan pendarahan bahkan menyembuhkannya.

Berikut ini beberapa jenis tanaman yang bisa mengatasi luka berdarah yang bisa diandalkan:

KLIK INI:  Murah dan Efektif, Ini Khasiat Ajaib Daun Jambu Biji
  • Ekor kucing

Satu genggam daun segar dari ekor kucing, dapat mengatasi luka berdarah. Caranya, daun ekor kucing yang sudah dipetik dicuci bersih.

Setelah itu giling hingga terasa lumat, kemudian tempelkan pada luka yang berdarah dan balut menggunakan kain perban.

Penamaan ekor kucing pada tanaman bernama latin Acalypha hispida Burm. f ini karena bunganya menyerupai ekor kucing.

Tanaman ini memiliki bentuk yang unik, khususnya pada bunganya. Karenanya kerap jadi pilihan sebagai tanaman hias untuk menyegarkan halaman rumah.

  • Pule pandak

Pule pandak merupakan tanaman bunga. Ia berasal dari famili Apocynaceae. Dalam industri obat, tanaman bernama ilmiah Rauvolfia serpentina ini telah banyak digunakan.

Tanaman yang namanya diambil dari, Leonhard Rauwolf yang merupakan seorang ahli botani berkebangsaan Inggris.

Pule pandak  tersebar di Indonesia, India, Myanmar, dan  Thailand. Bagian yang digunakan dari tanaman ini untuk mengobati luka berdarah adalah daunnya.

Namun, daun yang digunakan  adalah yang masih muda  dan segar. Caranya daun yang masih muda harus dicuci hingga bersih. Setelah itu digiling hingga halus. Kemudian ditempelkan pada luka.

KLIK INI:  4 Tanaman yang Sejak Dahulu Kayunya Diyakini Berkhasiat Obat
  • Daun jambu biji

Siapa sangka daun jambu biji tak hanya jago  mengatasi diare, tapi juga bisa diandalkan untuk mengatasi masalah luka berdarah.

Cara penggunaannya  pun cukup mudah. Cukup petik daunnya yang masih segar, bersihkan lalu giling hingga lumat.

Setelah itu, tempelkan pada luka berdarah Anda lalu balut dengan perban. Agar lebih efektif, ganti perban dan ramuannya  hingga 3 kali sehari.

  • Bandotan

Tumbuhan liar bandotan juga bisa menjadi penolong luka terbuka. Siapkan herba bandotan segar secukupnya, kemudian cuci hingga bersih dan tumbuk hingga halus. Turapkan ramuan tersebut ke bagian tubuh yang sakit, lalu balut dengan perban. Ramuan perlu diganti sebanyak 3–4 kali sehari. Pengobatan perlu dilakukan hingga sembuh.

KLIK INI:  Daun Katuk, Sahabat Baik bagi Ibu Menyusui
  • Landep

Tanaman ini cukup pepuler di Indonesia meski ia termasuk tanaman liar. Landep  berasal dari keluarga Acanthaceae. Di India, Afrika Tengah, dan Sri Lanka landep juga tumbuh dengan subur.

Landep memiliki banyak kandungan manfaat, sehingga acap dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah penyakit.

Dilansir dari Health Benefit Times, landep memiliki kandungan senyawa alkaloid, terpenoid, saponin, hingga sterol.

Beberapa dari kandungannya itu diyakini  dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah beragam penyakit.

Khusus untuk luka berdarah, cukup siapkan akarnya sekitar  15 gram dan kapur sirih ¼ sendok teh. Caranya cuci bersih akarnya, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu tambahkan kapur sirih lalu hingga merata. Langkah selanjutnya adalah tempelkan  pada bagian tubuh yang terluka.

KLIK INI:  Mengenal Bangle, Tanaman Obat Kerabat Jahe yang Kaya Manfaat
  • Tanaman tembelekan

Tembelekan atau tahi ayam merupakan tanaman perdu tegak atau semi merambat. Termasuk anggota keluarga Verbena yang berasal dari Amerika tropis.

Cabangnya banyak, berbentuk segi empat, berduri, ada yang tidak berduri, tingginya 2 meter. Memiliki bau yang khas. Daunnya tunggal, lonjong, runcing, bergerigi, berbulu di permukaan atas dan kasar saat disentuh (Nuraini, 2014).

Nama ilmiahnya adalah Lantana camara L. merupakan tanaman liar yang umumnya juga digunakan sebagai tanaman hias dan tanaman pagar.

Tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah tropis. Habitat tumbuhan ini dapat ditemukan di udara terbuka di bawah sinar matahari langsung.

Untuk mengobati luka berdarah, siapkan segenggam bunga tembelekan segar dan segenggam daun tembelekan segar.

Setelah itu, bilas sampai bersih dengan air rebusan dan tumbuk bahan-bahan tersebut sampai halus. Ramuan ini dapat digunakan secara eksternal dengan cara yang sama seperti ramuan di atas.

Nah, sahabat hijau, itulah beberapa tanaman yang bisa mengatasi luka berdarah, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Adas, Tanaman Herbal Kaya Manfaat dan Cara Budidayanya