Ingin Tahu Hal Luar Biasa dari Pohon? Klik Ini!

oleh -25 kali dilihat
Ingin Tahu Hal Luar Biasa dari Pohon? Klik Ini!
Foto-istimewa

Klikhijau.com – Beberapa waktu yang lalu, Klikhijau.com mempublish sebuah tulisan berjudul Felix Finkbeiner, Remaja yang Menanam 150 Pohon untuk Setiap Orang di Bumi. Tulisan tentang seorang anak remaja yang banyak menginspirasi orang untuk menanam pohon.

Usianya memang masih begitu belia, namun pilihannya untuk melawan perubahan iklim sangatlah kuat.

Kisah Felix adalah salah satu dari banyak orang yang memilih jalan menyelamatkan bumi dari menipisnya lapisan ozon dan semakin meluasnya polusi. Menanam pohon menjadi salah satu alternatifnya.

Lalu, sepenting apa itu pohon? Silakan simak tulisan berikut.

KLIK INI:  Felix Finkbeiner, Remaja yang Menanam 150 Pohon untuk Setiap Orang di Bumi
Berapa banyak pohon di dunia ini?

Para ilmuwan dari Yale dan 23 universitas lain sibuk mencoba menjawab pertanyaan ini untuk anak-anak dari sebuah organisasi bernama Plant for the Planet. Pada bulan September 2015 lalu, mereka mengungkapkan jawaban pasti untuk pertanyaan ini – bumi memiliki tiga triliun pohon!

Sekilas, ini sepertinya jumlah yang sangat besar. Namun, para ilmuwan juga menemukan bahwa manusia telah menghancurkan 46% dari jumlah tersebut.

Jadi, hampir setengah dari pohon-pohon yang dulu ada telah habis  dibabat. Lebih jauh lagi, studi ini menunjukkan bahwa kita kehilangan sekitar 15 miliar pohon per tahun karena deforestasi.

KLIK INI:  Tanam Pohon di Bogor Jadi Awal KLHK Rehabilitasi Lahan dengan Pendekatan Tapak
Mengapa pohon begitu penting?

Pohon memiliki peran yang banyak bagi manusia. Pohon sangat bermanfaat dan sangat efisien. Pohon adalah satu-satunya cara yang sangat ekonomis dan sangat mudah untuk menyimpan CO2. Pohon juga sangat mudah
ditanam.

Para ilmuwan dari Universitas Oxford mengatakan bahwa menanam pohon adalah metode terbaik untuk mengeluarkan karbon dioksida dari atmosfer dan untuk memerangi pemanasan global.

Seiring dengan berjalannya waktu, pohon mengeluarkan CO2 dari atmosfer dan menjadi penyimpanan jangka panjang. Rata-rata, setiap pohon menyimpan 10 kg CO2 setiap tahun. Di daerah tropis, angka ini menjadi lebih tinggi berkali lipat.

Pohon mengatur curah hujan dan merupakan bagian dari siklus air. Sebatang pohon besar dapat mengeluarkan 370 liter air dari tanah dan melepaskannya ke atmosfer dalam satu hari.

Selain itu, daun pohon menangkap air dalam bentuk embun. Air ini kemudian menguap dan terbentuklah awan. Proses ini disebut evapotranspirasi.

KLIK INI:  Ini Fakta Lain Pohon Ketapang, Selain Daunnya yang Bisa Perpanjang Usia Ikan Hias

Evapotranspirasi adalah gabungan evarporasi dan transpirasi tumbuhan yang hidup di permukaan bumi. Evapotranspirasi ini menyebabkan sekitar 40% dari rata-rata dari curah hujan tahunan. Pohon mendinginkan bumi dengan berkontribusi pada pembentukan awan.

Hutan, melalui pelepasan isoprena (hidrokarbon tertentu), mendorong pembentukan awan khusus yang mendinginkan bumi. Pendinginan berlangsung melalui apa yang disebut efek albedo.

Albedo mengacu pada kemampuan permukaan untuk memantulkan radiasi matahari. Jadi, ketika reboisasi menyebar ke seluruh dunia, akan lebih banyak radiasi matahari yang dipantulkan ke luar angkasa.

Pohon membersihkan udara

Tahukah Anda, jika pohon tidak hanya menyerap CO2 dan gas-gas lainnya seperti karbon monoksida atau sulfur dioksida, tetapi juga memberikan oksigen yang berharga. Satu pohon dapat menyerap hingga 5 kg polutan udara setahun dan menghasilkan hingga 130 kg oksigen selama periode yang sama.

Dengan penanaman satu triliun pohon baru, memungkinkan polusi udara dan pemanasan global bisa berkurang.

“Pohon itu luar biasa”

KLIK INI:  Tyas, Perempuan yang Bertarung Menyelamatkan Hutan di Sumatera dan Kalimantan
Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: Dari berbagai sumber

KLIK Pilihan!