Keajaiban Air Putih, Tak Bikin Alergi dengan Segudang Manfaat bagi Tubuh

oleh -82 kali dilihat
Wow, Banyak Minum Air Putih Bisa Datangkan Kebahagian?
Ilustrasi minum air putih/foto-ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Adakah kehidupan tanpa air, khususnya air putih? Pertanyaan nyeleneh itu tetiba saja hinggap di pikiran saya. Dan saya menjawabnya sendiri, tak ada.

Air merupakan kebutuhan paling utama bagi semua makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Ketiadaan air adalah bencana.

Bahkan dalam Al Quran Surah An Nur ayat 45 dijelas jika semua jenis hewan (makhluk hidup) diciptakan dari air

Wallahu khalaqa kulla dabbaatin min maa-in.

Artinya: “Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan (makhluk hidup) dari air.”

KLIK INI:  Perlu Dicermati, Ini Efek Samping bila Konsumsi Kunyit Berlebihan

Sedangkan untuk manusia, banyak surah dalam Al Quran yang menerangkan jika manusia diciptakan dari air, yakni air mani, di antaranya Surah At-Thariq ayat 6-7:

Khuliqa min maa-in daafiqin. Yakhruu min baini as-shulbi wataraa-ibi.

Artinya: “Dia diciptakan dari air yang dipancarkan. Yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki dan tulang dada perempuan,”.

Karena manusia dan hewan diciptakan dari air, maka tentu mereka tak  bisa hidup tanpa ada air. Tak mengagetkan jika acap kita mendengar di mana ada air di situ ada kehidupan.

Namun, jenis air yang paling dibutuhkan, khususnya manusia untuk bertahan hidup adalah air putih. Meski saat ini, air telah memiliki banyak nama dan juga warna, tapi semuanya bermula dari air putih atau bening.

Fakta menarik dan menakjubkan dari air putih adalah tak ada satu pun hewan dan manusia yang alergi dengannya.

Air putih juga menjadi media pengobatan, khususnya bagi para sanro atau tabib. Jika kamu pernah berkunjung ke rumah orang sakit, khususnya di kampung-kampung. Kamu akan menemukan air putih di dekat si sakit.

Itu bukan air putih sembarangan, tapi air yang telah dituangi doa-doa. Pun bukan air putih yang telah dimasak, tapi yang belum bersentuhan dengan asap api.

Media pengobatan

Banyak masyakarat yang percaya, jika air yang telah dimasak telah mati, sehingga tak layak dipakai untuk mengobati. Mengobati berarti mengharapkan kesembuhan dan air yang telah mati tak akan bisa menyembuhkan.

Air putih pun memiliki nilai filosofi yang tinggi dan arti, serta manfaat segudang, khususnya pada manusia.

Dalam tubuh manusia menurut Noorhayati Maslani dan kawan-kawan (2016)  air termasuk  kandungan   paling banyak  dibandingkan dengan zat -zat  lainnya. Sekitar 55 persen hingga 78 persen tubuh manusia mengandung air.

Tubuh yang kekurangan air akan gampang terserang  penyakit. Karena itu dianjurkan agar mengonsumsi air  putih  minimal delapan gelas  atau  dua  liter setiap hari.

Air yang dikonsumsi itu akan akan terbuang  melalui  paru-paru, kulit,  usus dan  ginjal. Peran aAir  putih ini tak bisa digantikan cairan  lain  semisal kopi,  jus  buah, teh, susu, dan minuman bersoda atau beralkohol.

Ada banyak risiko yang mengancam jika kekurangan air.  Hamidin dalam Hidah, (2012) menuturkan di antara ancaman itu adalah  dehidrasi,  rusaknya sel saraf, sesak   nafas,  gagal ginjal    sembelit,  sakit  kepala,  dan stroke.

Lawrence  E.  Armstrong  dan  Harris  R. Lieberman yang merupakan  pakar  gizi  Amerika  Serikat pada penelitiannya menemukan apabila  kekurangan  air  dapat  berdampak negatif  pada  tingkat  kinerja, mood, dan kognitif.

KLIK INI:  Ini Alasan Mengapa Minum Air Dingin Tidak Baik untuk Sakit Mag

Jika demikian, apa peran dan manfaat air putih bagi tubuh? Berikut ini ulasan singkatnya:

  • Menyehatkan percernaan tubuh

Air putih berkhasiat meringankan masalah percernaan, semisal kembung dan sembelit. Tidak hanya itu, bisa pula melancarkan pencernaan tubuh.

  • Menjaga tekanan darah

Mengonsumsi air putih secara rutin,  bisa mengatasi masalah tekanan darah

  • Meningkatkan daya ingat

Kandungan kalium air putih dapat mengaktifkan elektrolit yang ada di otak sehingga mampu meningkatkan daya ingat dan konstentrasi

  • Menjaga kesehatan tulang

Karena memiliki kandungan kalsium, air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang

  • Baik bagi kulit

Glowing, adalah kondisi kulit yang banyak diimpikan orang, khususnya kaum hawa sehingga banyak yang memburu produk memperbaiki kulit, tapi sesungguhnya air putih dapat mengurangi risiko flek kulit dan menjadikan kulit lebih lembap, kenyal, dan cerah

  • Mengcegah penyakit jantung

Mengonsumsi air putih secara rutin dapat membuka jalur yang macet atau tersumbat dalam pembulu darah sehingga baik untuk kesehatan jantung

  • Mengatur lemak dalam tubuh

Air putih bisa membantu proses pemecahan lemak hingga membakar beberapa ekstra lapisan lemak dalam tubuh.

Begitulah….

KLIK INI:  Murah dan Melimpah, Ini 6 Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori!