Jejak Historis Tanaman Monstera yang Jarang Disentil Penggemarnya

Publish by -4.919 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Misteri di Balik Tanaman Monstera yang Menangis di Pagi Hari
Mosntera - Foto/Thesill

Klikhijau.com – Harus diakui, tanaman Monstera kini di atas angin sebagai ikon tanaman rumah dengan harga selangit karena karakteristik daunnya yang berlubang.

Begitu populisnya, penggemarnya rela mengeluarkan uang puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk merengkuhnya.

Di Indonesia, sebutan “janda bolong” alias “Janbol” bahkan lebih populer dengan Monstera. Para pegiat daur ulang plastik di negeri ini pun sedang ramai-ramai mengkreasi imitasinya dari plastik dan menonjolkan daunnya yang bolong dan banyak orang bangga memilikinya.

Itulah satu bukti betapa idamannya tanaman satu ini. Lalu, darimana sebenarnya sang Janbol berasal dan bagaimana jejak historisnya? Perihal ini mungkin menarik diketahui agar kita semakin memahami kehidupannya.

KLIK INI:  Cek Fakta, Benarkah Monstera Bisa Bikin Tajir?
Latar belakang sang Monstera

Monstera termasuk dalam keluarga araceae, yang juga termasuk lili perdamaian dan lili calla. Tanaman ini juga merupakan kerabat dari pothos dan philodendron.

Ada 22 spesies monstera yang berbeda di luar sana dengan beberapa varietas berbeda di dalam spesies tersebut, seperti varietas beraneka ragam.

Monstera deliciosa adalah varietas paling umum yang akan Anda temukan di rumah dan di pembibitan lokal dan sejauh ini merupakan jenis hias paling populer.

Ia juga menghasilkan sukun Meksiko, yang membuat tanaman ini mendapat julukan “tanaman salad buah” karena rasanya buahnya seperti salad buah! Buah ini berbau seperti persilangan antara pisang dan nanas ketika sudah matang dan bentuknya seperti jagung rebus bersisik.

Lalu, apa makna nama monstera? Istilah ini berarti “monster”  karena mengacu pada ukuran tanaman ini. Deliciosa mengacu pada buah yang dihasilkannya, dan itu berarti monstera deliciosa , atau monster lezat, salah satu nama tanaman favorit!

KLIK INI:  6 Hal Istimewa pada Janda Bolong, Poin Terakhir Mengejutkan!
Jejak historis monstera

Monstera berasal dari daerah tropis di Amerika Tengah, mulai dari bagian paling selatan Meksiko hingga Panama. Monstera juga ditemukan di daerah lain di mana ia diperkenalkan, seperti Hawaii.

Tanaman ini tumbuh subur di hutan hujan lebat di mana mereka menggunakan akar udara mereka untuk “memanjat” pohon menuju cahaya di kanopi. Daun muda akan tumbuh ke bagian paling gelap dari pangkal pohon, yang membantunya menemukan dan menempel pada batang yang kokoh.

Banyak yang penasaran mengapa daunnya berlubang? Jawaban sederhanya adalah bahwa lubang berkembang sehingga daun dapat menahan angin kencang tanpa robek, atau untuk memungkinkan lebih banyak cahaya melewati daun atas ke daun bagian bawah. Penjelasan detail mengapa daun Monstera berlubang ada di SINI!

Tanaman monstera bisa tumbuh setinggi 20 meter di alam liar dan daunnya bisa tumbuh hingga satu meter! Di dalam ruangan, bagaimanapun, sebagian besar monsteras berada di ketinggian sekitar sepuluh kaki, yang masih cukup besar untuk tanaman hias.

KLIK INI:  Adenium, Kembaran Kamboja yang Menawan dengan Dimensinya yang Klasik

Sebelum daun monstera matang, daun berbentuk hati mereka tidak memiliki lubang dan terlihat mirip dengan daun pothos atau philodendron (ini mungkin juga tempat beberapa kebingungan philodendron daun terbelah).

Itu juga salah satu alasan mengapa sulit untuk membedakan monstera varietas terpisah ketika mereka masih muda karena mereka belum mengembangkan lubang karakteristik itu. Banyak varietas mendapatkan lebih banyak lubang seiring bertambahnya usia, jadi lebih mudah untuk mengetahui usia tanaman.

Saat monstera deliciosa berumur sekitar 3 tahun, ia berbunga dan menghasilkan buah, itulah salah satu alasan mengapa tanaman ini pertama kali dibudidayakan.

Monstera di rumah Anda

Monstera deliciosa , khususnya, memiliki sejarah panjang di tanah airnya sebagai sumber makanan, obat, dan serat. Akarnya telah digunakan untuk menenun keranjang dan tali, dan juga digunakan untuk mengobati radang sendi dan penyakit lain di beberapa daerah.

KLIK INI:  Monstera Deliciosa, Tanaman Hias Mewah dengan Buah Lezat yang Misterius

Saat ini, Anda dapat menemukan tanaman monstera yang tumbuh subur di dalam dan luar ruangan di wilayah Mediterania dan juga di seluruh Asia. Faktanya, di Tiongkok, monstera adalah simbol umur panjang!

Monstera deliciosa awalnya dibudidayakan di Inggris pada akhir 1700-an untuk buahnya dan sebagai tanaman hias. Meskipun tanaman ini akan berbunga dan menghasilkan buah di rumah kaca, mereka tidak mungkin berbunga dan menghasilkan buah sebagai tanaman hias.

Monstera juga relatif mudah dirawat dan cukup sulit untuk dibunuh. Kemampuannya untuk berkembang di tempat teduh membuatnya sangat cocok untuk tinggal di dalam ruangan. Batasan pot mencegahnya tumbuh terlalu besar, meskipun mereka masih dapat dengan mudah mencapai langit-langit Anda.

Itulah jejak historis sang Monstera yang menarik diketahui, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Jeff, Iwan dan Kisah Janda Bolong yang Terjual Selangit Pekan Ini
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!