Ini 10 Nama yang Duduki Kursi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama KLHK

Publish by -62 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Ini 10 Nama yang Duduki Kursi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama KLHK
Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama KLHK/Foto-Dok KLHK

Jika hasil dari evaluasi tidak menunjukkan kinerja sesuai yang diharapkan, harus siap diganti

Klikhijau.com – Siti Nurbaya, menteri perempuan yang memimpin Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dua periode. Kembali melantik melantik 10 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau Eselon II lingkup KLHK di Jakarta.

Dalam sambutatannya, Siti berharap para pejabat yang baru dilantik dapat meningkatkan akselerasi, dan kemampuan kinerja kementerian dalam merespon berbagai tuntutan, keinginan, dan harapan masyarakat terhadap berbagai masalah yang mengiringi proses pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

Katanya pelantikan itu bertujuan untuk mengisi kekosongan pejabat struktural yang telah memasuki pensiun, dan penyegaran penugasan baik bagi yang mendapat promosi maupun yang bersifat tour of duty pada eselon yang sama, serta untuk menghindari potensi stagnasi, dan kesenjangan operasional dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi KLHK.

“Penunjukkan saudara-saudara bukanlah berdasarkan kriteria senioritas semata, tetapi atas dasar pertimbangan performance kinerja, prestasi, dan kapabilitas yang dilakukan secara objektif. Melalui mekanisme ini, diharapkan para pejabat baru dapat menunjukkan komitmen, dan kinerja yang lebih optimal,” katanya.

KLIK INI:  KLHK Luncurkan Mobil Laboratorium Pendeteksi Pencemaran Lingkungan

Dikatakannya, Pimpinan Tinggi Pratama merupakan jabatan strategis karena merupakan pelaksana kebijakan pimpinan dan mengimplementasikannya pada tinggkat operasional.

“Agar pengaplikasian kebijakan dapat berjalan secara efektif, saudara-saudara tidak hanya dituntut untuk mampu melakukan sinergi, dan kerjasama yang lebih erat, tetapi juga dapat mengidentifikasi berbagai kendala, dan hambatan di lapangan, untuk dilaporkan kepada pimpinan sehingga dapat diformulasikan suatu solusi yang tepat,” tambah Menteri Siti.

Harus siap diganti

Menteri Siti mengingatkan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik untuk terus meningkatkan profesionalisme, khususnya kemampuan manajerial, integritas dan disiplin tinggi. Menteri Siti juga memastikan, kinerja para pejabat akan terus dievaluasi secara periodik berdasarkan ukuran dan pencapaian target yang jelas.

“Tidak menutup kemungkinan, jika hasil dari evaluasi tersebut tidak menunjukkan kinerja sesuai yang diharapkan, saudara-saudara harus siap diganti, mengingat jabatan merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan baik,” tegasnya.

Menteri Siti mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang telah dilakukan dan prestasi yang telah di raih selama ini. Seiring dengan tugas dan tantangan yang semakin banyak, seluruh jajaran diharapkan benar-benar mendedikasikan pengabdiannya.

KLIK INI:  Petualangan Lelaki 48 Tahun itu Berakhir di Tangan Gakkum KLHK

“Contohnya, ketika ekonomi global menyendat, kita bisa mendukung dengan pemberian akses legal kepada masyarakat, merehabilitasi, memperbanyak pembagian bibit, memberikan upah padat karya dan langkah langkah lainnya di lapangan. Karena sekarang yang dituntut kepada kita sampai disitu.”

Menteri Siti menghimbau agar seluruh jajaran berpikir sampai kesitu dan membuang jauh-jauh hal yang tidak berguna serta fokus bergerak secara efektif efisien.

Berikut 10 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik:
  1. Nunu Anugrah, menjabat sebagai Kepala Biro Hubungan Masyarakat pada Sekretariat Jenderal
  2. Ir. Djati Witjaksono Hadi, menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim pada Badan Litbang dan Inovasi.
  3. Ir. Herry Subagiadi, menjabat sebagai Kepala Pusat Kebijakan Strategis pada Sekretariat Jenderal
  4. Ir. Tandya Tjahjana, menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem pada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem
  5.  Ir. Asep Sugiharta, menjabat sebagai Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial pada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem
  6. Dr. Nandang Prihadi, menjabat sebagai Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi pada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem
  7. Novia Widyaningtyas, menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim pada Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim
  8. Ir. R. Basar Manullang, menjabat sebagai Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan pada Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim
  9. Dr. Ir. Syaiful Anwar, menjabat sebagai Direktur Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring, Pelaporan, dan Verifikasi pada Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim
  10. Dr. Drs. Sugeng Prayitno, sekretaris Direktorat Jenderal Penegakan Hukum LHK pada Direktorat Jenderal Penegakan Hukum LHK.
KLIK INI:  Indonesia Bahas Lingkungan Hidup dan Energi pada Pertemuan G20 di Jepang
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: KLHK

KLIK Pilihan!