Ini 7 Masalah Lingkungan Hidup yang Sering Terjadi di Sekitar Kita!

oleh -216 kali dilihat
Ini 7 Masalah Lingkungan Hidup yang Sering Terjadi di Sekitar Kita
Ilustrasi sampah - Foto: Unsplash

Klikhijau.com – Masalah lingkungan hidup kini dirasakan semakin nyata dalam kehidupan. Pertumbuhan penduduk yang tinggi membuat akses perebutan sumber daya semakin ketat. Hal ini berdampak pada menurunnya daya dukung lingkungan.

Kualitas lingkungan yang buruk jelas akan berdampak pada kualitas hidup manusia. Secara fisikal, kerusakan lingkungan yang terjadi akan menimbulkan bencana ekologis. Paling umum terjadi antara lain banjir, pencemaran tanah dan krisis air.

Selain itu, kualitas lingkungan yang buruk juga akan menimbulkan masalah kesehatan manusia, misalnya munculnya penyakit menular. Pada tingkatan yang lebih serius, masalah lingkungan tentu akan berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat.

Dengan demikian, masalah lingkungan harus dijadikan sebagai prioritas penting dalam kehidupan. Sebagai sebuah negara, tentu diperlukan semacam kebijakan berpihak yang memastikan kualitas dan kelestarian lingkungan terjaga.

Sebagai individu, tentu kita tanggungjawab pribadi untuk menjaga lingkungan agar tidak menimbulkan masalah serius yang mengancam keberlanjutan. Karenanya, penting untuk mengenali masalah-masalah lingkungan yang kerap terjadi.

Berikut ini setidaknya ada 7 masalah lingkungan hidup yang sering terjadi di sekitar kita?

KLIK INI:  Membaca Tren Isu Politik Lingkungan Global
  • Masalah sampah

Masalah sampah telah menjadi masalah klasik di lingkungan sekitar kita. Masalah ini muncul karena kurangnya kesadaran akan pentingnya mengelola sampah dengan baik. Faktanya, sampah berpotensi untuk ditangani dengan memilahnya, daur ulang hingga dikonversi menjadi rupiah.

Secara global, sampah telah mencemari lingkungan baik di darat maupun di lautan. Masalah sampah sejatinya bisa ditangani bila ada kesadaran kolektif untuk memulai menggalakkan pemilahan sampah dari rumah. Tentu perlu didukung dengan kebijakan dan regulasi agar penanganan sampah di ruang publik juga bisa diselesaikan.

  • Polusi udara

Polusi udara terjadi di wilayah perkotaan akibat industrialisasi dan pesatnya kendaraan bermotor. Polusi udara akan berdampak pada kesehatan masyarakat khususnya kemunculan penyakit saluran pernapasan.

  • Kemacetan lalulintas

Kemacetan lalulintas seolah menjadi potret kehidupan urban. Pesatnya pertumbuhan penduduk sementara infrastruktur jalan terbatas telah menyebabkan kemacetan semakin akut.

Kemacetan merupakan satu masalah lingkungan. Dampaknya meluas, tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan mental seperti stres di jalan, tetapi juga menambah beban polusi udara yang mencemari lingkungan.

KLIK INI:  Salju Kilimanjaro, Mungkin Hanya Ada dalam Cerpen Ernest Hemingway
  • Minimnya ruang terbuka hijau

Ruang Terbuka Hijau (RTH) di perkotaan sejatinya merupakan kewajiban pemerintah setempat. Faktanya, tidak semua kota/kabupaten di Indonesia memenuhi kewajibannya untuk memenuhi paling tidak 30 persen RTH.

RTH tidak hanya berfungsi sebagai penangkap emisi dan sebagai pohon pelindung, tetapi juga berfungsi sebagai ruang publik (public space) warga. Keberadaan RTH akan menjadi tempat strategis bagi warga kota dalam berolahraga, bersantai hingga berjejaring.

  • Krisis air bersih

Ancaman krisis air bersih saat ini terjadi di sejumlah wilayah, tak terkecuali di perkotaan yang padat penduduk. Krisis air bersih bisa disebabkan oleh buruknya kualitas lingkungan dan tata ruang kota yang sembrawut.

  • Limbah beracun yang terbuang bebas

Sampah rumah tangga yang dihasilkan pada umumnya bisa diolah kembali menjadi kompos untuk yang organik dan didaur ulang untuk jenis anorganik. Selain dua jenis sampah ini, ada jenis sampah yang tergolong Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang selama ini luput dari pantauan.

KLIK INI:  Meresapi Makna Hujan Melalui Kata-kata dari Penulis Indonesia

Antara lain sampah baterai, sampah elektronik dan sejenisnya. Umumnya jenis sampah ini juga dibuang bersamaan dengan sampah lainnya. Padahal perlu penanganan khusus dan spesifik karena tergolong berbahaya.

Untuk penanganan limbah B3 diperlukan pengelolaan khusus dengan pihak atau instansi terkait yang profesional.  Limbah kategori B3 ini akan diolah khusus sehingga aman dan tidak menimbulkan dampah lingkungan.

  • Sampah makanan

Sampah makanan kini mengancam kita. Sampah makanan ini dihasilkan dari buruknya pola konsumsi sehari-hari. Sampah makanan tidak hanya terbuang sia-sia di lingkungan, tetapi juga menimbulkan masalah lain yakni distribusi sumber pangan yang tidak merata.

Di beberapa kota misalnya sampah makanan terbuang bebas, namun ada sejumlah orang yang masih menghadapi ancaman kelaparan. Demi mengatasi semakin bertambahnya sampah makanan, perlu dimulai dari gerakan perubahan dari pola konsumsi di rumah.

Inilah 7 masalah lingkungan hidup yang Sering terjadi di sekitar kita, semoga menambah wawasan kita. Ayo sama-sama mengambil peran dalam mengatasi masalah lingkungan, dimulai dari diri sendiri. Sekarang bukan nanti!

KLIK INI:  Melihat Arah Baru Pramuka Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru