Tanpa Obat, Ini Cara Aneh Atasi Insomnia

Publish by -85 kali dilihat
Tanpa Obat, Ini Cara Aneh Atasi Insomnia
Ilustrasi/foto-detik.com

[hijau]Pikirannya berkelana jauh dalam malam, matanya enggan terpejam[/hijau]

Klikhijau.com – Pernahkah kamu mengalami sulit itu atau insomnia?. Insomnia adalah gangguan tidur yang dapat membuat penderitanya sulit untuk tertidur atau tak cukup tidur.

Hal ini menyebabkan kamu terbangun terlalu dini dan tak dapat kembali tidur. Atau mungkin masih merasa lelah ketika bangun. Insomnia tak hanya dapat merusak energi dan suasana hati, tetapi juga kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup kamu.

Hal ini bisa menyebabkan kondisi penderita tidak fit untuk melakukan aktivitas kesokan harinya. Penyebab insomnia yang paling umum adalah kecemasan, stres, dan kebiasaan tidur yang buruk.

KLIK INI:  3 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Demi Kecantikan, Cocok Dirutinkan Para Caleg Perempuan

“Insomnia kronis memengaruhi sekitar 6-7 persen pria berusia 20-40 tahun,” kata Hrayr Attarian, Direktur Medis Sleep Gorders Center, AS.

Bagaimana cara mengatasi insomnia tanpa obat, berikut caranya seperti yang ditulis Christina Andhika Setyanti di cnnindonesia.com 2017 lalu:

  • Putar bola mata

Sammy Margo penulis buku The Good Sleep Guide mengungkapkan bahwa menutup mata dan memutar bola mata tiga kali sehari bisa membuat Anda mengantuk.

“Ini akan merangsang hormon tidur, melatonin sehingga Anda cepat mengantuk.”

  • Tekuk jari kaki

Berbaringlah dengan posisi terlentang dan kaki menghadap ke atas. Kemudian dengan perlahan tekuk jari kaki Anda dan tahan selama beberapa detik kemudian lepaskan kembali. Ulangi beberapa kali sampai Anda merasa tenang dan santai.

  • Bernapas lewat lubang hidung kiri

Jangan dulu merasa aneh. Cara ini sebenarnya termasuk bagian dari yoga yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan membuat Anda lebih tenang.

KLIK INI:  Benarkah Anda Butuh Waktu Tidur 8 Jam? Klik Ini!

Tidurlah ke arah sebelah kiri, letakkan jari di lubang hidung kanan dan tekan agar tertutup. Mulailah perlahan dan bernapaslah lewat lubang hidung kiri,” kata terapis holistik khusus tidur Peter Smith.

  • Coba untuk tetap bangun

Anda mungkin bingung dengan cara ini, tapi cara ini diklaim bisa membantu Anda untuk tertidur. Cara ini memang merupakan sebuah kebalikan dari keinginan tidur.

Logikanya, cobalah ingat saat Anda berjuang keras untuk tetap bangun, maka Anda justru akan merasa sangat mengantuk.

“Jagalah mata agar tetap terbuka lebar, dan ulangi kata-kata untuk diri,”Saya tidak akan tidur.” Otak tidak akan memproduksi keinginan negatif, jadi perintah ini akan diterjemahkan sebagai perintah untuk tidur. Sehingga otot mata akan terasa lelah dan cepat menutup,” kata Julie Hirst, psikoterapis.

  • Hitung mundur

Cara ini merupakan cara lama untuk tidur. Namun banyak yang tak berhasil tidur dengan cara ini. Jika tak berhasil, Anda bisa melakukan cara ini namun menghitungnya secara terbalik dimulai dari angka terbesar sampai terkecil.

KLIK INI:  Benarkah Tidur dengan Lampu Menyala di Malam Hari Bisa Bikin Gemuk?
  • Cuci muka dengan air dingin

Cuci muka dengan air dingin selama ini dianggap justru membuat Anda merasa segar dan terjaga. Namun sebenarnya ini adalah cara ampuh untuk mengembalikan sistem tubuh secara sains.

“Mencuci muka dengan air dingin aman membangkitkan fenomena yang disebut mammalian dive reflex, yang akan menurunkan detak jantung serta tekanan darah,” kata Schwartz.

  • Bermain tebak kata

Lakukan kuis untuk menebak kota di dunia yang diawali dengan A dan diakhiri M. Otak akan berpikir keras dan membuat Anda merasa lelah sampai mengantuk.

  • Sembunyikan jam

Saat tak bisa tidur, Anda pasti merasa cemas khususnya akan jam. Anda merasa cemas karena malam sudah semakin larut namun Anda belum juga bisa tertidur. Masalahnya, hal ini justru akan membuat Anda jadi semakin tak bisa tidur.

KLIK INI:  Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari, Cobalah Tips Sederhana Ini!

“Mengecek jam secara teratur justru akan meningkatkan stres dan membuat Anda maiin susah tidur,” ucap Sara Schwartz.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menyembunyikan jam yang membuat Anda jadi stres.

  • Membaca buku

Beberapa kali terbangun dari tidur malam dan sulit tidur kembali adalah hal yang sering dialami penderita insomnia. Daripada hanya berbaring di kasur dengan mata yang tak mampu terpejam, cobalah untuk membaca buku.

Cobalah…!!!

KLIK INI:  Hasil Riset: Susah Tidur jika Minum Kopi Malam Hari Hanya Mitos
Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: Cnnindonesia.com

KLIK Pilihan!