Jelang Musim Hujan, Begini Harapan Adnan Kepada Warga Gowa!

Publish by -19 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Jelang Musim Hujan, Begini Harapan Adnan Kepada Warga Gowa
Bupati Gowa Adnan Purichtan Ichsan/Foto-Gosulsel

Kita harus meningkatkan kesadaran kita dalam menjaga lingkungan kita sendiri

Klikhijau.com – Hujan yang tiba setelah kemarau panjang akan disambut suka cita. Lalu semakin lama, akan berubah jadi resah bahkan “caci maki”.

Meski banyak yang mengatakan, hujan tak menghalangi hanya membasahi, tapi kedatangan hujan kerap dibarengi dengan petaka, semisal banjir dan tanah longsor.

Khusus banjir, penyebabnya bisa datang dari “rasa nyaman” masyarakat membuang sampah sembarangan. Hal itu bisa membuat saluran air tersumbat lalu air meluap.

Untuk mengatasi banjir karena sampah, kiranya permintaan Bupati Gowa, Adnan Purichtan Ichsan bisa dicontek kepala daerah lain.

KLIK INI:  Manusia Dikepung Ancaman Demensia karena Polusi Udara

Adnan meminta kepada masyarakat Gowa agar tak membuang sampah di sembarang tempat. Dia juga meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kepeduliannya dalam menjaga lingkungan sekitar. Apalagi menjelang musim hujan, salah satu caranya itu tadi, tak membuang sampah sembarangan.

“Saya berharap masyarakat tidak membuang sampah sembarangan lagi utamanya di salura. Karena ini yang berpotensi menyebabkan banjir,” pintanya.

Bagi Adnan sampah yang dibuang ke dalam saluran akan menyebabkan penyumbatan dan kondisi tentunya akan menyebabkan genangan, dan saat kondisinya seperti ini kemudian intensitas hujan tinggi maka tentunya akan terjadi banjir.

“Perlu kerjasama yang tinggi, terutama masyarakat harus ambil andil yang tinggi untuk ini. Karena jika terjadi banjir semua masyarakat akan merasakan susahnya,” katanya.

Harapan lain yang diharapkan dapat diterapkan oleh masyarakat Gowa adalah agar kembali mengaktifkan program Sabtu Bersih bersama aparat desa/kelurahan hingga kecamatan. Jika itu terlaksana, tentu akan tercipta lingkungan yang bersih utamanya di setiap saluran-saluran yang ada.

KLIK INI:  Memasuki Musim Hujan, Begini Tips Menjaga Kesehatan

“Kita harus meningkatkan kesadaran kita dalam menjaga lingkungan kita sendiri, karena semuanya untuk kita juga,” ujarnya.

PUPR dan DLH mulai bergerak

Upaya dini yang dilakukan Gowa mengatasi banjir menarik dinantikan hasilnya. Apalagi Dinas Pekerjaan Umum dan Perencanaan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa sudah mulai bergerak mengeruk sedimen saluran dibeberapa drainase. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya genangan air yang dapat menyebabkan banjir.

Mundoap, yang merupakan Kepala Dinas PUPR Gowa mengatakan, pihaknya telah membuat tim khusus untuk bekerja melakukan pengerukan sedimen drainase di beberapa titik yang dianggap berpotensi terjadi genangan air saat musim hujan. Termasuk pada pengerjaan pedestrian di Kota Sungguminasa itu sebelumnya dilakukan pengerukan terlebih dahulu.

KLIK INI:  Demi Kesehatan dan Lingkungan, Terapkan Gaya Hidup Ini

“Di semua saluran drainase pedestrian yang baru kita sudah dilakukan elevasi dengan pembuangannya yang telah diatur,” katanya seperi yang ditulis Muh. Hasanuddin di Antara.

Tak hanya Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gowa juga sudah mulai melakukan penebangan dan pemangkasan ranting-ranting pohon yang dianggap rawan untuk tumbang akibat angin kencang di musim hujan.

“Setelah ada intruksi dari Bapak Bupati Gowa kami langsung melakukan penebangan dan pemangkasan ranting-ranting pohon setiap hari di sejumlah titik yang memang sudah tua dan dianggap rawan untuk tumbang,” ungkap Kadis DLH Gowa Marzuki.

Katanya, beberapa lokasi yang sudah dilakukan pemangkasan ranting-ranting pohon di beberapa ruas jalan Kabupaten Gowa

“Prose penebangan dan pemangkasan pohon kita upayakan dapat dilakukan setiap hari sementara untuk jenis pohonnya dilakukan secara bervariasi sesuai dengan besar pohonnya dan kerawanannya,” tutupnya.

Patut kita nantikan hasil dari upaya-upaya baik Pemda Gowa untuk menjaga lingkungan dan mengatasi petaka banjir di musim hujan.

KLIK INI:  Di Mana Keramaian, di Situ Ada Sampah Berserakan
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Antara

KLIK Pilihan!