Jangan Dibuang! Yuk Memulai Investasi dengan Menabung Cangkang Telur

oleh -56 kali dilihat
Jangan Dibuang! Yuk Memulai Investasi dengan Menabung Cangkang Telur
Cangkah telur - Foto: Ist
Nurul Fayza Rahman

Klikhijau.com – Cangkang telur merupakan salah satu penyumbang limbah sampah dapur yang paling banyak ditemui.

Ketika selesai memproduksi makanan olahan telur, seringkali kita langsung membuangnya ke tempat sampah. Padahal cangkang telur dapat dimanfaatkan untuk kesuburan tanaman, kesehatan dan bahkan juga dapat dijadikan suatu karya seni.

Tidak hanya itu, limbah cangkang telur juga dapat dimanfaatkan pada sektor peternakan, industri kertas, dan juga indusri bangunan.

Limbah ini kerap diabaikan untuk dipilah dan didaur ulang. Padahal jika dikumpulkan cangkang telur ini bisa bernilai investasi bagi para ibu rumah tangga ataupun UMKM yang menggunakan telur sebagai bahan pokok produksi.

Sahabat hijau bisa bayangkan betapa ruginya sesuatu yang bernilai akan tetapi dibuang begitu saja secara cuma-cuma. Nah untuk itu perlu untuk diketahui apa saja manfaat dan bentuk pengolahan yang tepat untuk limbah cangkang telur ini.

KLIK INI:  Mengurai 4 Indikator Perubahan Iklim yang Alami Kesuraman

Mengolah cangkang telur

Terdapat berbagai cara untuk mengolah limbah cangkang telur sesuai dengan tujuan pemanfaatannya. Jika ingin diolah untuk dikonsumsi, pertama-tama kulit telur terlebih dahulu harus direbus untuk mematikan bakteri atau kuman yang terdapat dalam cangkang.

Cara kedua ialah untuk keperluan tanaman, dalam hal ini kulit telur cukup dibilas dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah dibilas, dikeringkan atau direbus kulit telur dapat dihancurkan secara manual (ditumbuk) ataupun dihaluskan menggunakan alat mesin seperti blender atau alat lainnya.

Setelah mengetahui proses pengolahannya, yuk ketahui apa saja manfaat dari cangkang telur ini

Manfaat cangkang telur untuk tanaman

Bagi kamu yang senang menanam jenis sayur-sayuran di rumah, cangkang telur ini bisa dijadikan sebagai pengganti pupuk organik. Salah satu tumbuhan yang dapat diberikan serbuk cangkang telur adalah tanaman cabai merah.

Hal ini telah teruji dalam studi Nurjayanti et al., (2012)  yang memberikan bubuk cangkang telur sebagai pengganti kapur. Hal ini didasari pada kandungan yang terdapat pada cangkang telur dapat meningkatkan pH yang ada pada tanah aluvial.

Kalsium pada tanaman dapat membantu pertumbuhan pada biji, akar, batang, hingga pada daun tanaman. Kalsium juga dipercaya dapat mengurangi keasaman pada tanah dan sumber kalsium karbonat yang baik bagi tanah. Bukan hanya pada cabai merah, kulit telur ini bisa untuk berbagai tamanan lainnya.

KLIK INI:  Menobatkan Hutan sebagai "Sultan" yang Sesungguhnya

Bentuk pengolahannya juga sangat sederhana, cukup dikeringkan lalu dihaluskan. Setelah dihaluskan menjadi serbuk, bisa langsung ditaburkan di atas tanah tanaman. Jika tidak ingin repot, kulit telur ini juga bisa langsung dihancurkan dan ditabur tanpa perlu dihaluskan terlebih daulu.

Manfaat untuk kesehatan

Selama ini orang-orang hanya mengonsumsi isi dari telur saja dan membuang kulitnya. Ternyata kulit dari telur juga bisa dapat dikonsumsi karena memiliki beberapa manfaat bagi tubuh manusia.

Menurut Safitri (2020) kulit telur memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan di antaranya ialah membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian, mengurangi risiko terkena penyakit osteoporosis, dan menjaga kesehatan persendian.

Terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa serbuk dari cangkang telur dapat mengikat vitamin D dan magnesium untuk membantu meningkatkan kepadatan mineral pada tulang. Pada selaput kulit telur juga terdapat kandungan kolagen, kondroitin, glukosamin, dan berbagai nutrisi lainnya. Kadungan tersebut bermanfaat untuk membantu mengurangi nyeri pada sendi akibat rematik.

Tidak hanya itu, ternyata cangkang telur juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pasta gigi yang ramah lingkungan loh.

Dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Syam (2016) cangkang telur memiliki kandungan kalsium karbonat yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui, kalsium karbonat sangat berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi, oleh karena itu menggunakan cangkang telur sebagai salah satu komposisi pada pasta gigi adalah pilihan yang tepat. Kalian bisa menyumbang limbah ini ke produsen pasta gigi untuk membuat inovasi baru yang ramah lingkungan.

KLIK INI:  Cara Membuat Kompos dari Sampah Dapur dengan Komposter Pot, Gampang Toh!

Kreasi untuk karya seni

Mungkin bagi banyak orang, pengolahan sampah menjadi suatu karya seni dianggap sebagai sesuatu yang tidak memungkinkan dan bahkan tidak terpikirkan. Limbah cangkang telur memiliki nilai jual yang sangat tinggi jika dikreasikan dalam berbagai karya seni.

Bentuk karya seni tersebut dapat berbagai macam, mulai dari boneka telur, lukisan mosaik, miniatur hewan, bola lampu, dan masih banyak lagi kerajinan tangan yang dapat dibuat dari cangkang telur.

Tentunya sebelum digunakan cangkang telur perlu untuk dibilas agar menghilangkan bau amis pada telur. Pada pembuatan boneka telur dapat dikreasikan dengan memadukan limbah kain sebagai penghias boneka dari cangkang telur.

Pada lukisan mosaik yang perlu disiapkan ialah media berupa kanvas atau sejenisnya lalu kemudian membuat sketsa. Sketsa tersebut nantinya akan ditempeli dengan kepingan kulit telur dan dapat dipermak dengan memberikan sedikit sentuhan warna dari cat.

KLIK INI:  Menyegarkan Hari dengan Quotes tentang Daun yang Penuh Makna

Manfaat pada Sektor Peternakan

Dari ternak kembali menjadi pakan ternak. Selain untuk manusia, limbah kulit telur juga bermanfaat untuk keberlangsungan hidup hewan. Pada telur terdapat kandungan mineral yang berperan untuk meningkatkan proses kinerja organ dalam pada hewan.

Kandungan kalsium juga terbukti bermanfaat untuk pertumbuhan tulang pada hewan. Beberapa kandungan lainnya ialah natrium, klor, magnesium, dan zat besi yang berperan untuk pertumbuhan ternak.

Penggunaan serbuk cangkang telur untuk hewan juga dapat memberikan kemudahan bagi para peternak karena saat ini harga pakan ternak terbilang tidak murah, untuk itu dengan mendaur ulang limbah cangkang telur bisa lebih menghemat biaya.

 *Sumber:

Syafitri. (2022). Dibuang sayang, ini manfaat kulit telur bagi tubuh manusia.  dikutip dari https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kulit-telur-untuk-kesehatan/

Syam, W. M. (2016). Optimalisasi kalsium karbonat dari cangkang telur untuk produksi pasta komposit (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

KLIK INI:  Kemasan Makanan Antimikroba, Sebuah Solusi Merawat Bumi