Kenali 6 Media Tanam Anggrek juga Kelebihan dan Kekurangannya

Publish by -2.787 kali dilihat
Penulis: Alifia Sulaiman
Kenali 6 Media Tanam Anggrek juga Kelebihan dan Kekurangannya
Bunga anggrek - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Media tanam anggrek memang spesial atau tidak bisa langsung ditanam begitu saja di atas tanah. Bila kamu sedang berencana menikmati eksotika anggrek, ada baiknya memahami jenis media tanam yang tepat.

Mengapa media tanam sangat penting bagi anggrek? Karena hal ini dapat mempengaruhi perkembangan dan kualitas bunga spesial ini. Pada media tanam yang tepat akan ada bunga yang menawan.

Berikut 6 media tanam yang cocok untuk anggrek, pelajari plus minusnya sebelum memilih agar tanaman kamu tumbuh maksimal.

  • Sabut kelapa
media sabuk kelapa
Sabuk kelapa – foto/Kompasiana

Sabut kelapa sebagai media tanam anggrek paling lazim dijumpai. Banyak yang memilih ini karena ia memiliki energi simpan atau energi tampung air yang benar-benar baik. Di samping itu, sabut kelapa juga mengandung beragam macam unsur hara yang perlu untuk perkembangan anggrek. Namun perlu diingat bahwa sabut kelapa terbaik untuk anggrek sebaiknya berasal dari kelapa tua. Jangan lupa, sebelum digunakan, sarana ini sebaiknya direndam ke dalam larutan fungisida agar tidak diserang lumut atau serangga. Media tanam ini sebaiknya disimpan di area yang kering dan sejuk.

KLIK INI:  Tanaman Hias untuk Kecantikan? Berikut Penjelasannya!
  • Pecahan batu atau genteng
media tanam anggrek pecahan batu
Pecahan genteng – Foto/Bibitonline

Pecahan batu atau genteng juga cocok untuk media tanam anggrek. Media tanam ini biasanya diletakkan di bagian bawah pot (basic pot). Kelebihan media ini adalah sebagai area melekat atau menempelnya akar, memelihara kelembaban sekitar akar, dan sebagai area menampung asupan air. Juga memudahkan larutan unsur hara yang perlu untuk perkembangan tanaman hias anggrek. Kelebihan lainnya antara lain tidak gampang lapuk dan sistem drainase dan aerasinya memadai baik. Hanya saja, media tanam ini gampang ditumbuhi lumut. Jangan cemas, kalau ini terjadi, segera menggantinya dengan media tanam baru.

  • Serutan atau potongan kayu
media serbuk kayu
Serbuk kayu – Foto/Pertanianku

Kelebihan media tanam serutan dan potongan kayu adalah sistem aerasi dan drainasenya yang baik, sehingga cocok untuk anggrek. Media ini paling cocok untuk jenis anggrek terestrial (jenis bunga anggrek tanah). Hanya saja, media ini punya kekurangan yakni terbatasnya unsur hara Nitrogen. Proses pelapukan sarana ini berlangsung lambat sebab kayu banyak mengandung senyawa yang sulit terdekomposisi, layaknya selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Oleh sebab itu, rendam terlebih dahulu serutan dan potongan kayu dengan pupuk urea dan TSP dan larutan pestisida untuk hasil terbaik dan pencegahan hama.

  • Moss kadaka
media moss kadaka
Moss kadaka – Foto/Tokopedia

Kadaka adalah jenis tanaman marga paku-pakuan, bentuknya menyerupai rumput. Moss Kadaka tumbuh dan melekat pada batang pohon besar yang terkandung di hutan. Kadaka umumnya dijadikan sebagai sarana tanam bunga anggrek epifit maupun terestrial. Saat lapuk, jaringan tanaman ini mengandung unsur hara yang diperlukan bunga anggrek. Kelebihan lainnya adalah media ini dapat mengatur kelembapan, supaya tidak gampang menjadikan akar pada tanaman bunga anggrek membusuk. Media ini juga dapat awet serta dapat digunakan untuk waktu yang lama. Seperti media tanam lainnya, untuk menahan serangan penyakit, sebelum digunakan, sebaiknya direndam di dalam larutan fungisida.

KLIK INI:  Philodendron Selloum, Keistimewaan, Pertumbuhan dan Tips Merawatnya
  • Pakis
media pakis
Media tanam pakis – Foto/Shopee

Pakis sangat cocok jadi media tanam anggrek. Kelebihan jenis ini adalah tidak gampang lapuk, energi kuncir air yang baik, dan punya drainase yang baik. Rendam terlebih dahulu akar pakis dengan larutan pupuk NPK sebelum menggunakannya. Pakis yang cocok untuk anggrek adalah yang bersifat potongan-potongan yang tidak benar-benar halus. Pakis yang terlalu halus justru memicu kelembaban tinggi yang membuat akar tanaman dapat membusuk. Agar terhindar dari hama semut dan serangga, celupkan sarana pakis ke  dalam larutan fungisida dan insektisida.

  • Arang kayu
media tanam anggrek arang
Arang kayu – Foto/BotaniAnggrek

Kelebihan media tanam arang kayu adalah kemampuannya mengikat air secara baik. Kelebihan lainnya adalah tidak gampang lapuk dan tidak gampang ditumbuhi cendawan dan bakteri. Media bersifat buffer yang berarti kesalahan pemupukan (kelebihan dosis pupuk) masih mampu ditolerir. Namun, sebelum menggunakannya, ada baiknya merendam arang kayu dengan larutan pupuk NPK dan larutan fungisida untuk menghindari jamur.

Demikianlah pilihan media tanam terbaik untuk anggrek, kamu dapat memilihnya yang paling gampang dijumpai. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Kalanchoe, Kaya Manfaat dan Gampang Tumbuh Hanya dengan Menjatuhkan Daunnya ke Tanah
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!