Kecut Menggelikan, Ini Khasiat Belimbing Wuluh yang Layak Anda Ketahui!

Publish by -169 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
nama latin belimbing wuluh
Belimbing wuluh - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi), tumbuhan berbuah ini dikenal memiliki khasiat manjur untuk kesehatan dan pengobatan.

Tumbuhan ini termasuk dalam genus Averhoa dari famili Oxalidaceae. Keberadaannya sangat familiar karena mudah tumbuh.

Saat masih kanak-kanak, saya kerap memakannya mentah-mentah dengan garam kasar. Wajah bekernyit menahan rasa kecut menohok seiring pecahnya rimpang buahnya dalam mulut.

Rasa kecutnya yang bombatis inilah ciri khas utamanya. Namun, bila dijadikan campuran ikan masak, rasanya bakal sangat istimewa. Belimbing wuluh memberi rasa asam yang khas yang berbeda dengan asam jawa atau rasa asam pada mangga.

Di kampung saya di Selatan Sulawesi Selatan, buah satu ini dinamai bainang. Dalam sepohon yang sudah berbuah, bainang akan menghasilkan bersusun-susun buah yang bisa mencapai ratusan. Pada saatnya menua, buahnya bisa jatuh sendiri dan hancur begitu saja.

KLIK INI:  Benarkah Lavender dan Sereh Dapat Mencegah DBD?

Buah satu ini memiliki beragam nama antara lain selimeng atau thlimeng di Aceh, balimbing asam atau asom di Batak dan malimbi di Nias. Orang Sunda menyebutnya calincing atau balimbing, sedangkan orang Bima menamainya limbi, di Flores lebih akrab dengan balimbeng. Istilah balimbing wuluh atau belimbing sayur adalah sebutan orang-orang di Jawa.

Khasiat belimbing wuluh

Meski rasanya kecut menggelikan, tanaman ini ternyata kaya khasiat. Pada buahnya terdapat kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh antara lain Vitamin A, Vitamin C, serat, Vitamin B dan lainnya. Berikut 7 khasiatnya yang perlu Anda ketahui:

  • Mengobati diabetes

Belimbing ternyata dapat mengobati diabetes. Cara mengolahnya adalah pilih 6 buah belimbing wuluh dilumatkan lalu direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, lalu minum 2 kali sehari.

  • Mengobati gusi berdarah

Untuk meredakan gusi berdarah, belimbing wuluh sangat ampuh. Caranya mudah yakni dengan mengkonsumsi 2 buah belimbing wuluh setiap hari.

KLIK INI:  Vape Ternyata Mengandung 10 Kali Lipat Karsinogen?
  • Mengobati tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat diobati dengan belimbing. Caranya adalah rebus 3 buah belimbing wuluh yang diiris-iris dengan 3 gelas air sampai tinggal setengah. Saring lalu diminum 1 kali setiap pagi hari.

  • Mengobati batuk

Bila terserang batuk, tanaman satu ini bisa jadi solusinya. Segenggam daun belimbing, segenggam bunga dan dua buahnya serta gula batu secukupnya direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, ramuan ini cukup untuk diminum 2 kali sehari.

  • Sakit gigi

Buah belimbing wuluh dimakan dicuci bersih, dikunyah dengan sedikit garam. Cara alami ini bisa diulangi beberapa kali hingga sakit gigi menghilang.

  • Mencegah kelelahan

Mengkonsumsi buah satu ini ternyata dapat menyingkirkan kepenatan atau kelelahan yang kerap menyerang. Selain itu, buah ini dapat mencegah anemia, detak jantung berdebar berlebihan dan rasa pusing.

  • Mengatasi wasir

Buah belimbing ternyata dapat dijadikan obat alami untuk mengobati wasir. Kebiasaan memakan balimbing dapat mengurangi pembengkakan pada wasir.

Itulah 7 khasiat belimbing wuluh yang layak Anda ketahui, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Daun Binahong, Obat Berbagai Penyakit dan Efek Sampingnya
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!