Jaga Burung, Ini Alasan Romantisnya!

Publish by -26 kali dilihat
Penulis: Haam Achmada
Jaga Burung, Ini Alasan Romantisnya!
Burung Rangkong, Julang Sumba/foto-floresexotictours

Apabila salah satu pasangan mereka mati, Julang tidak akan mencari pasangan baru

Klikhijau.com – Barangkali rindu selalu manjur memugar ingatan Anda tentang sesuatu; kenangan, tawa, jalan-jalan dengan seseorang yang spesial, dan tentunya tentang kekaguman pada “burung” (tentunya burung apa saja, pokoknya semua burung yang terbang)

Nah, burung yang satu ini unik! Memiliki rasa tanggung jawab dan setia menjaga kekasihnya yang mengerami telur di dalam lubang pohon.

Burung ini menurut para pakar diketahui sebagai burung yang monogami loh, artinya hanya memiliki satu pasangan selama hidup.

Spesies burung ini dikenal dengan nama Julang Sumba atau Sumba Hornbill (Rhyticeros everetti).

KLIK INI:  Balai Gakkum KLHK Wilayah Maluku Papua, Sita 85 Ekor Satwa Dilindungi

Mengutip Rangkong, Julang endemik ini berada dalam daftar merah IUCN yakni terancam (VU) dan terdaftar di Appendix II CITES. Perlindungan Julang Sumba telah diatur dalam PermenLHK RI No. P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018.

IUCN merupakan Uni Internasional untuk Konservasi Alam adalah sebuah organisasi internasional yang didedikasikan untuk konservasi sumber daya alam. Dari catatan daftar “terancam” itu artinya burung kesayanganmu ini eksistensinya terbahayakan, bisa punah.

Burung Juga Tahu Tanggung Jawab

Berdasarkan informasi Rangkong di atas, Julang Sumba dapat ditemukan di Kepulauan Nusa Tenggara, tepatnya di Pulau Sumba. Sejatinya, ia biasa menghuni hutan sepanjang tahun (hutan primer), hutan monsun dan hutan galeri, hutan yang berada di sepanjang aliran sungai.

Nah, burung manis super imut ini (gak percaya lihat aja gambarnya) “sangat bertanggung jawab” pada pasangannya.

“Whaooo, burung pun tahu tanggung jawab, masa kamu tidak?”

KLIK INI:  Mysticellus, Katak Misterius yang Ditemukan di Kubangan Jalan

Momen tanggungjawab itu terlihat ketika Julang betina mengerami telur di sarang pada lubang pohon. Mengutip Jelajahkompas  “saat mengerami telur, Julang betina berjaga di sarang yang berada di dalam batang pohon yang dilubangi.”

“Ia tidak pernah keluar meninggalkan sarang dan telurnya sampai benar-benar menetas. Adalah tugas Julang jantan yang memberi makan kepada si betina.” Nah, bukan hanya tahu tanggung jawab, tapi super perhatian loh Julang jantan pada Julang betinanya.

Burung Juga Tahu Setia

Hayoo, burung apa yang buat setia? Bisa dijawab burung Garuda. Tapi, burung Julang Sumba juga tak kalah setia loh.

Masih menurut  Jelajahkompas   “Burung jenis ini dikenal punya sifat monogami, yaitu hanya berpasangan sekali seumur hidupnya.”

KLIK INI:  Perihal Pohon Sawo dan Hal Lain yang Menarik Tentangnya

“Apabila salah satu pasangan mereka mati, Julang tidak akan mencari pasangan baru”

Sudah super tanggung jawab, perhatian dengan membawakan makanan untuk betina yang mengerami telur, juga sangat setia hingga akhir hayat.

Jadi, renungkan; apa nasib Julang betina di dalam sarang yang tertutup jika sang Julang jantang ditangkap atau ditembak? Menangkap atau menembaknya hanya menjadikan Anda penjahat. Menjahati dua makhluk yang saling setia dan saling cinta.

Selain itu, pemburu hanya merusak keindahan fauna, juga merusak romansa cinta tersembunyi yang setiap saat terefleksi dari alam.

Julang Sumba adalah burungmu dan burungku, burung kita semua. Biarkan dia menjulang di dahan pohon yang tinggi.

KLIK INI:  Sehari Sebelum Hari Bumi, Sang Penguasa Langit Jawa Terlahir ke Bumi
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Berbagai sumber

KLIK Pilihan!