Ini Tips Mencegah Kantuk Usai Makan Siang Selain Kopi

oleh -91 kali dilihat
Ini Tips Mencegah Kantuk Usai Makan Siang Selain Kopi
Mengantuk usai jam makan siang/Foto-detik

Klikhijau.com – Apakah Anda seorang pegawai kantoran? Anda pasti sering merasakan kantuk di siang hari, apalagi usai makan siang. Pada jam itu, energi tubuh biasanya menurun.

Bagi sebagian orang yang kerja kantoran, bekerja selepas jam makan siang ini menjadi tantangan tersendiri. Bahkan setelah makan siang, kadang Anda berada pada kondisi yang sangat mengantuk. Kondisi ini jelas akan memengaruhi produktivitas Anda dalam bekerja.

Tetapi tak usah khawatir. Ada banyak jalan menuju Roma, begitu kata pepatah. Jalan agar tidak mengantuk selepas jam makan siang pun juga banyak.

Inilah beberapa tips yang cukup efektif Anda lakukan agar bisa tetap fokus dan produktif bekerja di siang hari.

KLIK INI:  Sering Insomnia, Minum Teh Ini Bisa Membantu Mengatasinya
# Banyak minum air putih

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan kelelahan, mood jelek dan sulit berkonsentrasi. Minum air putih yang cukup juga bisa membantu tubuh tetap bugar seharian.

Jadi, pastikan tubuh Anda cukup minum air sepanjang hari.

# Lakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik bisa memperlancar aliran darah dan menyalurkan oksigen serta nutrisi ke jaringan otot. Hal ini bisa membantu meningkatkan energi tubuh secara alami.

Direktur Division of Epilepsy and Sleep di Columbia University Carl Bazil, MD, PhD, menyarankan untuk berolahraga ringan sebelum kantuk menyerang di tengah hari.

Lakukan peregangan otot, naik turun tangga, atau sekadar jalan kaki sejenak. Menggerakkan tubuh adalah salah satu cara paling mudah mencegah kantuk selepas jam makan siang.

# Hirup udara segar

Berada di alam atau tempat terbuka dengan udara segar bisa membuat otak berpikir lebih jernih. Ini bisa membuat Anda tidak mudah merasa letih.

Jadi, saat harus kembali bekerja, Anda tidak gampang mengantuk.

Penelitian dari Rotman Research Institute di Toronto menunjukkan, berada di lingkungan dengan suasana seperti di taman membantu partisipan mengerjakan ujian daya ingat dan atensi dengan lebih baik.

KLIK INI:  Makan Nanas, Ini Efek Sampingnya dan Cara Konsumsi yang Tepat
# Hindari makanan manis

Gula memang bisa memberikan energi instan dalam tubuh. Tetapi efeknya tidak bertahan lama lalu kemudian membuat Anda merasa lelah.

Jadi jangan makan makanan manis terlalu banyak saat makan siang.

# Kunyah permen karet

Murid yang mengunyah permen karet sebelum ujian bisa berkonsentrasi lebih baik saat mengikuti ujian. Khususnya pada ujian yang menguji memori dan daya ingat.

Temuan ini adalah hasil penelitian yang dilakukan di St. Lawrence University. Tapi sebaiknya jangan terlalu lama mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet lebih dari 20 menit justru bisa menurukan stimulasi mental.

***

Begitulah tips yang bisa Anda lakukan selepas jam makan siang agar kantuk tidak menyerang. Selain minum kopi, cara-cara yang sudah disebutkan tadi cukup efektif mencegah kantuk.

Selamat mencoba!

KLIK INI:  Dehidrasi Saat Bangun Pagi, Ini Minuman Sehat yang Baik Dikonsumsi