Jika ke Soppeng, Ini Wisata Alam yang Harus Dikunjungi dan Bersiaplah Jatuh Cinta

Publish by -107 kali dilihat
Penulis: Irhyl R Makkatutu
Jika ke Sopeng, Ini Wisata Alam yang Harus Dikunjungi dan Bersiaplah Jatuh Cinta
Gua Coddong/foto-Instagram.com/explore.soppeng

Klikhijau.com- Dengan luas  kurang lebih 1.359 km², kamu membutuhkan banyak waktu untuk menjelajahi Kabupaten Soppeng. Meski tidak memiliki wilayah pantai, tapi Soppeng menawarkan ekowisata yang menarik.

Memiliki luas daerah perbukitan kurang lebih 800 km² dan berada pada ketinggian rata-rata 200 m di atas permukaan laut. Kabupaten  dengan Kota Watansoppeng sebagai ibukotanya menawarkan beberapa tempat wisata yang layak dikunjungi.

Jika ingin berwisata alam ke Soppeng, kamu bisa mengunjungi lereng hijau Bulu Dua untuk merasakan sensasi airnya, sebab di tempat ini  memiliki kolam renang tepat di lereng bukit dengan pemandangan yang eksotik.

Lokasi kolam renang tersebut berada di Desa Gattareng, Kecamatan Marioriwawo.

KLIK INI:  Pesona Giethoorn, Desa Tanpa Polusi Kendaraan

Tempat lain yang tak kalah menariknya adalah air terjun Datae,  yang berada di tengah hutan dan belum banyak dijamah pengunjung. Untuk mengunjungi tempat tersebut, memang tak mudah, tapi jika telah sampai rasa lelah akan menghilang menjadi kesegaran.

Wisata alam yang lainnya adalah Desa Mattabulu, dari desa tersebut kamu bisa melihat keindahan alam Kota Soppeng dari ketinggian, kamu bisa juga berkemah menikmati waktumu di Desa Mattabulu yang memiliki pohon pinus. Sangat cocok dijadikan tempat kamping

Sebagai daerah yang berada di ketinggian, tidak heran jika Soppeng memiliki beberapa air terjun, selain air terjun Datae, Soppeng juga memiliki air terjun Minawoe.

Jalan menuju ke air terjun tersebut juga menantang. Kamu harus melewati jalan yang sulit. Tapi,  semuanya akan tunai dengan kesegaran air dan pemandangannya.

Jika kamu menyukai tantangan menjelajahi gua, maka kamu bisa mengunjungi gua Coddong, yang  akan menyuguhkan keindahan gua. Gua ini merupakan fenomena alam yang terbentuk dari batu gamping karst berjuta-juta tahun yang lalu.

Konon, dulu tempat ini merupakan tempat tinggal manusia purba. Lokasinya berada di Desa Citta, Kecamatan Liliriaja.

Dari gua Coddong, kamu bisa bergeser ke pemandian air panas Lejja, yang  tersohor ke mana-mana. Dengan suhu panas hampir 60 derajat celcius. Menjadikan tempat yang tepat untuk berendam setelah menghabiskan waktu lama di perjalanan.

Alam yang natural

Dengan pemandangan alamnya yang natural, menambah daya tarik permandian ini.  Terletak di Desa Bulu, Kecamatan Marioriwa sekitar 44 Km dari kota Watansoppeng.

KLIK INI:  Panorama Hijau Tebing dan Pantai Marumasa di Selatan Sulsel

Bukan hanya permandian air panas Lejja, Soppeng juga memiliki permandian alam Ompo merupakan salah satu obyek wisata andalan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik.

Kolam ini memiliki air yang sangat jernih, dingin dan merupakan sumber air bersih bagi masyarakat kota serta diolah menjadi air minum mineral kemasan oleh salah satu perusahaan nasional.

Terletak di Kelurahan Ompo, Kecamatan Lalabata sekitar 3 Km sebelah utara kota Watansopeng.

Permandian alam Citta juga tentu tak bisa dilewatkan jika ke Soppeng, terletak di Desa Citta, Kecamatan Citta. Tempat wisata ini berjarak sekitar 35 kilometer sebelah timur kota Watansoppeng.

Di Citta, ada pemandangan berupa beberapa air terjun yang menghiasi dinding tebing. Mengalir tenang, menimbulkan simfoni alam yang damai.

Selain dijadikan sebagai tempat permandian juga dijadikan tempat untuk menikmati aktifitas masyarakat setempat dalam mengolah tembakau secara tradisional.

Selain itu, objek wisata alam lain yang menarik yang ditemukan di Soppeng khususnya di desa Appejengnge yaitu sumber mata air asin diberi nama Ladidda.

Hal tersebut cukup menarik mengingat  Soppeng dalam peta tidak memiliki objek wisata laut, akan tetapi dalam hal ini sumber air asin yang ditemukan di desa tersebut.

Ini membuktikan  jika Soppeng selalu memiliki kekayaan alam, khususnya wisata alam yang selalu menanti dikunjungi.

KLIK INI:  Ratas Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas, Ini 6 Poin Arahan Presiden!
Editor: Irhyl R Makkatutu

KLIK Pilihan!