Jambu Kristal, Jambu Biji Tak Berbiji yang Sangat Baik untuk Kesehatan

Publish by -10 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Jambu Kristal, Jambu Biji Tak Berbiji yang Sangat Baik untuk Kesehatan
Jambu kristal/Foto-pixabay

Klikhijau.com – Jambu kristal adalah salah satu kultivar jambu biji. Beberapa macam/kultivar jambu biji yang lain adalah jambu tanjung barat, jambu biji getas merah, jambu australia, jambu sukun, dan jambu bangkok.

Nah, jambu kristal ini yang paling banyak digemari di Indonesia. Sepintas, jambu ini hampir tidak berbiji. Jumlah bijinya kurang dari 3% dari bagian buahnya.

Secara umum, bentuknya sama seperti jambu biji lainnya. Hanya saja, cara memakannya jauh lebih praktis daripada yang lainnya.

Buah dengan nama ilmiah psidium guajava ini umumnya ditemukan di Malaysia dan wilayah Pasifik Selatan. Jambu yang merupakan turunan dari jambu biji varietas putih yang biasanya memiliki tekstur lebih keras.

KLIK INI:  Memasuki Musim Hujan, Begini Tips Menjaga Kesehatan

Di dalamnya mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin B kompleks, kalium dan serat makanan yang sangat baik untuk tubuh.

Bahkan telah digunakan dalam sejumlah pengobatan tradisional di Afrika, Asia hingga Karibia. Berikut sejumlah manfaat kesehatan jika mengonsumsi jambu kristal.

# Baik untuk kesehatan mata

Jambu kristal yang mengandung vitamin A tinggi dapat menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan mata dengan sangat baik.

Bahkan buah ini bisa membantu mengobati sejumlah masalah mata seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris dan rabun ayam.

# Baik untuk kesehatan kulit

Jambu kristal juga mengandung banyak vitamin E. Kandungan vitamin E tinggi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin E membantu mencegah kulit kering, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah, menutrisi kulit dan menjaga kelembapan kulit.

# Menjaga kesehatan jantung

Konsumsi jambu kristal dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini didapat dari kandungan kalium dan serat larut yang tinggi di dalamnya.

# Sumber zat antioksidan

Buah jambu kristal juga sangat bermanfaat sebagai sumber zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Banyaknya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya juga sangat bermanfaat sebagai antibakteri, anti-infeksi dan anti-peradangan.

Sifat antimikroba di dalamnya juga dapat membantu melawan virus penyebab flu. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

# Obat sariawan

Kandungan vitamin C tinggi pada jambu kristal juga sangat efektif untuk mencegah serta mengobati sariawan secara alami.

KLIK INI:  Selain Bikin Sehat, Ini Manfaat Lain Permainan Tradisional Bagi Anak
# Mengatasi diare

Jambu kristal kaya akan astringents yang dapat membalut perut saat diare. Zat ini bersifat alkali di alam dan memiliki desinfektan dan anti bakteri.

Hal ini akan membantu penyembuhan diare yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir berlebih di dalam usus.

Selain itu, vitamin C, karotenoid, dan kalium memperkuat sistem pencernaan.

# Mengatasi sembelit

Jambu biji merupakan salah satu sumber serat makanan. Bijinya, jika tertelan berfungsi sebagai obat pencahar yang baik dan bisa membuat pencernaan menjadi lancar.

Jambu ini juga bisa menahan air dan membersihkan usus dan sistem ekskretoris secara menyeluruh.

# Turunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi

Buah ini juga bisa membantu mengurangi kolesterol dalam darah sehingga mempertahankan tingkan kecairan darah dan mengurangi tekanan darah.

Jambu kristal sangat kaya akan serat dan hypoglycemic dari alam untuk membantu menurunkan tekanan darah.

***

Begitulah berbagai manfaat dari jambu kristal. Rasanya yang lezat dan kandungan nutrisi di dalamnya sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Hanya saja, meski baik untuk kesehatan, tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Tanyakan pada dokter sebelum konsumsi jambu ini jika memiliki kondisi kesehatan tertentu.

KLIK INI:  Selain Obat Tetes, Ini Cara Alami Mengobati Iritasi Mata
Editor: Ian Konjo

KLIK Pilihan!