Kaya Manfaat, Namun Daun Singkong Bisa Menjelma Racun?

oleh -2,488 kali dilihat
Kaya Manfaat, Namun Daun Singkong Bisa Menjelma Racun?
Daun singkong/Foto-Ist

Klikhijau.com – Suka dan sering mengkonsumsi sayur daun singkong? Anda perlu membaca artikel ini!

Yah, singkong (Manihot Esculenta Crantz) memang tumbuh subur di seantero tanah air. Seperti sebuah lagu, tongkat kayu jadi tanaman. Tidak sulit memang menanam tumbuhan satu ini, singkong juga tidak rewel dengan kondisi cuaca dan jenis tanah.

Selain dikonsumsi buah singkong alias ubi kayu, daunnya juga sangatlah familiar sebagai sayuran. Anda yang sering makan nasi padang tentu akrab dengan sayur singkong.

Banyak yang menyukainya, karena daunnya termasuk yang terbebas dari pengaruh pestisida. Jadi, lebih alami dan meyakinkan.

KLIK INI:  Apa yang Diperoleh Jika Rutin Konsumsi Wortel? Klik Ini!

Faktanya, daun singkong memiliki kandungan yang diperlukan tubuh. Dikutip Hellosehat, berikut 5 manfaat daunnya yang cukup menggiurkan.

1. Metabolisme tubuh

Daun singkong mengandung banyak protein da kaya akan protein nabati. Protein nabatinya banyak mengandung vitamin B yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel-sel tubuh.

Karenanya, singkong dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh manusia.

2. Memperbaiki pencernaan

Daun singkong mengandung banyak serat. Karenanya, bila mengkonsumsi daun ini tentu dapat membantu memperbaiki pencernaan kita, terutama menyehatkan usus kita.

3. Diet

Wah, bila ingin diet lebih murah dan alami, daun singkong ternyata satu alternatif. Ini kabar gembira tentunya bagi kaum perempuan yang mendambakan tubuh langsing.

Hal ini karena singkong mengandung rendah kalori, namun serat dan proteinnya sangat tinggi. Sehingga cocok untuk menu saat menjalankan program diet.

KLIK INI:  Dapatkan Kulit Wajah Lebih Kinclong dengan Daun Kemangi, Ini Caranya!
4. Sumber tenaga

Mengandung asam amino esensial, sehingga daun singkong merupakan sumber tenaga dan energi bagi manusia.

Asam amino berperan untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan saat beraktivitas.

5. Menumbuhkan sel yang rusak

Asam amino yang banyak dalam daun singkong dapat menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh. Asam amino juga dapat membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh agar berfungsi normal sebagaimana mestinya.

Ini hanya sebagian kecil dari manfaatnya, masih banyak lagi yang tentu menjanjikan. Dengan kandungan demikian, singkong pun dapat mengobati sejumlah penyakit.

Dilansir dari Health Benefits Times (dalam Jawa Pos (18 April 2019), singkong dapat mengobati sakit demam, diare, obat arthritis, obat cacing, dan obat rematik.

Perhatikan pula sisi negatifnya

Walau memiliki kandungan penuh manfaat bagi tubuh, daun singkong bukan tanpa dimensi berbahaya.

Dikutip Viva.co.id, daun singkong mengandung beberapa zat yang tidak cocok buat bagi sebagian orang yang mengalami tekanan darah tinggi, asam urat, dan penderita vertigo.

Kandungan yang dimaksud itu adalah senyawa lotaustralin dan linamarin yang berpotensi menjelma sebagai racun sianida. Karenanya, mengkonsumsi daunnya harus dengan takaran yang wajar dan jangan terlampau berlebihan.

Nah, saatnya lebih bijak saat memilih dan mengkonsumsi sesuatu. Diantaranya adalah dengan tidak berlebih-lebihan.

KLIK INI:  Kertas Pembungkus Makanan Mengandung Racun?