Intip Kegiatan Pemuda Pancasila Ruteng NTT Menuju Cancar Kota Ganteng

oleh -401 kali dilihat
Intip Kegiatan Pemuda Pancasila Ruteng Menuju Cancar Kota Ganteng
Aksi Organisasi Masyarakat (OrMas) Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Ruteng NTT - Foto/Ist

Klikhijau.com – Sampah menjadi persoalan klasik di tengah masyarakat. Kesadaran masyarakat terus diasah dan dijaga, agar membuang sampah pada tempatnya. Fasilitas seperti tong sampah, harus dimiliki oleh setiap keluarga atau komunitas untuk mendukung program pemerintah.

Sebagai bentuk tanggung jawab atas kebersihan lingkungan, Organisasi Masyarakat (OrMas) Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Ruteng, menempatkan tempat sampah di 20 titik. Penempatan tong sampah tersebut berada di wilayah Kelurahan Wae Belang, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (19/2).

Kepada Klikhijau.com, Asterius Haru Maru, ST, Ketua PP Kecamatan Ruteng, menjelaskan, kegiatan pembagian tempat sampah tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penting menjaga lingkungan yang bersih dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

“Sampah menjadi masalah bersama. Karena itu perlu gerakan bersama untuk mengatasi persoalan sampah. Setiap orang harus bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan,” kata pria yang akrab disapa Hery Maru itu.

Dikatakanya, PP menyadari, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Koraborasi pemerintah, ormas dan tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat penting, agar masalah sampah bisa dibenahi secara bertahap.

KLIK INI:  Ketika PS Dianggap Solusi Mengentaskan Kemiskinan di Pedesaan

“Kegiatan membagi tempat sampah dan membersihkan lingkungan di Kecamatan Ruteng, dalam rangka mendukung program pemerintah kabupaten Manggarai yaitu program SABTU BERSIH,” tegasnya.

Dijelaskannya, adapaun pembagian tempat sampah yang menyebar di 20 titik yaitu, pasar Cancar, 6 tempat sampah, 4 di pertokoan depan pasar, simpang empat Cancar, 4 tempat sampah, 1 di pertigaan Weol, gereja Santa Maria Fatima 1 tempat sampah, 1 di Puskesmas Cancar, 1 di Rumah Sakit Santo Rafael Cancar serta Bank BRI dan Bank NTT masing-masing satu tempat sampah.

Hery berharap, kegiatan membersihkan sampah menjadi gerakan bersama. “Menjaga kebersihan menjadi tanggung jawaba bersama yang harus dipupuk untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman,” ungkapnya.

Gerakan bersama PP dan masyarakat

Ketua PP Kabupaten Manggarai, Heriberto Apriliano Iruk, SH, mengapresiasi kegiatan PP Kecamatan Ruteng. “Kegiatan PP Kecamatan Ruteng patut diapresiasi dan terus ditingkatkan untuk menjadikan Cancar sebagai Ibukota Kecamatan Ruteng menjadi Kota Ganteng,” ujarnya.

Ia menambahkan, kebersihan lingkungan harus menjadi tanggung jawaban bersama. PP harus menjadi garda terdepan untuk menjaga kebersihan.

“Kerjsama multi pihak sangat penting dalam rangka mengatasi persoalan sampah di Manggarai,” ungkapnya.

KLIK INI:  Menteri LHK ke Norwegia untuk Menyuarakan Isu Lingkungan dan Perubahan Iklim

Apri menegaskan, program kebersihan dan pembagian tempat sampah akan menjadi program PP disetiap kecamatan.

“PP disetiap kecamataan harus menjadi pelopor kebersihan dan mampu membagkitkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Apri, program pengolahan sampah akan menjadi pembahasan penting bagi pengurus PP. “Untuk saat ini kita fokus meningkatkan kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan,” imbuhnya.

Menjaga kebersihan menjadi kesadaran dan gerakan bersama

Terpisah, pembina PP Kabupaten Manggarai, Simprosa Riana Sari Gandut, kepada Klikhijau.com memberikan apreasiasi kepada PP, pemerintah kecamatan Ruteng, tokoh agama dan tokoh masyarakt TNI dan Polri yang sama-sama bekerja untuk memperindah lingkungan Cancar.

KLIK INI:  7 Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin, Bersih dan Awet

“Menjaga kebersihan lingkungan harus menjadi kesadaran bersama, gerakan bersama dan demi tujuan bersama yaitu lingkungan yang bersih, hidup sehat dan nyaman,” imbuhnya.

Politisi partai Golkar yang akrab disapa Osy mengaku prihatin melihat kondisi seputaran pasar Cancar, pertokoan Cancar dan perempatan Cancar.
“Saya sangat prihatin melihat kondisi beberapa titik. Sampah berserakan dimana-mana. Penempatan tong sampah sangat tepat di lokasi tersebut,” ujarya.
Ia melanjutkan, kegiatan PP menjawab persoalan di tengah masyarakat. Kegiatan ini, kata Osy, mendukung program Kecamatan Ruteng untuk memperindah Ibukota Kecamatan Ruteng yaitu Cancar sehingga mendapat julukan “Cancar Kota Ganteng”.

“Kegiatan ini Kami pandang perlu untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan serta membiasakan hidup bersih dan sehat,” tutup wakil ketua DPRD Manggarai tersebut.

Kegiatan pembagian tempat sampah dan membersihkan lingkungan di Kecamatan Ruteng, melibatkan pemerintah Kecamatan, Kelurahan, Babinkantibmas dan Babinsa, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dari pembina PP Simprosa Riana Sari Gandut serta Wakil Sekjen PP Indonesia Timur, Ardy Agal, SH.

KLIK INI:  Lebaran Kali Ini Lebih ‘Hijau’, Bisakah?