Ingin Tubuh Anda Sehat? Cobalah Minum Jahe Sebelum Tidur

Publish by -366 kali dilihat
Ingin Tubuh Anda Sehat? Cobalah Minum Jahe Sebelum Tidur
Minum jahe sebelum tidur dapat menjaga kesehatan tubuh/Foto-hellosehat.com

Klikhijau.com – Kesehatan yang terjaga tentu menjadi dambaan setiap orang. Tubuh yang fit membuat aktivitas dan kegiatan lain dapat berjalan dengan baik.

Menjaga kesehatan dengan baik juga dapat membuat kehidupan yang lebih baik tanpa harus merasakan sakit dari penyakit tertentu.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan. Mulai dari menjalani gaya hidup sehat, berolahraga secara rutin, mengatur pola makan, hingga mengonsumsi makanan atau minuman herbal.

Salah satu minuman herbal yang memberikan dampak positif tertentu bagi tubuh adalah jahe. Berikut 10 manfaat minum jahe sebelum tidur yang dirangkum Klikhijau.com.

KLIK INI:  Penyakit Maag Anda Sering Kambuh? Atasi dengan 5 Obat Alami Ini!
1. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi air rebusan jahe sebelum tidur merupakan cara efektif yang mendukung jika Anda sedang menjalani diet. Dengan mengonsumsi jahe, dapat membantu mengurangi berat badan tubuh.

Manfaat jahe yang satu ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Jahe dapat membantu mempercepat dan mengoptimalkan proses metabolisme serta pembakaran lemak di dalam tubuh pada malam hari.

2. Mengurangi terjadinya kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang tentu dihindari setiap orang. Kanker dapat memberikan dampak yang berbahaya bahkan kematian.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker yaitu dengan mengkonsumsi jahe di malam hari secara rutin sebelum tidur. Senyawa yang terdapat pada jahe dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Meredakan nyeri dan sakit

Gingerol dan fenol adalah senyawa kimia yang terkandung di dalam jahe yang bersifat antinyeri dan bisa meredakan rasa sakit. Keduanya berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga.

Sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa pengidap migrain melaporkan bahwa air jahe meredakan gejala migrain jika digunakan sebagai terapi tambahan. Jahe bekerja lebih baik dibanding hanya minum obat pereda nyeri saja.

KLIK INI:  Anda Peminum Berat Kopi? Klik dan Ketahui Risikonya
4. Mengatur kadar gula darah

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit degeneratif yang banyak diderita masyarakat. Penyakit diabetes adalah salah satu kondisi yang terjadi akibat adanya peningkatan kadar gula di dalam darah.

Sebagai penderita diabetes, mengatur kadar gula darah selalu dalam kondisi yang normal dan tidak melebihi batas merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan mengonsumsi rebusan air jahe setiap hari, kadar gula darah dapat menjadi nornal. Minumlah jahe sebelum tidur.

Berbagai senyawa antioksidan yang terdapat pada jahe dapat membantu kinerja pankreas dalam mengatur kadar gula darah.

5. Mencegah penuaan dini

Manfaat lain dari minum jahe adalah membantu mencegah kondisi penuaan dini. Kondisi ini tentu tidak diinginkan karena mempengaruhi penampilan.

Antioksidan yang terkandung dalam jahe dapat membantu dalam mencegah terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh sehingga memperlambat proses penuaan pada tubuh.

Jika ingin memiliki wajah yang bebas dari keriput dan tanda tanda penuaan lainnya, konsumsilah air rebusan jahe secara rutin.

6. Menyehatkan otak

Ingin meningkatkan kesehatan otak? Konsumsilah jahe secara teratur. Menurut penelitian, jahe akan menghambat proses peradangan yang terjadi di otak. Sehingga fungsi otak akan meningkat, fungsi kognitif bertambah, dan stres oksidatif penyebab penyakit Demensia juga akan menurun.

KLIK INI:  Selain Mencerahkan Kulit, Ini 10 Manfaat Lain Jika Minum Air Hangat
7. Menjaga pencernaan

Pencernaan yang tidak sehat dengan berbagai macam bentuk permasalahannya seperti sembelit dapat dicegah dengan mengonsumsi rebusan air jahe. Air rebusan jahe yang dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Jahe dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan karena sifatnya antibakteri dan antimikroba.

8. Kehidupan seksual jadi lebih baik

Mengonsumsi air jahe sesaat sebelum tidur secara konsisten dapat meningkatkan kehidupan atau aktivitas seksual.

Jahe diyakini membantu meningkatkan produksi sperma pada laki-laki dan mencegah terjadinya permasalahan disfungsi ereksi serta berbagai macam bentuk permasalahan pada alat kelamin lainnya.

9. Menyembuhkan alergi

Jahe biasanya digunakan untuk mengusir rasa gatal pada kulit. Hal ini menambah manfaat jahe lainnya, yakni untuk menyembuhkan alergi, apalagi jika rajin mengonsumsinya.

10. Mencegah kebotakan

Tak banyak yang tahu bahwa manfaat jahe lainnya adalah mendukung proses pertumbuhan rambut. Sebab jahe akan merangsang folikel di kulit kepala, memelihara setiap helai rambut, dan menguatkan.

Cara memanfaatkan jahe untuk kesehatan rambutmu adalah dengan menggunakannya sebagai masker rambut yang terbuat dari jahe yang dihancurkan dengan minyak kelapa murni. Diamkan selama 30 menit lalu keramaslah seperti biasa.

KLIK INI:  Faktor Lingkungan Pengaruhi 40 Persen Derajat Kesehatan Masyarakat
Editor: Ian Konjo
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!