Kacang-Kacangan, Makanan Berkalori Tinggi Penurun Berat Badan

oleh -561 kali dilihat
Kacang-Kacangan, Makanan Berkalori Tinggi Penurun Berat Badan
Kacang-Kacangan/Foto-nationalgeographic

Klikhijau.com – Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan berkalori tinggi. Meski begitu, mengonsumsi kacang-kacangan ternyata bisa membantu seseorang agar berat badan tidak naik.

Sebagai pengganti makanan tidak sehat, kacang-kacangan bisa dijadikan salah satu sumber makanan harian.

Hal ini diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan di Brigham and Women’s Hospital dan Harvard Medical School di Boston 2019. Peneliti melakukan pemantauan terhadap 126.190 orang sehat berusia 20-24 tahun.

Awal penelitian, para responden termasuk kategori orang yang memiliki berat badan yang ideal dan sehat. Di akhir penelitian, sebanyak 17 persen partisipan dilaporkan mengalami obesitas.

KLIK INI:  Inovasi Varian Rasa, Cara Pisang Epe Bertahan di Era Milenial

Dari penelitian itu ditemukan, orang yang menambah jumlah konsumsi kacang-kacangan sebanyak 14 gram sehari ternyata hanya 3 persen kemungkinannya untuk mengalami obesitas.

Sementara itu, orang yang lebih banyak mengonsumsi walnut terkait dengan pengurangan risiko obesitas sebanyak 15 persen. Konsumsi kacang mede dan kacang almond juga mengurangi risiko obesitas sebanyak 11 persen.

Penelitian juga menemukan bahwa menambahkan kacang di dalam diet harian menurunkan risiko kenaikan berat badan sebanyak 2 kilogram per 4 tahun.

Studi lain dari Scientific Sessions 2018 mengungkapkan, satu porsi kacang dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan yang tidak sehat selama beberapa tahun.

Satu porsi kacang bisa menjadi cemilan pengganti yang bermanfaat. Seiring waktu, ini dapat membantu mengatasi berat tambahan yang perlahan dikumpulkan selama bertahun-tahun.

KLIK INI:  Hipertensi Bisa Sebabkan Otak Orang Dewasa Mengecil
Manfaat lain kacang-kacangan

Dikutip dari Detikfood, konsumsi kacang-kacangan bukan hanya menurunkan berat badan, tetapi juga mampu kurangi kadar kolesterol jahat hingga 5%. Karenanya risiko terkena penyakit jantungpun turut berkurang.

Di kutip dari Doktersehat.com, berikut beberapa manfaat kacang-kacangan.

# Membantu turunkan kolesterol

Mengonsumsi sedikitnya satu porsi kacang-kacangan per hari diketahui dapat menurunkan lemak jahat (LDL-C) berbahaya.

Hal tersebut cukup untuk menurunkan risiko penyakit jantung sampai 25 persen.

# Mencegah kanker

Kacang juga mengandung senyawa resveratrol dan beberapa kandungan lainnya yang dapat mencegah kanker.

Menurut penelitian, bukan hanya kacang saja yang dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker. Ekstrak dari kacang-kacangan yang dinamakan IP6 juga bermanfaat untuk melawan kanker.

# Kaya akan antioksidan

Kerusakan terbesar yang diakibatkan oleh radikal bebas dapat kita amati dari kulit, otak, dan sistem kekebalan tubuh. Kacang-kacangan mengandung antioksidan unik yang bisa memblokir enzim yang disebut glukosidase dan lipase pankreas.

Kedua enzim tersebut dapat memicu kenaikan berat badan dan menyebabkan diabetes. Kacang aduki dan kacang hijau merupakan beberapa diantara banyak kacang yang kaya akan antioksidan.

Jadi, meskipun kacang mengandung kalori tinggi, asupannya dapat menggantikan kalori lainnya sehingga mempertahankan berat badan menjadi lebih mudah.

Agar manfaat terbaik dari kacang-kacangan bisa diperoleh, konsumsilah tanpa campuran garam atau gula.

KLIK INI:  Cara Simpel Memasak Sayur Daun Kelor, Klik Ini!