Kejutan dan Pengetahuan Baru tentang Gen dan DNA dalam “The Biology of Belief”

Publish by -99 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Buku "The Biology of Belief karya Bruce Lipton-Foto/Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Saya membaca buku ini di akhir tahun 2019 lalu, “The Biology of Belief”. Buku yang selalu menggoda untuk dibaca ulang. Isinya mengundang gairah berpikir karena di dalamnya menjabarkan riset-riset terbaru mengenai kerja gen, DNA, dan sistem biologis manusia. Juga soal relasi antara pikiran, spiritualitas, dan tubuh.

Penulisnya bernama Bruce Harold Lipton, seorang dosen dan peneliti biologi sel. Melalui serangkaian riset, Bruce Lipton mendeskripsikan interaksi antara pikiran dan tubuh serta proses bagaimana sel-sel menerima informasi.

Bruce menemukan, betapa Gen dan DNA tidaklah mengendalikan manusia! Menurutnya, nasib seorang manusia lebih ditentukan oleh faktor lingkungan, pendidikan, dan informasi yang diperolehnya sejak kecil. Pemahaman ini tentu membalik asumsi klasik bahwa nasib seseorang ditentukan DNA warisan orang tua.

Memulai kajian dengan ba­hasan tentang keajaiban “sel cerdas”, Bruce membahas tentang cara kerja sel dalam mengendalikan pikiran dan tubuh.

Bruce menuturkan bahwa tubuh manusia adalah sebuah representasi kerja komunitas gotong royong yang terdiri dari sekitar 50 triliun sel tunggal se­perti amuba. Seperti bangsa yang mencermin­kan sifat penduduknya, kemanusiaan seseorang mencerminkan sifat dasar komunitas sel tubuhnya.

KLIK INI:  Budaya A’jonga akan Kembali Hadir di Takalar

Kata Bruce, alam sadar dan bawah sadar yang linear memiliki pengaruh kuat pada kondisi biologis seseorang. Melalui kesadaran diri, pikiran meng­gunakan otak untuk memicu pele­pasan “molekul-molekul emosi” dan melampaui sistem. Bila kesadaran difungsikan dengan tepat, tubuh yang sakit dapat sembuh. Sebaliknya, bila kesadaran difungsikan tidak tepat, tubuh yang sehat bisa sakit .

Buku ini membuat kita optimis betapa pentingnya membangun pikiran positif. Kehidupan yang lebih baik dapat dibangun dari pikiran yang baik. Manusia dapat membuat semacam pemprograman ulang pikiran untuk suatu perubahan lebih baik. Pendeknya, buku ini menawarkan kekuatan untuk menciptakan kehidupan yang sehat dan bahagia.

Jika kita mampu mentransformasi pikiran sadar dan bawah sadar kita, kita pun mampu mentransformasi hidup kita.

Testimoni pembaca

“Halaman-halamannya berisi revolusi genuine dalam pikiran dan pemahaman, yang begitu radikal hingga mampu mengubah dunia.” (Joseph Chilton Pearce, Ph.D., penulis Magical Child dan Evolution’s End)

“Dr. Lipton seorang genius. Penemuan-penemuannya memberi kita alat bantu untuk mendapatkan kembali kedaulatan atas hidup kita.” (LeVar Burton, aktor dan sutradara)

Selamat membacanya dan menemukan kejutan dan pengetahuan baru di dalamnya.

Judul: The Biology of Belief
Misteri Pikiran, Keyakinan, Sel, dan DNA
Penulis: Bruce Lipton
Halaman: 432 hlm.
Ukuran: 13,5 x 20 cm.
ISBN: 978-602-6799-43-2

KLIK INI:  Cara Bijak Hidup Ramah Lingkungan
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!