Kapan Waktu yang Paling Tepat Menyiram Tanaman?

oleh -85 kali dilihat
Kapan Waktu yang Paling Tepat Menyiram Tanaman
Ilustrasi menyiram tanaman - Foto/ (SHUTTERSTOCK/ANNA NAHABED)

Klikhijau.com – Tanaman tak bisa hidup tanpa air, karenanya diperlukan proses penyiraman. Namun, jangan asal siram sebab bisa berbahaya bagi pertumbuhan tanaman. Lalu, kapan waktu tepat untuk menyiram tanaman?

Artikel ini akan memandu Anda memahami pertanyaan sepele ini namun mendasar untuk dipahami. Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adalah menyiram tanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Waktu pagi terbaik tersebut kira-kira antara jam 5 hingga jam 9 pagi. Upayakan tidak lagi menyiram tanaman bila sudah jam 10 ke atas, terlebih bila sinar matahari sedang terik-teriknya.

Mengapa harus pagi hari?

Mengapa harus melakukan di waktu pagi? Ada sejumlah alasan rasional. Pertama, penyiraman di pagi hari akan memberi waktu yang cukup agar air tak menggenang pada tanaman. Kedua, suplai air di pagi hari akan menguatkan tanaman melewati waktu siang yang panjang sehingga dapat bertahan lebih kuat.

Hal yang perlu diingat juga bahwa menyiram tanaman di waktu sore atau malam dapat menyebabkan terjadinya penyakit daun pada tanaman akibat air yang menggenang.

KLIK INI:  Praktis dan Ekonomis, Ini Manfaat Limbah Cair Cucian Beras untuk Tanaman!

Selain itu, menyiram tanaman di pagi hari akan mendukung siklus pertumbuhan tanaman. Proses penyiraman di pagi hari akan menghindarkan tanaman dari dehidrasi menghadapi panas di siang hari.

Penyiraman yang dilakukan saat cuaca sudah panas juga dapat membakar tanaman. Tak heran, bila tanaman disiram di siang hari justru akan membuat tanaman mati dan layu. Air yang panas dan menempel pada tanaman bahkan dapat membakar dedaun tanaman.

Bagaimana bila lupa menyiram di pagi hari?

Lalu, bagaimana bila tidak sempat menyiram tanaman di pagi hari? Nah, pertanyaan ini juga menjadi penting, sebab terkadang karena lupa atau sibuk, kita lupa menyiram tanaman.

Ada baiknya menunda saja penyiraman hingga memasuki waktu sore hari. Atau setidaknya menunggu hingga sinar matahari mulai melemah. Waktu sore terbaik kira-kira jam 4 sore.

Ini penting agar tanaman tidak terbakar dan tanaman masih punya waktu menyerap air sebelum malam tiba. Namun, kebiasaan menunda penyiraman tanaman di pagi hari tidak boleh terulang terus. Ada baiknya mengupayakan penyiraman di waktu pagi agar pertumbuhan tanaman optimal.

KLIK INI:  Cara Simpel Menanam Selada dengan Teknik Hidroponik

Bagaimana dengan penyiraman di malam hari? Menyiram tanaman di malam hari sangat tidak disarankan.

Hal itu karena bisa berdampak buruk pada tanaman. Air bekas siraman pada malam hari akan tertinggal di daun dan batang tanaman sehingga bisa memicu pertumbuhan jamur pada daun, batang dan akar tanaman.

Lakukan penyiraman di malam hari hanya bila dalam keadaan terpaksa saja. Semisal, beberapa hari meninggalkan rumah dan menjumpai tanaman sangat membutuhkan air. Sebagai catatan, gunakan air dengan jumlah yang tak berlebihan pada penyiraman di malam hari agar tanaman tidak kelebihan air.

Jadi, kesimpulan sederhana yang bisa dipelajari dari proses penyiraman tanaman adalah siramlah tanaman sebelum mereka membutuhkannya. Perhatikan dedaun dan ekspresi tanaman, bila layu atau kendur itu tandanya mereka sangat haus dan memerlukan air.

Jangan lupa pula bahwa teknik penyiraman yang terbaik adalah menyiram pangkal tanaman dengan irigasi tetes atau selang air, cara ini dapat mengarahkan air ke akar dan membatasi penguapan.

KLIK INI:  Biopestisida dari Daun Sirsak Penghalau Hama Thrips, Begini Cara Buatnya!

Penyiraman tanaman di pagi hari sekalai lagi dapat melindungi tanaman dari panasnya siang hari, dan penyiraman sore menggantikan apa yang hilang. Pengecualian: tanaman kategori sukulen dan kaktus membutuhkan lebih sedikit penyiraman.

Bagaimana dengan tanaman dalam pot?

Bagaimana dengan tanaman di dalam pot? Khusus untuk tanaman dalam pot, bila sedang memasuki musim panas ada baiknya dilakukan penyiraman selama dua kali yakni pagi dan sore hari. Namun, jangan membiarkan ada yang tergenang berlebihan dalam pot karena ini dapat merugikan tanaman.

Hal penting lainnya adalah tanaman yang baru diletakkan di dalam pot memerlukan lebih banyak penyiraman sampai mereka terbentuk. Ini penting untuk menjaga kelembapan tanah dengan mulsa . Diperlukan pula teknik penyiraman secara perlahan dan dalam untuk mendorong akar bermigrasi ke bawah daripada berkonsentrasi di dekat bagian atas.

Jadi, kesimpulan akhirnya adalah waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah pagi hari. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Hari Air Sedunia, Menghargai Air Lebih dari Sekadar Harganya