Ini Jenis-Jenis dan Manfaat Asuransi Kendaraan Bermotor!

oleh -29 kali dilihat
Ini Jenis-Jenis dan Manfaat Asuransi Kendaraan Bermotor!
Ilustrasi - Foto: Ist

Klikhijau.com – Jika Anda memiliki kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor maupun mobil sangat disarankan untuk mendaftarkan kendaraan Anda ke perusahaan asuransi sebagai usaha perlindungan sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada kendaraan kesayangan.

Sesuai dengan namanya, asuransi ini berfungsi untuk memberikan perlindungan dan jaminan berupa kerusakan dan atau kerugian yang terjadi pada kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil, truk, bis, hingga kapal feri.

Tidak seperti asuransi kesehatan yang memberikan ganti rugi uang, asuransi ini pada umumnya memberikan ganti rugi berupa perbaikan.

Perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi kendaraan juga bekerjasama dengan bengkel yang ditunjuk langsung untuk memperbaiki kendaraan nasabahnya. Karena itu, sangat penting bagi Anda sebagai pemilik kendaraan untuk memastikan apakah bengkel tersebut benar-benar resmi ataukah tidak.

Salah satu asuransi kendaraan terbaik yang bisa dipilih adalah Takaful Umum. Sebagai nasabah, tentu saja Anda harus mengetahui asuransi takaful kendaraan bermotor wajib tahu premi asuransi.

Untuk informasi lebih lengkapnya bisa diperoleh melalui https://lifepal.co.id/asuransi/takaful-umum/.

KLIK INI:  Mantap, 2 Siswa Ini Ubah Energi Panas Knalpot dan Matahari Jadi Listrik

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi All Risk atau comprehensive dan asuransi TLO atau Total Loss Only. Apa perbedaannya?

Asuransi All Risk

Asuransi All Risk atau asuransi comprehensive merupakan asuransi yang menanggung segala kerusakan yang ada pada kendaraan bermotor.

Bukan hanya kerusakan besar saja, kerusakan kecil pun seperti mobil lecet, kacah pecah, kaca tergores, ban rusak, atau kerusakan kecil lainnya bisa diklaim melalui asuransi all risk.

Karena manfaat yang Anda dapatkan begitu banyak, maka biaya preminya juga jauh lebih besar. Asuransi ini sangat direkomendasikan bagi Anda pemilik kendaraan yang masih baru.

Asuransi TLO

Berbeda dengan asuransi sebelumnya, asuransi TLO atau Total Loss Only tidak menerima klaim asuransi jika kendaraan Anda kerusakannya kurang dari 75%. Jadi kerusakan seperti mobil lecet dan kacah pecah atau tergores tidak bisa diklaim dengan asuransi TLO.

Barulah jika kerusakannya di atas 75% atau sangat parah bisa diklaiam dengan asuransi TLO. Mobil yang hilang karena pencurian atau perbuatan jahat lainnya juga bisa diklaim dengan asuransi TLO. Sehingga sangat coock bagi pemilik kendaraan lama.

Manfaat Pertanggungan Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan memiliki banyak sekali manfaat pertanggungan yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

Memberikan Perlindungan dari Risiko Tabrakan

Salah satu manfaat pertanggungan utama dari asuransi ini yaitu memberikan perlindungan dari resiko tabrakan yang mungkin saja terjadi selama Anda berkendara menggunakan kendaraan tersebut. Baik itu menabrak pengendara lain maupun menabrak benda lain seperti tembok atau pohon.

Jika mobil tabrakan atau menabrak sesuatu, pasti ada bagian yang rusak. Dan gunanya asuransi ini supaya kendaraan Anda bisa diperbaiki tanpa harus mengeluarkan budget yang sangat besar.

Tak hanya itu saja, asuransi kendaraan juga memberikan perlindungan dari resiko terjadinya benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok.

Memberikan Perlindungan dari Risiko Pencurian

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi kendaraan tidak hanya menjamin kerusakan saja, tetapi juga menjamin perlindungan atas kerugian yang muncul karena kendaraan. Kerugian yang dimaksud ini salah satunya adalah kendaraan yang hilang karena dicuri oleh orang-orang jahat.

Misalnya jika Anda memarkir kendaraan di tempat tertentu seperti mal, lalu ketika kembali lagi ke parkiran kendaraan sudah tidak ada maka Anda bisa mengklaim kehilangan kepada pihak asuransi. Termasuk juga apabila tindakan pencurian yang dilakukan disertai dengan tindakan kekerasan sehingga menyebabkan rasa sakit dan luka.

Memberikan Perlindungan dari Risiko Perbuatan Jahat Orang Lain

Saat berkendara di jalan raya, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Termasuk ada orang jahat yang berbuat jahat kepada Anda, seperti menodong, menjambret, dan melakukan perbuatan jahat lain pada kendaraan.

Jika hal tersebut terjadi, sangat besar potensi kendaraan Anda mengalami kerusakan. Asuransi akan memberikan ganti rugi atas kerusakan dan kerugian yang Anda alami.

Semua manfaat pertanggungan itu pasti Anda dapatkan bila memilih asuransi dari PT Asuransi Takaful Umum yang menyediakan polis asuransi bernama Takaful Kendaraan Bermotor.

Perusahaan asuransi yang dapat memberikan perlindungan  pada kendaraan bermotor, seperti bus, truk, pick up, dan kendaraan non-bus dan non-truk dari berbagai risiko kerusakan.

Itulah pentingnya mengetahui jenis-jenis dan manfaat asuransi kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Medsos Berpeluang Besar Lahirkan Gejala Depresi, Khususnya Bagi Anak Muda