Ini 6 Bangunan Paling Ramah Lingkungan di Dunia, Bikin Takjub!

oleh -87 kali dilihat
Ini 6 Bangunan Paling Ramah Lingkungan di Dunia, Bikin Takjub!
Bangunan ramah lingkungan di Inggris - Visuals/Darcstudio

Klikhijau.com – Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak negara di dunia yang terus bergerak mempersembahkan bangunan ramah lingkungan. Bukan tanpa alasan, kota-kota yang padat dengan bangunan tinggi menjulang menyisakan seribu satu masalah bila desain arsitekturnya tidak mempertimbangkan dimensi lingkungan.

Bangunan hijau atau sering dinamai konsep green building selain bernuansa alami juga dapat menekan emisi karbon.

Dikutip dari Medcom, data riset Green Building Council Amerika Serikat mengungkap bahwa bangunan hijau rata-rata mampu meminimalkan penggunaan energi hingga 30 persen.

Tak hanya itu, reduksi emisi CO2 juga berkurang hingga 35 persen, penggunaan air berkurang 30-50 persen dan biaya pengelolaan sampah berkurang 50-90 persen.

Oleh sebab itu, konsep green building bisa menjadi satu paradigma penting dalam mendorong satu bangunan berkelanjutan yang tetap mempertimbangkan aspek energi, sumber daya, dan kesehatan manusia.

KLIK INI:  Keren, Kacamata dari Ampas Kopi Ini Bisa Jadi Pupuk

Apa saja bangunan paling ramah lingkungan saat ini? Dikutip dari laman Dezeen, berikut 6 diantaranya bangunan megah dan bernuansa alami yang mungkin layak masuk dalam daftar impian Anda. Mari simak satu-satu: 

  1. Paradise, Inggris
bangunan hijau
Bangunan ramah lingkungan di Inggris – Foto/Feilden Clegg Bradley

Lagi-lagi berbahan kayu, Feilden Clegg Bradley Studio di Inggris membangunnya dengan bahan kayu laminasi setinggi enam lantai. Diberi nama,  Paradise. Konsep desain bangunan ini dibuat untuk bebas emisi karbon.

Feilden Clegg Bradley Studio adalah satu perusahaan yang menandatangani aksi perubahan iklim Architects Declare yang fokus pada penciptaan arsitektur hijau.

  1. Passivhaus, Inggris
bangunan bebas karbon
Bangunan ramah lingkungan di Inggris – Visuals/Darcstudio

Passivhaus adalah kompleks perumahan yang menerapkan bebas emisi di York, Inggris. Bangunan ramah lingkungan ini didesain oleh studio arsitektur Mikhail Riches untuk  City of York Council’s Housing Delivery Programme.

KLIK INI:  Di Kampung Ini, Sampah Plastik Jadi Ladang Rezeki

Menariknya, perusahaan ini telah membangun sekira 600 rumah dengan harga terjangkau dengan tagihan hemat energi. Pihak properti juga memastikan para penghuni perumahan menjalani kehidupan hijau yang ramah lingkungan. 

  1. Hotel Bauhofstrasse, Jerman
bebas hijau
Bangunan ramah lingkungan di Jerman – Foto/Brigida González

Terbayang rasanya menginap di sebuah hotel dengan konsep hijau? Di Hotel Bauhofstrasse ini tempatnya. Namun, kesan hijau tak tampak bila sekadar melihat dari luarnya. Mengapa? Itu karena Hotel ini memiliki fasad seputih salju dan atap berlapis sirap.

Hotel Bauhofstrasse berada di Ludwigsburg Jerman dan menjadi penginapan dengan konsep green building pertama di kota itu.

Walau dibangun dengan beton-beton, Bauhofstrasse dilapisi modul kayu yang menurut Von M (arsitek bangunan hotel) dapat mengimbangi emisi yang bersumber dari beton.

Sedikitnya ada 440 meter kubik kayu dipakai untuk melapisi dinding beton hotel. Hal ini diklaim dapat mengekstraksi total 880 ton CO2 melalui penyimpanan dan efek substitusi untuk selama-lamanya.

KLIK INI:  Mantul, Rumah Koran Terima Penghargaan Kampung Iklim Utama 2020 dari KLHK
  1. The Floating Office Rotterdam, Belanda
bangunan ramah lingkungan
Bangunan ramah lingkungan di Belanda – Foto/ Atchain

Dari tampilan luarnya, bangunan ini sudah menggirukan karena adanya danau dengan air jernih mengelilinginya. Wah, terbayang sudah betapa tenangnya berada di sana. Ini adalah Studio arsitektur  di Belanda Powerhouse Company yang merancang perkantoran dengan konsep Floating Office di perairan Sungai Maas, Rotterdam.

Bangunan ini juga memakai kayu sebagai bahan utamanya. Dilengkapi dengan panel surya dan disempurnakan dengan sistem sirkulasi panas berbasis air. Bangunan ini dijadikan percontohan sebagai kantor tahan iklim.

  1. Powerhouse Telemark, Norwegia
bangunan hijau
Bangunan ramah lingkungan di Norwegia – Foto/Ivar Kvaal

Bangunan satu ini merupakan Kantor Powerhouse Telemark di Norwegia. Dirancang khusus oleh Snøhetta dengan sebuah kanopi fotovoltaik yang menutupi atapnya sehingga menghasilkan lebih banyak energi daripada emisi.

Gedung pembangkit tenaga listrik dengan sumber energi terbarukan ini didesain khusus untuk merespons isu darurat iklim dan dibuat sebagai percontohan bangunan masa depan.

  1. Flat House, Inggris
bangunan ramah lingkungan
Bangunan ramah lingkungan di Inggris – Foto/ Oscar Proctor

Namanya Flat House di Cambridgeshire, Inggris. Bangunan ini dipersembahkan dari hempcrete prefabrikasi, bahan khusus yang dapat menyerap karbon.

Bangunan ini dilengkapi aneka tanaman dan diklaim sebagai tempat tinggal yang bebas karbon.

Itulah 6 bangunan paling ramah lingkungan yang ada di dunia, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Amanda, Perempuan Penemu Layar Perangkat Elektronik Berkelanjutan