Japet Doclas, Anak Muda Asal Riau yang Serukan Diet Plastik dan Politik Ramah Lingkungan

oleh -473 kali dilihat
Japet Doclas, Anak Muda Asal Riau yang Serukan Diet Plastik dan Politik Ramah Lingkungan
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Spirit hidup hijau memang harus disulap jadi penyakit menular. Yah, agar semangat positif itu bisa menyesaki isi kepala banyak orang. Anak muda adalah komunitas yang paling tepat menyuarakannya.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak komunitas dan tokoh muda yang mengambil peran penting dalam kampanye peduli lingkungan. Umumnya mereka bergerak secara informal dan swadaya atas dasar panggilan hati.

Kepedulian itu juga lahir dari keprihatinan, betapa lingkungan kita semakin sakit. Pengalaman batin itu dirasakan seorang anak muda bernama Japet Moryo Doclas.

Japet masih belia, belum tamat SMA, tapi ia termasuk yang progresif menyuarakan isu lingkungan melalui akun media sosialnya.

KLIK INI:  Mengapa Kita Harus Memilih Caleg Peduli Lingkungan?

“Saya pribadi mulai tertarik untuk peduli lingkungan sejak SMP dan lebih intens saat SMA. Saya mulai melihat betapa lingkungan semakin kurang bersahabat. Bumi butuh partisipasi aktif, khususnya di daerah saya sendiri, dimana sampah dibuang bebas tanpa ada sanksi bagi pelaku yang membuang sampah sembarangan,” kata Japet.

Dalam benak seorang Japet, masalah sampah di Indonesia saat ini sangatlah serius. Harus ada penanganan yang tepat untuk masalah sampah.

Dalam konteks itulah, kata Japet, anak muda dapat lebih berperan aktif dan ikut berkontribusi dalam segala hal tentang perbaikan lingkungan terkhusus masalah sampah.

Ia mencontohkan suatu aksi sederhana yang bisa dilakukan yakni meminimalisir penggunaan plastik alias diet plastik.

“Kita juga bisa berkontribusi dengan aktif di organisasi cinta lingkungan, bank sampah, go green dan terlibat langsung menyadarkan masyarakat tentang sampah,” tambahnya.

Politik ramah lingkungan?

Calon mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta ini belum melihat ada caleg yang mempunyai visi lingkungan.

Menurutnya, visi mereka semua sama yaitu mengangkat tema kesejahteraan dan keadilan. Padahal, caleg seharusnya melihat berbagai aspek tak cukup hanya dari satu aspek saja.

KLIK INI:  RSJ Soeharto, Rumah Persiapan bagi Caleg Sakit Jiwa

“Saya sangat senang bila ada caleg atau politikus ramah lingkungan. Saya siap mendukungnya juga! Masalahnya adalah kita kekurangan politisi tauladan yang pro terhadap isu lingkungan,” tuturnya.

Kepada Sahabat Hijau, Japet berpesan untuk sama-sama merawat bumi. Karena anak cucu kita juga berhak melihat keindahan alam Indonesia yang Tuhan berikan.

“Jangan biarkan alam ini rusak, terus bersama kita jaga lingkungan. Karena seperti yang sudah saya katakan, kalau bukan kita Generasi muda yang peduli akan lingkungan siapa lagi? Kalau tidak dimulai dari sekarang ya kapan lagi? Kurangi sampah plastik, buanglah sampah pada tempatnya, mulai dari hal-hal kecil dan itu semua akan membawa dampak yang besar. Tak perlu hidup praktis kalo jadi apatis, jangan berlagak maju kalau jadi acuh tak acuh. Karena Indonesia butuh kita!” Katanya.

Biodata
Nama : Japet Moryo Doclas
Tempat /Tgl Lahir: Duri/ 29 Mei 2001
Kebangsaan : Indonesia
Agama : Kristen Protestan
Pekerjaan : Pelajar/ Mahasiswa
Status : belum kawin
Alamat : jl: Bakti Gg. Sentosa kel pematang pudu, Duri, Riau

KLIK INI:  Cerita dari Walhi NTT, Lomba Menulis Lingkungan Untuk Caleg yang Sepi Peserta