Jangan Panik! Ini 7 Fakta Terbaru Tentang Virus Corona yang Penting Anda Pahami

Publish by -74 kali dilihat
Penulis: Redaksi
virus corona
Seseorang memakai masker demi mencegah penularan virus corona-Foto/Detik

Klikhijau.com – Dalam sepekan terakhir, dunia benar-benar digoncang oleh teror virus corona covid-19. Virus yang ditemukan pertama kali di China pada Desember 2019 ini mulai melebar kemana-mana. Tidak terkecuali di Indonesia yang sebelumnya disinyalir kebal dari virus corona.

Pembicaraan mengenai ancaman virus corona sudah merebak di tanah air. Kecemasan pun menghantui. Jangan panik! Kita harus tetap hati-hati dengan menjaga kesehatan dan selalu mencuci tangan adalah hal sederhana yang bisa dilakukan.

Sembari berhati-hati, berikut 7 fakta dan informasi yang penting diketahui seputar teror virus corona covid-19 dalam sepekan terakhir!

Dua orang terinfeksi di Indonesia

Presiden Joko Widodo mengeluarkan pernyataan pada Senin 2 Maret 2020 bahwa dua orang Indonesia positif virus corona. Dua orang itu adalah seorang ibu (64) dan putrinya (31) yang tinggal di Depok, Jawa Barat. Keduanya terinfeksi virus corona  setelah berkontak langsung dengan warga negara Jepang yang memang sudah terinfeksi sebelumnya.

KLIK INI:  Tips Cegah Kulit Kering Selama Puasa Ramadan
34 Negara terserang corona dalam sepekan terakhir

Dalam sepekan terakhir, tercatat ada 34 negara yang terpapar virus corona. Jadi, jumlah negara yang terpapar saat ini menjadi 64 negara. Hingga Minggu 1 Maret 2020, jumlah kasus yang terkonfirmasi sebanyak 86.986 dengan 2.979 kematian dan 42.294 pasien yang sembuh.

Hoaks Paus Fransiskus

Minggu lalu ada kabar tak kredibel perihal Paul Fransiskus yang positif terkena virus corona. Banyak media besar sudah memberitakannya yang lantas meminta maaf atas kekeliruannya. Faktanya, Paus Fransiskus hanya demam biasa dan bukan virus corona.

Visa umrah ditangguhkan

Dampak virus corona berdampak pada perjalanan umrah. Ada sekitar 1.685 jemaah Indonesia yang langsung dipulangkan karena keputusan pemerintah Arab Saudi. Di kawasan Timur Tengah bahkan tercatat sudah ada 13 negara yang mendapati virus corona.

Meluas ke luar Wuhan

Di Iran, sejumlah warga terkena virus corona. Menteri dan wakil Presiden bahkan terserang virus ini. Karena corona, Iran membatalkan shalat Jumat di 23 kota di Iran. Hingga saat ini, terdapat 54 orang meninggal di Iran lantara Corona. Selain Iran, Korea Selatan, Jepang dan Italia mengalami peningkatan kasus positif corona. Sementara di China mulai mengalami penurunan.

Akibat Corona sejumlah pertemuan internasional ditunda

Ada banyak pertemuan internasional dibatalkan akibat corona. KTT ASEAN dan Amerika Serikat di Las Vegas yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo pada awal Maret juga ditunda.

Bijak memakai masker

Mendadak harga masker melambung tinggi di sejumlah kota di Indonesia lantaran semakin banyak orang mencari masker. Polisi akhirnya menggerebek sebuah pabrik masker di Cilincing Jakarta yang menggelembungkan masker yang berdampak pada mahalnya harga masker. Ini satu bentuk reaksi kepanikan yang berlebihan. Sebaiknya, kita jangan ikut-ikutan panik dengan cara berburu masker jika tidak sakit dan berisiko tertular. Faktanya, kalau kita sehat dan memakai masker, kita justru berisiko keracunan karbon dioksida.

Waspada, iya! Panik jangan!

KLIK INI:  Seorang Lelaki dan Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Editor: Ahmad Fikri
Sumber: Kompas

KLIK Pilihan!