Kawasan Lindung Membuat Anak-Anak Lebih Makmur dan Sehat?

oleh -415 kali dilihat
Ilustrasi kawasan lindung
Ilustrasi kawasan lindung/fot-ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Keberadaan kawasan lindung diyakini dapat membantu dampak perubahan iklim yang semakin parah. Salah satunya karena mampu menyerap dan menahan air lebih lama. Kita semua tahu, air adalah memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan ini.

Karenanya Sulawesi Selatan patut bersyukur memiliki kawasan lindung Taman Nasional Bantimurung, meski ada hal miris mengenainya, misalnya banyak sampah yang berserakan di pinggir jalan, khususnya jalan poros yang menghubungkan Maros dengan Kabupaten Bone.

Bukan hanya itu, sebuah penelitian menunjukkan kawasan lindung atau taman nasional juga dapat membuat masyarakat di sekitarnya lebih makmur dan bahagia, khususnya bagi anak-anak.

KLIK INI:  Anak yang Dikelilingi Ruang Hijau Lebih Tangguh dari Gangguan Mental?

Dalam studi yang dipublikasikan pada jurnal Science Advances, para peneliti menganalisis data dari 603 area terlindungi di 34 negara berkembang. Hasilnya menunjukkan, anak-anak yang tinggal di dekat kawasan lindung dan diizinkan menggunakan tanah di sekitarnya, hidup lebih makmur dan lebih sehat dibanding mereka yang hidup jauh dari zona konservasi.

Anak-anak di dekat area terlindungi yang berkaitan dengan sektor pariwisata memiliki tingkat kemakmuran 17% lebih tinggi dan faktor kemiskinan 16% lebih rendah.

Anak-anak di bawah lima tahun yang tinggal di dekat kawasan lindung juga memiliki badan yang lebih tinggi. Hanya 13% kemungkinannya mereka akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan.

Dengan kata lain, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa zona yang melindungi kehidupan alam liar dan konservasi budaya dapat digunakan untuk mengatasi masalah kemiskinan global dan kesehatan yang buruk.

KLIK INI:  Bermain di Alam Bebas Bisa Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak, Benarkah?

Gerkey, salah seorang peneliti mengatakan, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memeriksa keadaan khusus di sekitar kawasan lindung untuk mempelajari apa metode yang cocok bagi masyarakat lokal serta keanekaragaman hayati di sana.

Pemerintah dunia sedang berencana untuk meningkatkan jumlah taman nasional untuk memenuhi target yang dibuat pada 2010 melalui UN Convention on Biological Diversity.

Di saat yang bersamaan, mereka juga memiliki Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goal) dalam mengurangi angka kemiskinan pada pertengahan 2030.

“Menambah kawasan lindung dan menanganinya dengan baik, memiliki potensi untuk mengurangi kemiskinan, memperbaiki kualitas kesehatan manusia, dan melindungi masyarakat dari dampak perubahan iklim,” pungkas Gerkey.

Keberadaan taman nasional atau kawasan lindung yang memiliki banyak manfaat sudah sepatutnyalah dijaga dan dirawat agar tidak rusak. Agar terus ada untuk memberikan kebaikan dan kemakmuran kepada masyarakat dan lingkungan.

KLIK INI:  Cara Sederhana Mengajarkan Anak Cinta Lingkungan