Kedua Gadis Cantik Ini Ciptakan Listrik dari Hujan

Publish by -29 kali dilihat
Penulis: Irhyl R Makkatutu
Kedua Gadis Cantik Ini Ciptakan Listrik dari Hujan
Aziza dan Jessica/foto.Kompas.com

Hujan bukan hanya tentang kenangan, keresahan, dan banjir

Klikhijau.com – Dalam hujan, segala kenangan bisa kembali subur. Hujan  juga selalu menawarkan suasana romantik, juga keresehanan.

Banyak orang menanti kedatangan hujan, pun banyak yang mengutuknya. Di antara yang menanti itu adalah dua mahasiswi dari Universitas Indonesia (UI), yakni Aziza dan Jessica.

Keduanya mampu menciptakan konsep Tall Building Generator Scheme: Nitinol Engine at Rooftop Coupled with Rainwater Pipe Turbine, yakni menyulap air hujan menjadi energi listrik dan juga air bersih.

KLIK INI:  Demi Lingkungan, Dua Sejoli Ini Enggan Naik Pesawat Saat Bepergian

Di tangan keduanya, hujan tak hanya menawarkan suasana romantik, resah, dan menumbuhkan kenangan, tapi menjadikan hujan memiliki nilai lebih, yakni listrik.

Gagasan cemerlang itu bermula dari melihat Indonesia bukan dari kacamata karut marut, tapi melihatnya dari kacamata kreatifitas.

Kedua mahasiswi Fakultas Teknik UI tersebut melihat kondisi di Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi. Sayangnya hujan itu belum dimanfaatkan dengan baik. Dibuang begitu saja.

Seperti PLTA

Bagaimana air hujan bisa menjadi listrik? Jujur saja, saya juga ingin melontarkan pertanyaan tersebut. Namun, rupanya cara kerjanya serupa dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

KLIK INI:  Amankan Ribuan Puntung Rokok di Benteng Fort Rotterdam Berbuah Manis untuk Aira

Pertama air hujan dibuatkan dua tangki. Kedua tangki itu dimanfaatkan untuk menampung air hujan.

Air hujan yang telah tertampung nantinya akan mengalir secara otomatis lewat pipa menuju generator ketika kapasitas sudah penuh.

“Cara kerjanya serupa dengan PLTA) di sungai,” ujar Aziza seperti yang ditulis Bayu Galih Permana di hai.grid.id, Kamis, 8 Agustus 2019 lalu.

Kedua gadis manis tersebut memanfaatkan proses perjalanan air dari tangki menuju generator. Tujuannya untuk mendulang energi listrik

Aziza juga menjelaskan, setelah sampai ke generator, air hujan akan dialihkan menuju sistem filtrasi sebelum akhirnya didaur ulang dan menghasilkan air bersih. Jadi selain menghasilkan listrik, juga bisa menghasilkan air bersih.

KLIK INI:  Ami, Ratu Sampah Sekolah di Pulau Dewata

“Air menjadi masalah bersama masyarakat modern, konsep ini juga menawarkan solusi atas permasalahan tersebut,” tambahnya.

Tentu saja temuan itu menjadi solusi pengelolaan energi yang efisien di kawasan perkotaan dan berdampak positif terhadap lingkungan.

Jika kamu bertanya tentang hujan kepada keduanya. Barangkali akan dijawab, hujan bukan hanya tentang kenangan, keresahan, dan banjir. Tapi, hujan adalah solusi bagi kebutuhan listrik dan air bersih.

KLIK INI:  Dari Hobby Menyelam, Kaka Slank Jadi Vegan
Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: hai.grid.id

KLIK Pilihan!