Jaga Sumber Air, Laskar Hijau Datangkan Pohon Langsung dari Kenya

Publish by -99 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Jaga Sumber Air, Laskar Hijau Datangkan Pohon dari Kenya
Komunitas Laskar Hijau melakukan penanaman pohon/Foto-komunita

Mereka sangat berharap pohon baobab bisa tumbuh subur di Gunung Lemongan

Klikhijau.com – Untuk menjaga sumber air di sekitar Gunung Lemongan. Komunitas Laskar Hijau melakukan konservasi lingkungan di Gunung Lemongan, Kabupaten Lumajang.

Gunung Lemongan (1.651 Mdpl) merupakan gunung berapi tipe maar yang kakinya berada di Kabupaten Lumajang, dan Probolinggo. Lemongan termasuk salah satu gunung api aktif di Jawa Timur.

Gunung ini dikelilingi oleh sejumlah danau, yang oleh warga Lumajang disebut memakai istilah ranu. Ranu ini menampung air, dari sejumlah mata air.

Konservasi lingkungan yang lakukan komunitas ini adalah penanam pohon. Namun, pohon yang ditanam tidak sembarangan pun datangnya bukan dari tanah air.

KLIK INI:  Komunitas “Youtanam”, Rumah Regenerasi Petani di Ma’rang Pangkep

Pohon tersebut didatangkan langsung dari Kenya, yakni pohon baobab (adansonia). Pohon tersebut disinyalir sebagai pohon terbesar di dunia yang berasal dari Madagaska, Afrika.

Di negara ini dikenal dengan nama , dan Di negara +62 ini, namanya Ki Tambleg atau Asem Buto, dan hanya terdapat di Kebun Raya Bogor, PG Rajawali 2 Subang dan di Universitas Indonesia, Depok.

“Pohon ini sengaja dipilih oleh Laskar Hijau sebagai salah satu upaya untuk menghidupkan kembali mata air di wilayah utara Lumajang yang setiap tahun mengalami bencana kekeringan,” ungkap Ketua Laskar Hijau, A’ak Abdullah Al-Kudus, Minggu, 1 Maret 2020.

Bibit pohon tersebut dibawa langsung oleh A’ak ketika berkunjung ke Kenya. Pohon ini bisa memiliki ketinggian hingga 25 meter.

Kembangkan seratusan pohon

Tidak hanya itu, pohon ini juga bisa menyimpan air hingga di atas 120 liter perbatangnya, dan konon usianya bisa mencapai 700 tahun.

Untuk mengembangkan bibit pohon ini, di Laskar Hijau, ada tim khusus yang menangani. Namanya Tim Pembibitan Laskar Hijau yang didikomandoi oleh Ahmad Doyum.

KLIK INI:  Menelisik Potensi Kerjasama Infrastruktur dan Energi Indonesia-Yordania

Untuk saat ini Tim Pembibitan Laskar Hijau  telah mengembangkan seratusan lebih pohon ini.  Nantinya kana  di tanam di Gunung Lemongan dan di beberapa lokasi konservasi Laskar Hijau di Banyuwangi, Probolinggo dan Sumenep.

Ada harapan tinggi yang dilangitkan oleh pihak Laskar Hijau, mereka sangat berharap pohon ini bisa tumbuh subur di Gunung Lemongan demi menjaga sumber air.

Sebab jika tumbuh subur, artinya konservasi yang mereka lakukan selama ini mampu menjadi daya dukung ekologis yang mumpuni bagi kehidupan masyarakat di Lumajang dan sekitarnya.

KLIK INI:  4 Hal Ini Penting Diketahui di Balik Terbentuknya Jaringan Literasi Perimba
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Komunita

KLIK Pilihan!