Karang Taruna Karang Anyar Jakpus Gelar Gerakan Pungut Sampah di HPSN 2021

oleh -27 kali dilihat
Karang Taruna Karang Anyar Jakpus Gelar Gerakan Pungut Sampah di HPSN 2021
Aksi Karang Taruna RW 05 Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat (Jakpus) di momen HPSN 2021 - Foto/Ist

Klikhijau.com – Karang Taruna RW 05 Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat (Jakpus) Menggelar Gerakan Memungut Sampah di Program Festival Lingkungan Hidup Dalam Rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang  berlangsung pada Minggu, (21/2/2021).

Gerakan Memungut Sampah ini melibatkan anak-anak, seluruh Anggota Karang Taruna dan Pengurus RW serta Bhabinkamtibnas Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Ketua Koordinator Festival Lingkungan Hidup, Aldi Febriansyah mengatakan bahwa tujuan acara ini adalah untuk menyadarkan masyarakat di sekitar kami agar terus menjaga lingkungannya untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Ya, tujuan kami sederhana saja sebetulnya hanya untuk menyadarkan masyarakat, festival lingkungan hidup ini juga ada agenda aksi dan diskusi. Salah satunya aksinya adalah gerakan memungut sampah dan diskusinya kami menggandeng wahana lingkungan hidup dan aliansi zero waste indonesia,” katanya.

Selain itu, Aldi juga mengatakan bahwa gerakan ini juga bermanfaat sekali karena sedang musim hujan dan ingin membantu pemerintah untuk selalu mengedukasi pemerintah agar tidak membuang sampah sembarangan.

KLIK INI:  Peringati HPSN 2020, Kampanye Pengendalian Plastik Diserukan di Makassar

“Karena juga musim hujan, kami ingin membantu pemerintah untuk meringankan bebannya, ya supaya akibat buang sampah jangan sampai banjir, Kami juga berupaya terus mengedukasi lewat aksi dan diskusi kepada masyarakat, makanya kami adakan juga diskusi agar masyarakat tahu akibat – akibat dan manfaat sampah, lebih ke ilmu pengetahuan, semoga dari situ masyarakat banyak dapat pengetahuan,” katanya lagi.

aksi anak-anak dan warga karang anyar
Gerakan Memungut Sampah ini melibatkan anak – anak, seluruh Anggota Karang Taruna dan Pengurus RW serta Bhabinkamtibnas Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat – Foto/Ist

Dalam Program Festival Lingkungan Hidup ini, Karang Taruna RW 05 Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat menggandeng Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta, Aliansi Zero Waste Indonesia dan Remaja Masjid Nurul Islam dalam meramaikan agenda Festival Lingkungan Hidup.

Selain aksi pungut sampah, ada pula forum diskusi virtual secara Live di Instagram @karangtaruna05.karanganyar dan juga live di akun resmi Aliansi Zero Waste Indonesia dan Walhi Jakarta.

Adapun topik diskusinya antara lain “Membangun Literasi Kesadaran Ekologis” oleh Abdul Ghofar dari Aliansi Zero Waste Indonesia.

Pengajian bersama Ustadz Rahmat Hidayat Lc dengan tema “Lingkungan Hidup Dalam Pandangan Islam” di Masjid Nurul Islam- Karang Anyar-Jakarta Pusat. Juga topik khusus mengenai “Jakarta Darurat Sampah” Live di Instagram bersama Rehwinda Naibaho dari Walhi Jakarta.

KLIK INI:  148 Batang Kayu Ulin Antarkan AR Berumah di Penjara